30 September 2008

Selamat Hari Raya


Banyak salah banyak kata mengiringi perjalanan aprie di http://apurie.co.cc ini
Taqabalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum
Mohon Maaf Lahir dan Bathin


28 September 2008

Naluri Lelaki, Devils Inside

Tiba saatnya berada di penghujung bulan ramadhan, puasa yang dulu terasa berat sepertinya sudah menjadi sebuah kebiasaan. Bahkan beberapa orang akan menyayangkan habisnya bulan ramadhan, rindu akan bulan puasa.

Namun yang namanya puasa tak lepas dari yang namanya godaan. Meskipun katanya setan-setan telah terbelenggu, built in devil yang ada dalam diri kita tak hentinya menggoda hati yang ingin berada di jalan yang benar.

Awal puasa lalu saya iseng-iseng memanfaatkaan fasilitas blogger untuk memasang polling. Temanya adalah “Godaan apa yang paling berat selama puasa?”

Dari 6 pilihan yang tersedia yaitu Lapar/Haus, Marah, Bohong, Ngomongin orang lain, Perempuan dan Merokok, 21% responden manjawab Marah adalah godaan paling berat. Disusul Ngomongin orang lain dengn 26% dan 36% responden menjawab Cewek dengan pakaian semi terbuka/minim adalah godaan terberat.

Wah..wah..wah.. yang namanya setan ada di mana-mana. Mungkin yang menjawab cewek dengan pakaian seksi adalah godaan yang terberat pastinya adalah lelaki. Wajar saja sih, jaman telah berubah, kebanyakan para perempuan muda jaman sekarang pakai baju koq ya mengundang pikiran-pikiran jorok ya…Tak salah hal tersebut membangkitkan naluri kelelakian..(halah bahasanya..)

Well, polling ini tak bisa dijadikan dasar, hanya untuk seru-seruan aja. By the way kuatkan imanmu menahan gempuran bisikan setan-setan yang terkutuk.hehehee…

27 September 2008

Tips Mudik dengan Motor

Mudik sepertinya sudah menjadi ritual wajib bagi para perantau di pulau Jawa yang umumnya datang dari wilayah Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Pertumbuhan sepeda motor beberapa tahun belakangan ini menyebabkan angka pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor turut meningkat tajam. Walaupun berisiko dan lebih melelelahkan, alasan ekonomis telah menjadi alasan utama dan tak menghalangi para perantau untuk mudik menggunakan sepeda motor.

Mau mudik pake motor? Berikut 4 faktor (4M) yang perlu diperhatikan.

  1. Man

Siapkan stamina untuk menempuh perjalanan jauh. Siapkan juga konsentrasi dan mental untuk menghadapi berbagai karakter pengendara lain yang berbeda-beda. Manfaatkan layanan posko mudik di sepanjang jalur mudik untuk beristirahat.

  1. Machine

Kenali karakteristik kendaraan Anda, siapkan kondisi mesin agar perjalanan lancar. Lakukan service ringan sebelum hari keberangkatan dan cek segala item yang penting. Bila ada hal yang janggal atau rusak, Anda masih punya waktu untuk memperbaikinya atau membawanya ke bengkel. Perlu diketahui bahwa ketangguhan mesin motor bebek standar dengan motor bebek > 125 cc berbeda, untuk itu perlakukan mereka secara proposional.

  1. Methode

Pahami cara berkendara yang aman dan nyaman, selalu utamakan keselamatan. Bila memungkinkan, mudik dalam rombongan akan lebih menguntungkan. Menghidupkan lampu di siang hari adalah sangat disarankan untuk mendukung safety riding. Tidak untuk penerangan melainkan agar keberadaan motor mudah terlihat oleh pengendara lain (eye catching). Hindari menerima telpon atau SMS saat berkendara.

  1. Material

Tak perlu malu-malu memasang 2 spion hanya karena gengsi diejek teman. Selalu gunakan spion standar dan hindari mengganti spion yang lebih kecil agar area blind spot tidak semakin besar.

Gunakan selalu helm standar, jaket plus penutup dada, celana berbahan jins, sarung tangan dan gunakan sepatu. Agak ribet memang, mengenakan celana jins dimaksudkan agar bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan - kecelakaan misalnya – celana jins akan meminimalisir luka gores di bagian kaki terutama bagian lutut.

Bila perlu sediakan ban dalam cadangan untuk mengantisipasi oknum penyebar ranjau paku di jalur mudik terutama di daerah Cikampek, Jawa Barat.

(sumber : QCC problem solving, materi talk show iradio, dan RTA motorcycle Rider’s Handbook)

Untuk download PDF RTA motorcycle Rider’s Handbook silakan klik di sini (1MB)

25 September 2008

Bikin Kartu Lebaran Sendiri

Dalam 10 tahun yang lalu bisnis kartu lebaran adalah sebuah bisnis dadakan yang cukup menjanjikan keuntungannya di saat menjelang lebaran. Namun kini seolah tenggelam oleh pesatnya kemajuan teknologi yang menggantikan kartu ucapan lebaran. Kartu ucapan lebaran yang dulu banyak digemari dengan berbagai ragam jenisnya tergantikan oleh adanya teknologi yang lebih mudah, SMS dan e-card.

Walau begitu kartu lebaran yang djadoel itu tetap saja masih dibutuhkan untuk beberapa tujuan salah satunya adalah untuk corporate purpose. Kini, kartu elektronik (kartu lebaran) banyak dijumpai di berbagai situs penyedia e-card, pilihannya pun beragam mulai dari gambar statis hingga flash yang dapat bergerak (animasi). Namun bagi mereka yang gemar dengan Photoshop (contohnya saya), sepertinya lebih puas bila menggunakan disain kartu ucapan bikinan sendiri. Meskipun sederhana setidaknya beda dari yang sudah ada.

Nah, bagi yang tertarik, silakan untuk browsing kartu lebaran dari beberapa situs penyedia kartu lebaran untuk mencari ide yang kira-kira cocok dengan selera untuk dituangkan ke dalam ide dan disain yang baru. Bila mempunyai ide yang orisinil, tentu saja akan lebih baik.

Yang namanya kartu lebaran paling disainnya ya itu-itu saja. Kalau tidak gambar masjid, ketupat ya paling gambar orang bersalaman ditambah beberapa kalimat standar dengan huruf yang khas. Nah, untuk membuatnya beda tinggal bagaimana mengemas disainnya.

Untuk fasilitasnya yang paling pas ya menggunakan Adobe Photoshop. Tak perlu menggunakan versi yang terkini (saat tulisan ini dibuat versi terbaru adalah Photoshop CS3), Photoshop versi 7 pun sudah cukup untuk membuat disain kartu lebaran. Nah bila sudah selesai Anda tinggal mengirimkan kartu tersebut ke rekan dan kerabat via e-mail.

Catatan :

  1. Simpan hasil disain dalam bentuk JPEG dengan kompresi yang cukup untuk dikirim lewat e-mail. E-card dengan ukuran yang besar akan memperlambat proses loading dan download-nya.
  2. Bubuhkan alamat blog atau situs pribadi sebagai media promosi.
  3. Maaf bagi yang tidak familiar dengan Adobe Photoshop, masih banyak disain kartu lebaran bertebaran di sana. Silakan minta sama om Gugel.

24 September 2008

Jadi Duta Wisata Yogyakarta?

Kemaren dapat sebuah surat pos yang datang dari YogYES.com, dari fisiknya sih udah bisa ditebak isinya pasti kartu lebaran. Dan ternyata memang benar, sebuah kartu lebaran plus bonus stiker, wah padahal ngarepin kaosnya. Hehehehe…

Baru keinget dapet ginian gara-gara kemaren pasang widget yang disediakan di YogYES.com yang kupasang di apurie.com. Nah, anehnya ada kalimat :

Segenap awak YogYES.com mengucapkan matur nuwun atas peran serta Aprie http://apurie.com sebagai duta wisata Yogyakarta di internet

Welah..sejak kapan jadi duta wisata Yogyakarta. hehehehe..

Yow is lah..lumayan dapet stiker. Ada yang dapet bingkisan serupa?


22 September 2008

Libur Ngeblog

Akhir pekan kemarin adalah waktu untuk meliburkan diri dari dunia maya. Efektif mulai Jumat sore hingga Minggu malam tak ada aktifitas YM, BW, BH, nge-blog ataupun nge-plurk. Untuk plurk, gara-gara gak online 2 hari karma turun 2 poin. Ah sabodo teing..

Memiliki hobi nulis membuatku menerima tawaran ajakan mas Hamied - pemred majalah Warna - untuk mengikuti pelatihan menulis dan jurnalistik di wilayah Sepaku, Penajam Paser Utara, sekitar 100 Km dari kota Samarinda.

Dengan mengendarai Juprie, kugeber motor melintasi jalan ke arah Balikpapan yang mempunyai karakteristik berkelok dan berbukit. Perjalanan ku tempuh lebih dari 2 jam dengan menembus lebatnya hutan dan gelapnya malam. Motor sengaja kuajak berlari hingga hampir menembus 80 Kph untuk mengejar motor kawan yang hampir hilang dari pandangan. Gila, baru kali ini motor ku geber di atas 60 Kph, lebih gila lagi kalau sampai tertinggal dan berjalan sendirian di gelapnya malam dengan berteman beratus pepohonan yang seolah menjadi pagar hidup di sepanjang jalan Samarinda-Balikpapan (jadi teringat alas roban).

Pelatihan kali ini ditujukan untuk membentuk pribadi yang gemar menulis, menulis cerpen, opini, artikel ataupun puisi. Eits, bukan saya yang jadi pesertanya. Terget peserta adalah sekitar 50 peserta dari SMAN 3 PPU dan beberapa peserta di antaranya berasal dari sekolah sekitar.

Sebagai seorang blogger, bisa dibilang yang seperti ini gue banget! Secara emang suka yang namanya nulis, blog apurie.co.cc dan apurie.com adalah bukti eksistensinya. Ilmu inilah yang sekiranya ingin kubagi kepada adik-adik peserta yang mayoritas adalah pelajar SMU. (deuh jadi keinget masa-masa sekolah)

Sebenarnya saya ingin menyampaikan pesan kepada mereka terutama yang doyan maen Friendster, soal menulis mending ngeblog daripada FS. Tapi apa daya, testimoni yang sudah kupersiapkan akhirnya kuurungkan karena materi pelatihan yang kurang cocok. Selain itu alasan utamanya adalah karena daerah tersebut adalah daerah pedalaman belum tersentuh akses internet sodara-sodara!. Jadi percuma saja kan kalau bicara dunia menulis yang ada hubungannya sama FS, blog ama internet kalau warnet saja tidak ada.

Ah, tiba-tiba saja jadi merasa beruntung bisa ‘tersentuh’ dengan akses internet setiap hari.

Sekian dulu deh ceritanya, foto-fotonya nyusul aja deh.


*update foto-foto :


19 September 2008

Mereka Mendambakan THR

Bagi pekerja, yang ditunggu-tunggu menjelang lebaran adalah Tunjangan Hari Raya (THR). Pemerintah sendiri menghimbau para pengusaha untuk membayarkan uang THR kepada pekerja paling lambat H-7. Nah, bagi pekerja sendiri, hadirnya uang THR ini bisa memberikan solusi akan meningkatnya pengeluaran uang belanja untuk kebutuhan menjelang lebaran. Bahkan ada beberapa yang sudah mendamba-dambakan uang THR untuk dibelanjakan pakaian baru, hape baru atau yang lainnya.

Hal itu sah-sah saja namun ada yang lebih penting bagi penerima THR dibandingkan rencana-rencana untuk membelanjakannya. Akan lebih bermakna bila kita menikmati sebuah kemenangan dengan berbagi dan melihat ke bawah. Kata pak ustadz, sebagian dari harta kita ada hak mereka. Toh, jaman sekarang berbagai kemudahan telah memfasilitasi urusan zakat, baik zakat fitrah, zakat penghasilan maupun sodaqah.


By the way, saya jadi teringat dengan sebuah lagu karya Adam Subarkah.


Dia telah berdiri, coba berlari

Tak pernah dia jelang hidup yang inginkan

Kilau hari-hari dan birunya langit

Terhapus rasa indah, terpejam oleh lelah

Dalam lelahnya mata nikmat dunia menjelma

Sejenak dia berharap malam tanpa batas

Bunda selalu tanamkan jangan pernah meyerah

Jalani dan panjatkan, kelak syukur kau ucapkan

Pada diri-Nya ku mohonkan

Mudahkan hidupnya, hiasi dengan belai-Mu

Sucikan tangan-tangan yang memegang erat harta

Terangi harinya dengan lembut mentari-Mu

Buka genggaman yang telah menjadi hak mereka



MusicPlaylist

Silakan klik di sini untuk informasi, panduan dan perhitungan zakat. klik di sini untuk informasi nomor rekening.

(gambar dicolong dari sini)

18 September 2008

Medical Alarm

Some people tried to build their household after married with living in their own house. But for some reasons, another people decided to living with their parents or grandparents. But sometimes, you can’t watch all their activities. In some case, especially when you get to work you don’t know what’s happen with your parents or grandparents in home.

BrickHouse Alert offers you Personal Emergency Response Systems called Medical Alarm. This device will help you to monitoring your parents or grandparent in case of emergency. There are 2 kinds of Medical Alarm for your needs, BrickHouse Tele-Asist and BrickHouse Mobile GPS. You can use BrickHouse Tele-Asist to monitoring your parent or grandparents when they were in home while you working. This device has a Fall Alert detector that will alerts to personal number in case they have fallen or if they can’t even push a button.

The another product is GPS tracking Bracelet that you can use when you are in vacation for an example. It has 2 way speakerphone and GPS location aware that can track the person who wear it. How does this work? Medical Alarm will always connected to monitor in case of emergency. If you combined these consoles you will get the best protection. If the panic button has been pushed or if the fall alert has been detected fallen, the device will immediately connect to emergency services to your home, calling of your speed dial emergency contact or the operator will talk to trough the problem.

For further information and news about new product please feel free to visit the website.

16 September 2008

Dollar Pertama Dari Blog

Iseng-iseng bermain di dunia paid review yang kujalani akhir Juli lalu sepertinya mulai menampakkan titik terang. Beberapa waktu yang saya mengecek status payment di akun Blogsvertise terdapat beberapa yang berstatus Unpaid, tetapi job pertamaku di Blogsvertise sudah berstatus Paid. Tak ingin ragu segera meluncur ke PayPal dan ternyata benar, job pertama telah masuk ke rekening Paypal.
Nah, permasalahannya adalah status akun Paypal tersebut belum verified sehingga berapapun dollar yang masuk tidak akan bisa di tarik ke rekening pribadi. Untuk verified dengan kartu kredit sepertinya belum bisa karena tidak ada kartu kredit pribadi. Pinjam? Bisa jadi itu salah satu solusinya. Hehehehe….
Oh ya, untuk verifikasi akun PayPal bisa menggunakan Virtual Credit Card (VCC). Tapi untuk yang satu ini masih awam. Ada yang mau berbagi?


13 September 2008

Widget Info Seputar Jogja

Berapa tinggi Tugu Jogja? Tahukah anda bahwa Tugu Golong Gilig memiliki tinggi 25 meter sebelum gempa bumi di tahun 1867 merobohkan seluruh bangunannya? Pemerintah Belanda lalu merenovasi Tugu Jogja menjadi bentuk seperti sekarang dengan tinggi 15 meter.

Informasi semacam itulah yang disajikan oleh Yogyes.com dalam widget informasi wisata tentang Jogja. Yogyes.com adalah website yang berisi tentang info-info seputar Jogja. Bagi Anda yang merencanakan liburan lebaran ke Jogja, tentu website ini wajib dikunjungi bila memerlukan informasi mengenai tempat wisata, restoran, wisata kuliner, sewa mobil, hotel dan beberapa informasi lainnya. Tak ketinggalan peta Jogja dapat Anda nikmati.

Yogyes.com juga menyediakan widget unik yang berisi tentang info tempat wisata. Kelebihan widget ini informasi yang ada ditampilkan secara random. Selain Widget: Did You Know, Anda juga dapat memasang widget lainnya di blog Anda seperti Widget: Peta Yogyakarta, Widget: Konversi Mata Uang dan Widget: Jadwal Penerbangan Yogyakarta. Widget ini tersedia dalam dwi bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.


Bila telah memasang widget ini silakan daftarkan blog Anda untuk mendapatkan T-Shirt melalui pengundian. Pengundian ini akan dilakukan setiap minggu mulai Oktober 2008 sampai Januari 2009.

Contoh widget yang telah dipasang dapat dilihat di http://apurie.com.

11 September 2008

Atasi Pusing Usai Jongkok

Pernahkah Anda mengalami pusing, pandangan jadi gelap dan berkunang-kunang saat berdiri setelah lama jongkok? Saya pernah mengalaminya bahkan bisa dibilang sering. Hal ini sesuai dengan hobi saya yang suka nongkrong numpang baca-baca di Gramed. Usai puas membaca-baca saat akan berdiri dari posisi jongkok tiba-tiba…jreeeng..dunia gelap dan berputar serasa sedang gempa.

Kasus semacam ini bisa dibilang gejala darah rendah (atau memang sudah?). Dalam kasus tertentu pusing saat berdiri usai jongkok lama bisa mengakibatkan pingsan, seperti yang pernah dialami olem salah satu teman saya.

Untuk mengatasinya gampang aja, setelah jongkok tidak disarankan untuk langsung berdiri tegak. Mulailah berdiri dengan perlahan-lahan dan berhentilah sejenak di posisi rukuk. Berhentilah selama 3-5 detik untuk memperlancar peredaran darah ke otak. Setelah itu silakan lanjutkan gerakan hingga berdiri tegak. Mudahkan?

Selamat mencoba.

08 September 2008

The Golden Love

Menurut kalian ini gambar apa ya? Sebuah ide kacangan yang muncul secara tiba-tiba sebagai pelampiasan. Saya sebut ini sebagai The Golden Love. Ngomongin soal cinta, saya jadi teringat dengan beruang-beruang yang sedang dimabuk asamara. Ah, biarlah The Golden Love ini hadiah untuk mereka.


Selanjutnya yang ini bukanlah simbol patah hati, hanya mendayagunakan sebuah-CD RW berisi back-up data-data penting kantor.


Ini bukan hasil pelampiasan amarah dan bete yang selama ini menemaniku. Ini buah ketidaksengajaan CD tanpa cover yang kusimpan di sela-sela buku yang akhirnya kutemukan menjadi dua.


06 September 2008

Cinta Bersemi Lewat Blog

Sebelumnya tak pernah terlintas di pikiran sebuah kisah cinta yang berawal dari dunia blog. Entah bagaimana awal muasalnya, yang jelas memang ada. Sempat timbul pertanyaan bagaimana bisa sebuah hubungan lintas blogger yang notabene hanya melalui media maya bisa berlanjut ke hubungan hati? Apakah ini ada hubungannya dengan cerita mimpi digigit ular beberapa waktu lalu?

Tentu saja tidak, karena ini bukan sebuah pengalaman pribadi. Sebut saja Beruang Madu yang lagi menjomblo akhirnya bertemu dengan tambatan hatinya, Beruang Kutub. Mereka bertemu di kutub utara dunia blogger ini. Seperti halnya aktifitas blogger yang lainnya, komunikasi keduanya terjalin lewat komen, ShoutBox hingga YM-an. Hubungan mereka semakin insentif melalui SMS dan telepon, dan ending-nya bisa ditebak. Witing tresno jalaran soko atusan limo kulino.

Jarak puluhan mil, terpisah oleh lautan yang membentang tak jadi halangan untuk merajut cinta (halah koq tiba-tiba jadi romantis gini sih?). Overall, met happy deh buat beruang-beruang yang sedang dimabuk cinta. Dunia milik berdua, yang lain cuma ngontrak. Chatting aja di comment box.hahaaha....Cinta memang susah tidak mudah untuk dimengerti.

(yah..ga ada fayer in de hol lagi deh….)

04 September 2008

Tes Kecepatan Koneksi Internet

Pernah mengalami jengkel karena koneksi internet lelet? Sabar..sabar..ini puasa coy daripada puasanya tercemar mending cek deh berapa kecepatan koneksi internet di rumah/kantor Anda? Jangan ke mana-mana..silakan cek di luar..(check it out).. :P

  1. Buka browser favorit Anda dan silakan meluncur ke www.speedtest.net.

  2. Tunggu sebentar, server sedang melacak keberadaan Anda. Setelah terdeteksi, akan muncul tampilan layaknya dashboard mobil seperti di bawah ini.



  1. Silakan lihat peta, di sekitar kota Anda berada terdapat beberapa server yang disajikan dalam tampilan piramida hijau dan kuning. Piramida berwarna kuning menandakan server yang direkomendasikan untuk melakukan test.

  1. Klik piramida kuning dan lihat apa yang terjadi!!!
    Tunggu hingga beberapa saat, server akan mengetes kecepatan download dan upload Anda.



Selamat mencoba!!!


(end)

02 September 2008

Lebih Baik Diam

Puasa adalah ibadah yang tidak hanya menahan lapar dan dahaga belaka. Lebih dari itu, puasa dapat melatih untuk menahan nafsu, melatih kepekaan hati dan juga kesabaran. Begitulah kalimat yang diungkapkan beberapa ahli ibadah mengenai puasa.

Hari ini hari kedua puasa, sepertinya godaan puasa telah datang. Godaan bukan berbentuk lapar atau haus, lebih dari itu godaan berupa amarah, emosi yang mau tidak mau diredam. Entah mengapa hari ini suasananya koq ya sensi banget, puncaknya saat berhadapan dengan pekerjaan. Sekian lama entry data ke Excel entah kenapa tiba-tiba kompi shutdown. Bagooosss..!!!

Oh my god, what’s happening? Apa aku salah pencet tombaol? Astaga…..data belum di-save. Nande kore? Danjiki desho? Mochiron desu ne! Sabar..sabar..masih puasa hari ini. Perjalanan masih panjang, belum lagi ngebayangin jalanan macet pas jam pulang kantor. Sabar ya.sabar. Wahai orang-orang yang beriman, yang tidak beriman tidak wahai..halah..ngomong opo seh?

Kalau sudah begini memang benar, di bulan puasa tidur adalah ibadah, diam adalah ibadah dan nge-game­ tentu ibadah juga kan? Daripada terbakar amarah, setan-setan tertawa setan di dalam ‘penjara’ mungkin lebih baik diam saja, diam seribu bahasa. Sing penting isih eling.