Jape Methe

Apurie's Blog
Lihat pertandingan pembuka Euro 2012 Polandia vs Yunani semalam? 2 kartu merah mewarnai pertandingan ini. Untuk kartu merah kedua melibatkan kiper Polandia Wojciech Szczęsny yang berujung hadiah tendangan penalti untuk Yunani. Kiper pengganti Przemysław Tytoń berhasil mementahkan tendangan Giorgos Karagounis.

uefa.com

Sejatinya tendangan penalti adalah peluang emas untuk membuat gol ke gawang lawan. Bukan 99%, tapi setidaknya 90% peluang emas untuk menjaringkan bola ke gawang dengan mudah. Namun nyatanya tak semudah di atas kertas karena masih ada 10% peluang untuk gagal baik karena kesalahan eksekutor maupun kegemilangan penjaga gawang.

Pergelaran turnamen sepakbola Eropa, Euro 2012 Polandia-Ukraina segera digelar. Bagi penggemar sepakbola hal penunjang untuk mengikutinya adalah jadwal pertandingan dan kelasemen grup hingga final.

jadwal-euro-2012
Saya punya nih jadwal pertandingan Euro 2012 dalam bentuk file Excel. Di dalam file ini sudah tersedia jadwal pertandingan tim-tim yang akan bertanding diserati dengan jam kick-off berdasarkan zona waktu yang dikehendaki.



Permainan ini merupakan permainan simulasi Air Traffic Control (ATC) di mana pemain bertugas seperti layaknya petugas ATC untuk mengatur lalu lintas pesawat di area bandara. Tugas ATC mengatur pesawat landing, take off, crossing runway serta pengaturan lalu lintas dalam keadaan darurat.
front

Dilihat secara grafis, permainan ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan seri Airport Madness 2. Secara keseluruhan permainin ini cukup membuat ketagihan. Jangan sampai membuat tabrakan karena pemain akan mendapatkan peringatan dari atasan.




Suatu waktu,
"Mas, rokok?" sambil menyodorkan sebungkus rokok yang telah dibuka
"Engga, terima kasih"
"Mau ke mana mas?"
"Ke terminal.."
(dan obrolan pun berlanjut..)


Lain waktu,
"Mas, bisa pinjam koreknya?"
"Oh..ga merokok mas"
(dan obrolan pun terhenti)

Suatu hari,
"Nih buat kamu", sambil menyodorkan beberapa lembar uang.
"Apaan nih?"
"Buat beli rokok!"
"Oh.., makasih ya"
(tidak menolak meski bukan untuk beli rokok)

Di sore hari,
"Nak, berheti dulu main bolanya"
"Kenapa, Pak?"
"Beliin Bapak rokok di warung sebelah"
"Duitnya mana, Pak?"
"Minta sama Ibumu"
(sang Bapak mengajarkan langkah-langkah merokok)

Di lain hari,
"Prie, bagi duitnya donk!"
"Hah? Buat apaan?"
"Sepuluh ribu aja, buat beli rokok"
"Wah, lagi ga ada"
(bukan pelit, gak rela aja duitnya buat beli rokok. Mending kalo buat beli makan)

Setiap ada sebuah kecelakaan pesawat baik dalam negeri maupun di luar negeri, pikiran saya langsung tertuju kepada Air Crash Investigation. Seperti kejadian kecelakaan pesawat komersil Sukhoi Superjet 100 beberapa waktu lalu, mengingatkanku akan kecelakaan pesawat Japan Airlnes 123 yang menabrak bukit. 

Air Crash Investigation
Air Crash Investigation

Apa itu Air Crash Investigation? Air Crash Investigation adalah tayangan dari National Geographic Channel yg mengupas tuntas penyebab sebuah kecelakaan penerbangan berdasarkan wawancara saksi mata, korban yang selamat, data percakapan, data penerbangan, data National Transportation Safety Board (NTSB- KNKT level internasional) dan sumber lain yang terpercaya. 

Air Crash Investigation memaparkan hasil investigasi sebuah kecelakaan pesawat baik penerbangan rute domestik maupun penerbangan rute internasional. Penyebab kecelakaan pesawat yang sudah terjadi disebabkan antara lain karena human error, engine failure, cuaca, pembajakan hingga penembakan pesawat oleh pihak militer. Tidak semua insiden berakhir dengan kecelakaan tragis beberapa di antaranya dapat mendarat darurat dengan selamat.

Air Crash Investigation telah merilis hasil investigasi kecelakaan-kecelakaan penerbangan seperti Concorde Air France, Japan Airline, Silk Air, United Airlines, Swiss Air, British Airways hingga kecelakaan maskapai Indonesia Adam Air. 
Bisa membayangkan pesawat berpenumpang dikemudikan oleh anak kecil?, mesin pesawat kena abu vulkanik, mesin mati karena kehabisan bahan bakar kesalahan prosedur perawatan, tabrakan pesawat di udara, hingga menabrak bukit seperti Shukoi SupeJet 100 kemaren itu. 

Dengan bantuan animasi komputer simulator dan rekonstruksi yang diperankan oleh model, detik-detik menjelang kecelakaan bisa disimulasikan sehingga seolah-olah kita bisa menyaksikan kejadiannya langsung di tempat kejadian. 

Manfaat nonton tayangan ini jadi lebih tahu tentang dunia penerbangan, prosedur keselamatan penerbangan, what do's and don'ts. Modal kecil untuk terbang aman dengan pesawat. Efek samping nonton Air Crash Investigation, dalam tingkat ekstrim bisa takut terbang. Jangan nonton tayangan ini bila punya jadwal terbang dalam kurun waktu 24 jam! 

Secara tidak langsung kecelakaan-kecelakaan penerbangan di masa lampau turut andil dalam memberikan keselamatan penerbangan di masa kini melalui prosedur keselamatan dan perlengkapan yang telah diperbaharui. 

Tayangan reguler Air Crash Investigation bisa dilihat di saluran National Geographic Channel, kalo ga ada bisa dilihat videonya dari YouTube dg keyword "Air Crash Investigation" 

Kalau kecelakaan Sukhoi Superjet 100 kemarin diangkat di Air Crash Invetigation saya punya judul sendiri "Air Crash Investigation : Disastrous Joy Flight" :p

Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home