Andai Punya Bandara Baru

Andai Punya Bandara Baru

Samarinda sebagai ibukota propinsi Kalimantan Timur belum sepenuhnya pantas untuk menjadi ibukota propinsi. Soal bandara salah satu contohnya, sebagai ibukota propinsi sudah selayaknya memiliki bandara yang mampu didarati pesawat berbadan lebar sekelas Boeing 737/Airbus A320.

Namun selama ini akses udara dari dan ke luar kota mengandalkan bandara Sepinggan, Balikpapan yang berstatus bandara Internasional yang kini mulai kurang memadai menampung jumlah penumpang yang tiap tahun meningkat.

Samarinda memang sudah memiliki bandara Temindung, namun kapasitas bandara Samarinda hanya bisa didarati pesawat perintis seperti Trigana Air yang melayani rute pendek antar propinsi di pulau Kalimantan.

terminal Svarnabhumi International Airport, Bangkok

Pembangun Bandara Samarinda Baru memang sudah terlaksana--setidaknya tahap pembebasan lahan-- namun seperti kebanyakan mega-proyek lainnya, bandara dengan nama Bandara Samarinda Baru (BSB) ini terbengkalai hingga kini tak ada kejelasan. Padahal, awalnya bandara ini direncanakan untuk menunjang pelaksanaan PON XVII 2008 lalu di Kalimantan Timur. Jembatan Mahulu pun sebagai jembatan alternatif rampung pembangunannya usia pelaksanaan PON XVII.

Di Kalimantan Timur ada 3 bandara yang bisa didarati pesawat sekelas Boeing  737/Airbus A320, selain Sepinggan ada bandara Juwata di Tarakan dan bandara Kalimarau, Berau.
Bila mega-proyek Bandara Samarinda Baru di Sei Siring tuntas tentu akan menstimulasi roda perekonomian di ibukota propinsi ini. Setidaknya akan mudah akses ke mana-mana :p

10 comments:

  1. Mbangun terminal disik, lagi bandara...

    ReplyDelete
  2. terminal ojek? udah ada pak.
    wakakakaa..

    ReplyDelete
  3. Andai kita selalu bisa memiliki apa yang kita butuhkan..

    ReplyDelete
  4. iya saya setuju karena jikalau kita punya bandara baru jadi berbagai keperluan dapat kita lakukan dengan cepat tanpa menunggu

    ReplyDelete
  5. @ tukang poto : andai a..a..a..

    ReplyDelete
  6. Wah, saya doain deh biar nambah 2 bandara ya, biar cepat akses :D Btw Majalengka jawa barat juga sedang siap2 lho...:D

    ReplyDelete
  7. @ Qefy : moga aja, Majalengka mo punya bandara sendiri? wah tambah maju nantinya...

    ReplyDelete
  8. mencukupi kebutuhan warganya dulu bos, baru bangun bandara :D

    ReplyDelete
  9. Ah, jd malu...
    Saia sering mengeluhkan bandara di kota saia yg makin lama makin sumpek, penuh, kumuh, dan gak terawat...
    Pdhl dibandingkan di kotamu yg gak ada bandara gt, malah lbh ngenes ya..hehehe
    Smga pmbangunan bandara barunya cpt slesai ya... :)

    ReplyDelete
  10. seharusnya di setiap ibukota propinsi ada bandara internasional sehingga dapat menunjang perekonomian masyarakat

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home