08 September 2009

Puasa, Olah Raga Jalan Terus

Puasa tidak bisa dilepaskan dari lapar dan dahaga, tubuh lemas dan semangat kendor. Namun agar tidak mengurangi nilai dari puasa itu sendiri kita harus menjaga stamina tubuh agar tetap fit dan semangat menjalankan aktifitas saat berpuasa, salah satunya adalah dengan tetap melakukan olah raga rutin.

Olah raga di saat puasa tentu berbeda dengan hari normal, porsi dan waktu disesuaikan misal menghindari olah raga yang menguras energi serta melakukannya di pagi hari atau di waktu sore. Berikut beberapa olah tubuh yang bisa dilakukan selama berpuasa :

· Jalan Santai, ini bahkan bisa dilakukan saat beraktifitas di tempat kerja;

· Berenang, olah raga ini dapat dilakukan saat berpuasa. Walaupun berenang tidak dilarang saat berpuasa, sebagian kalangan menganjurkan untuk menghindari olah raga ini sebagai bentuk kehati-hatian dan kekhawatiran akan menelan air;

· Bersepeda, bisa dilakukan di waktu menjelang berbuka;

· Basket, bisa dilakukan sore hari dengan menyesuaikan porsi gerakan agar tak terlalu menguras energi;

· Futsal, Bulutangkis, karena olah raga ini memerlukan energi yang lebih, maka bisa dilakukan saat malam hari, satu minggu sekali sudah cukup untuk menjaga kondisi tetap fit. Sangat tidak dianjurkan melakukan di saat berpuasa, ancaman dehidrasi di depan mata.

Puasa mendekati 10 hari terakhir, jangan loyo, jangan sampai bolong. tetep semangat puasa jalan terus.

Ngomong-ngomong soal futsal, buat bubuhan gawian futsal libur dulu karena sewa lapangan udah habis dan insya allah dilanjutkan setelah lebaran nanti menunggu donator dari bos. Hahahaha…

9 comments:

  1. ketawa wae sing murah... :)

    karena ketawa juga termasuk olah raga...

    ReplyDelete
  2. puasa nomor dua paling keren hehehe...

    ReplyDelete
  3. Berenang pas puasa enak juga,,apalagi kalo berenang sekaligus ngabuburit,,begitu selesai renang, langsung buka puasa,,yummiieee

    ReplyDelete
  4. .salam kenal.. .

    .berkunjung nih..

    ,di tunggu kunjungan ma komen baliknya ya, , ,terima kasih. . .

    ReplyDelete
  5. .keren nih blognya. .

    ,.salam kenal. .

    ReplyDelete
  6. makin ke ujung .. makin lemes .. berasa kurang tidur dan istirahat jg berasa gak ada tenaga (kadang dah malas sahur, cuma minum air putih aja ..)
    jangankan untuk olahraga .. hanya untuk menjalankan rutinitas sehari2 aja .. rasanya berat .. gimana dunks ??

    Mengembalikan Jati Diri Bangsa

    ReplyDelete
  7. enaknya sih olahraga pas sore sambil ngabuburit ya sob..

    ReplyDelete
  8. Iya,, olahraganya pindah waktu,,, hihihi,,

    ganti Template yah?? hihi lama gak ksini jd agak pangling :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..