24 June 2012

Mengapa Finalis Indonesian Idol Mayoritas Nasrani?

Tampak kekecewaan di wajah kerabat, saudara serta pendukung Yoda ketika Yoda harus tersingkir tadi malam. Ya, sejak beberapa minggu ini performa Yoda kurang mengesankan dan kalah bersaing dengan Regina dan Sean yang maju ke babak final.

Indonesian Idol
Sean dan Regina memang memiliki suara yang lebih mantab, setidaknya pantas untuk beradu di final untuk menentukan siapa yang terbaik di Indonesian Idol 2012 ini. Ada fakta menarik di setiap pergelaran Indonesian Idol sejak 2004 lalu. Apa itu? Sejak musim pertama hingga sekarang finalis Indonesian Idol mayoritas beragama Nasrani. Berdasarkan statistik hanya 1-2 kontestan yang beragama Muslim. 

Ini BUKAN tulisan menyinggung SARA dan tak ada yang salah dengan apapun agama mereka. Menurut pendapat pribadi saya ada alasan mendasar mengapa finalis Indonesian Idol mayoritas beragama Nasrani yaitu kemampuan yang terasah. 

Melihat profil mereka, para finalis yang beragama Nasrani ini pada masa kecil dan masa remajanya terbiasa dengan kegiatan menyanyi di gereja sehingga saat masuk Indonesia Idol mereka sudah punya bekal yang cukup. Memang menjadi penyanyi gereja tidak menjamin lolos ke panggung spektakuler, tapi yang namanya keberuntungan sangat bergantung dengan kesiapan dan kesempatan.
Daftar finalis Indonesial Idol (sumber : wikipedia) 

 
Season
Year
Runner-up
Winner
1
2004
Delon Thamrin
Joy Tobing
2
2005
Judika Sitohang
Mike Mohede
3
2006
Dearly Dave Sompie
Muhammad Ihsan Taror
4
2007
Wilson Simon Maisake
Rini Wulandar
5
2008
Gisella Anastasia
Januarisman
6
2010
Citra Scholastika
Igo Pentury
7
2012
Kamasean Matthews
Regina Ivanova



Nah, siapa the next Indonesian Idol 2012?

51 comments:

  1. wah saya gak meneliti agamanya, haha, api benar juga ya rata rata nasrani.., whay?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ngeh juga belum lama....
      gak penting sih..sekedar tulisan suka-suka

      Delete
  2. Peribahasa "Ala bisa karena biasa" mungkin pas untuk kasus ini, aku suka nonton juga loh, tapi ga sering-sering amat..

    ReplyDelete
  3. anyway, mike sama judika itu kebalik, mike yang menang deh kaya'nya :)

    iya dari pemenang itu cuma aris, ihsan sama rini yang muslim, dari dulu sih aku udah sadar akan hal ini :D nggak hanya di indonesian idol aja, di beberapa pencarian bakat lain juga begini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin penyebabnya juga ga jauh beda..
      soal mike dan judike segera diperbaiki thanks...

      Delete
  4. kalau muslim dari kecil sering ngaji maka suaranyalebih bagus dari mereka tp mereka kn ibadahnya saja nyanyi jadix dah biasa,,
    maklum lah bro,,
    klw muslim yg suka ngaji drkecil ga mau kut yang begituan ga da manfaat buat akhirat,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang muslim atau agama lain juga ga kalah bagusnya..

      Delete
    2. Anda adalah seseorang yang berpandangan sempit...
      Kalau anda berkata demikian secara tidak langsung anda menganggap mereka yang beragama muslim dan menjadi juara di Indonesian Idol adalah orang-orang yang gak suka ngaji sedari kecil...?? Belum tentu demikian!!
      Saya menilai anda keliru dalam memandang hal ini, karena ini sepenuhnya berhubungan dengan minat dan bakat setiap orang dan tidak ada kaitannya dengan iman seseorang kepada TUHAN. Mendekatkan diri kepada TUHAN adalah baik dan benar didalam ajaran agama manapun tetapi tidak bijak adanya apabila malah mempersempit pandangan kita terhadap hal-hal yang baik dan tidak bersifat buruk/merusak di dunia fana ini.

      Delete
    3. Terima kasih komentar dan masukannya...

      Delete
    4. @ARRA : buat km ga bermanfaat bro tapi buat kaum nasrani bermanfaat.kami tdk perlu kasih alasan kami kenapa kami menyanyi buat tuhan kami sama kek kami tidak perlu tahu kalian ngajih or sholat buat tuhan kalian.apa pun yang km lakukan itu adalah hubungan km dengan tuhan km dan kami dengan tuhan kami,agamamu ya agamu,agamaku ya agamku jadi tolong jangan menyebarkan kebencian krn isu ini sangat sensitive. buat yg nulis blog ini cuma masalah kebiasaan aja..di gerja juga nyanyinya ya lagu pop dan ajang yang di menangi juga ajang pop wajarkan coba di dangdut yang menang juga mayoritas muslimkan..krn memang suara yg merdu dan berlekuk atau cengkokakn memang dibutuhkan diajang sperti itu,malah keknya ga ada tu nasrani yg menang kontes dangdut.

      Delete
  5. Replies
    1. wah lama ga mampir sini mbak..gimana kabar Jepang?

      Delete
  6. Aku yg akan maju n akan mengembangkn suara q ke Indonesian Idol tp siap2 ea bumi ni akan hancur hahahahaha wkwkwkwk peace :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..kayak Giant temennya Doraemon.. :)

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. kalau menurut saya karena orang nasrani mempunyai bakat menyanyi yang luar bisa dan di dukung suara yang merdu sejak lahir...

    ReplyDelete
  9. ane malah sudah menyadarinya sejak tahun lalu :)

    ReplyDelete
  10. nice shoot! ya alasannya masuk akal, buat muslim makanya harus rajin mengaji..hhehe.. (piss)

    ReplyDelete
  11. klo aq udahh nyadarr bgtz sejak idol 2004 ... aq liadnya dr 2 sudut pandang pertama AGAMA dan kedua SUKU ... klo sepengetahuanq teman2 nashrani tu kompak jd sling mendukung untuk polling sms krna disini gencar bgtzz kampanye nya bhkan oleh pejabatdisni hehhe .. kyak di ambon t4 tinggalq ini mas... yg kedua suku .. msalnya suku ambon (wilson n igo) krna org ambon tu kompak sm kayak teman2 batak jg kompak (rini n ihsan , trus judika , jg joy tobing) hehhehee ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin untuk mengangkat nama daerah juga ya..

      Delete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. Kalau aku malah nyadarnya tentang popularitas pasca Idol dan mungkin salah.. Kebanyakan Runner up lebih populer dibandingkan juara Idol...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat..karena ujian sesungguhnya ada di luar sana, baca juga the fight will be their own

      Delete
  14. I wanted to say Thank You for delivering this information you are doing a good job with the web page if you get a possibility would you assist me to make some changes to help my site? I will pay you for your help you can find the link to my site during my name. Thank you!

    ReplyDelete
  15. tak berguna kalliii tulisan ini..
    tak berbobot sama sekali.

    ReplyDelete
  16. bener banget mas bro,,
    yang jadi jemaat biasa ajah yg datang ke geraja nyanyi2 suaranya pada bagus2,, apalagi yang terlatih singer atau choir/paduan suara,,
    udah gak diragukan lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sering ngaji juga banyak yg bagus, cuma beda peluang dan kesempatan aja :)

      Delete
  17. Doain tahun 2014 Husein yang menang. Jadi umat muslim juga punya penyanyi yang membanggakan senasional. Buwahahahahhaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau muslim atau non muslim yang penting bisa membanggakan Endonesia :)

      Delete
  18. wah 2014 nasrani lagi yg menang,
    tpi gpp lah agama punya tujun nya masing-masing.

    ReplyDelete
  19. Tp meskipun saya umat Nasrani, saya jg salut melihat kontestan muslim yg gak kalah keren..., bahkan ada jg finalis muslim yg saya jagokan...hahaha :)

    ReplyDelete
  20. ya ini mungkin cuma perbedaan kebiasaan aja,kalo yg nasranikan kebanyakan memang menang di pop dan ajangnya juga pop yang dimenangi.coba di dangdut.? yg nasrani malah gak ada ..iyakan.
    bedalah bro klo di gerjea itu pada nyanyi lagu pop semua sementara muslimkan pada ngajih tu jadi cengkoknya terlatih banget buat music2 timur tengah gitu.jadi masing masing punya kelebihan lah dibidangnya masing masing.

    ReplyDelete
  21. A very awesome blog post. We are really grateful for your blog post. You will find a lot of approaches after visiting your post. I was exactly searching for. Thanks for such post and please keep it up. Good work.

    ReplyDelete
  22. Klo aku gak masalah siapa dia, dari suku apa dia, dari mana dia ...... yang penting bisa menghibur.....dan klo diadu (kontes) di luar negeri bisa membawa nama baik bagi Indonesia.

    ReplyDelete
  23. karena pemilik MNC grup (RCTI) yah kristen....harry tanoe...

    ReplyDelete
  24. provide enlightenment and useful knowledge for the visitors always continue to make the article a reference we all jaket kulit asli ....thank you LOL

    ReplyDelete
  25. listen to every article published give a new experience for me thanks produsen jaket kulit

    ReplyDelete
  26. a new experience for me to come here and always successful then admin tozca

    ReplyDelete
  27. listen to the articles posted here is very interesting and gives the most experience for me thanks a visit back toko jaket kulit

    ReplyDelete
  28. Karena pemilik RCTI dan jurinya lebih banyak beragama Kristen.

    ReplyDelete
  29. The first thing is to listen to the meaning of the article and the purpose of which here is very attractive thanks admin jaket kulit pria

    ReplyDelete
  30. add insight into a broad and obtain useful informations and I bookmarks thanks admin jual jaket kulit visit back my website

    ReplyDelete
  31. of the many this blogs I visit this blog recently that I think is interesting and good at reading and sharing the article jaket kulit sukaregang thanks admin visit back

    ReplyDelete
  32. many places to add useful knowledge for me, such as a visit to this website thank you admin..jaket kulit murah visit my website

    ReplyDelete
  33. Her much information visit here to add insight to me then give useful for everyone. a visit back in jual jaket kulit asli ...thank you

    ReplyDelete
  34. hello admin, be a reflection and a lot of knowledge to visit this blog and interesting to read thanks admin, my site can visit jaket kulit garut much koleksi leather jacket.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..