09 June 2012

Penalti, Peluang 90%

Lihat pertandingan pembuka Euro 2012 Polandia vs Yunani semalam? 2 kartu merah mewarnai pertandingan ini. Untuk kartu merah kedua melibatkan kiper Polandia Wojciech Szczęsny yang berujung hadiah tendangan penalti untuk Yunani. Kiper pengganti Przemysław Tytoń berhasil mementahkan tendangan Giorgos Karagounis.

uefa.com

Sejatinya tendangan penalti adalah peluang emas untuk membuat gol ke gawang lawan. Bukan 99%, tapi setidaknya 90% peluang emas untuk menjaringkan bola ke gawang dengan mudah. Namun nyatanya tak semudah di atas kertas karena masih ada 10% peluang untuk gagal baik karena kesalahan eksekutor maupun kegemilangan penjaga gawang.


pe-nal-ti / n tendangan atau tembakan hukuman karena melanggar peraturan permainan di daerah depan gawang pada batas yang tertentu (sepakbola, polo air, dsb)

Faktor psikologis menjadi peran utama untuk gagalnya sebuah tendangan penalti di samping faktor-faktor lain. Masih ingat final Liga Champion 2008 antara Manchester United dan Chelsea. Pemain sekelas CR7 dan John Terry gagal memanfaatkan peluang 90%. Kemudian kiper MU Edwin Van Der Saar berhasil menghalau tendangan Anelka yang mengantarkan MU juara Liga Champion.

Di pertandingan semalam, eksekutor gagal menjalankan misinya sedangkan penjaga gawang berhasil menghalau bola. Dua sisi yang berbeda tergantung dari mana melihatnya. Sama seperti sebuah gelas berisi air setengah gelas. Setengah penuh atau setengah kosong?

3 comments:

  1. KANG APRIE...!

    sudah lama betul kita tidak bekomunikasi.. :D

    ReplyDelete
  2. *matiin tipi* tidurrrrrrrrrrrrrr.....gak suka bola

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..