06 September 2009

Dehidrasi

de·hid·ra·si /déhidrasi/ n 1 Kim proses membuang molekul air dr hablur atau senyawa atau reaksi kimia; 2 kehilangan cairan tubuh

Dalam tubuh kita sebagian besar adalah cairan yang akan membantu darah melakukan sirkulasi dari dan ke jantung serta ikut membantu distribusi oksigen ke otak. Bila cairan dalam tubuh berkurang dalam kadar yang ekstrim maka akan mengakibatkan pengentalan darah, berkurangnya pasokan oksigen ke otak, mengakibatkan halusinasi, penurunan kesadaran, koma, disorientasi dan pada akhirnya akan berujung dengan maut.

Gejala dehidrasi dapat diketahui dengan melihat warna urin. Warna cenderung kuning menandakan tubuh kekurangan cairan, untuk itu tubuh perlu pasokan air yang cukup setiap harinya. Bagaimana saat puasa? Tidak masalah, soal kuantitas bisa saja terpenuhi dengan menggeser waktu konsumsi di waktu jeda setelah berbuka hingga menjelang sahur.

Pada dasarnya puasa justru menyehatkan bila kita bila kita mampu mengoptimalkan puasa, makan dengan asupan gizi yang cukup, minum air putih yang cukup, menahan nafsu saat berbuka serta menghindari minuman dingin saat berbuka.

10 comments:

  1. huaaa.... menghindari minuman dingin saat berbuka itu mas yang susaaaahhhh bgt... kebiasaan minum es pas buka sih...

    ReplyDelete
  2. ternyata gak baguis ya minum yang dingin2..?

    ReplyDelete
  3. @zujoe :
    waaah..gampang aja kok, ga susah

    @anang :
    nek es sirup yo podho wae

    @sungaikuantan :
    sunnah yang mana nih?

    @kakve-santi :
    yup bener

    ReplyDelete
  4. ber untung diriku gak suka dg minuman yg mengandung #trus melahirkan# es dari klukas.....biasanya lngsung plu.....
    nice info
    I Like this

    ReplyDelete
  5. balik lagi td enggak pke format url http://

    selamat berpuasa

    ReplyDelete
  6. .. penurunan kesadaran .. pantas aja sy sering merasa ngantuk ..
    itu krn dehidrasi atau emang dasarnya tukang molor ya .. hehehe ...
    sering khawatir jika urin berwarna kuning, katanya ginjalnya bekerja keras .. sudah kurang asupan cairan ditambah lagi kerjanya duduk terus ..

    Iklan Baris

    ReplyDelete
  7. Kenali dehidrasi dari warna urine. Semakin pekat warnanya, berarti semakin kita dehidrasi. Maka segera minum air putih.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..