08 February 2013

Label Harga Itu Hak Konsumen


Seyogianya keberadaan label dapat menyediakan informasi singkat tertentu mengenai barang yang diberi label. Di area tempat perbelanjaan seperti minimarket atau supermarket keberadaan label harga merupakan hal mutlak sebagai informasi harga barang kepada calon pembeli.

price tagNamun bagaimana bila barang-barang yang dipajang tidak terdapat label harganya? Sebagai konsumen dan calon pembeli tentu saja kebingungan. Entah bentuk kesengajaan atau kelalaian, beberapa tempat perbelanjaan di Samarinda yang saya kunjungi beberapa kali tak memajang label harga untuk beberapa barang.




harga1
Display barang tanpa label harga
Di beberapa minimarket menyediakan barcode reader, yaitu alat komputerisasi untuk mengetahui harga barang dari kode atang yang tertera di setiap kemasan barang. Namun, apakah setiap pembeli harus menenteng bawaannya ke mesin barcode reader? Apakah calon pembeli harus terus bertanya harga barang kepada kasir atau penjaganya?

harga2
mesin bardcode reader
Bagaimanapun juga label harga barang merupakan salah satu dari hak-hak konsumen/pembeli yang harus disediakan oleh pelaku usaha.

8 comments:

  1. di sini bahkan kebanyakan setiap barang dicetak di bagian belakang, jadi pasti tahu harganya kalau dapat hadiah juga (bukan sistem sticker, tapi sudah dari pabriknya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di Jepang emang sistemnya udah bagus mbak....

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya saya hapus karena komentarnya ga berhubungan dengan artikel...

      Delete
  3. Iki nek diterapkan ning warteg jan apik tenan
    Sing tuku ra bakal kapusan

    ReplyDelete
  4. Memang nyebelin deh kalo gak ada label harganya. Konsumen kan biasanya membanding2kan satu produk dengan produk lainnya.
    Semoga saja label yang tak dicantumkan itu bukan bagian dari strategi dagang yang ingin menjebak konsumen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah..itu dia yang saya maksud dengan kesengajaan itu....sapa tau memang begitu untuk strategi penjualan...

      Delete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..