12 August 2008

Penek Jambe

Siapa yang tak kenal dengan penek jambe atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai panjat pinang. ‘Cabang olahraga’ yang satu ini wajib hukumnya untuk dipertandingan dalam rangka memeriahkan Agustusan ini. Panjat pinang melengkapi ‘big four’ selain makan karung, balap kerupuk dan tarik tambang. Oops, sori maksudnya makan kerupuk, balap karung dan tarik tambang. :P

Entah dari mana ‘cabor’ ini berasal, yang jelas panjat pinang sudah memasyarakat dan rasanya kurang seru perayaan 17-an tanpa panjat pinang. Di Indonesia sendiri panjat pinang sudah cukup populer, saking populernya sampai dijadikan lagu. Pengen tau?

Bila Anda orang Jogja mungkin pernah dengar yang namanya grup rap G-Tribe. Grup ini mempunyai ciri khas yaitu liriknya yang menggunakan bahasa Jawa. Sebagian pesonilnya adalah (dulu) penyiar radio Geronimo FM, radio di Jogja yang pernah membesarkan nama Sheila on 7 dan G-Coustic (sekarang Jikustik). Salah seorang anggotanya yaitu Iqbal (8Ball) adalah penulis lagu yang pernah membuat heboh dunia musik Indonesia berkenaan dengan kontroversi lagu ciptaannya yang ‘menghina’ grup band Kangen.

Tapi bukan berarti lagu-lagu G-Tribe bernada kontroversi, justru sebaliknya! Simak saja lagu bertempo cepat berjudul Watch Out, Dab yang menghias album Pesta Rap I di era 90-an. Di album pertama - dan yang terakhir - berjudul Merangkak, terdapat lebih banyak lagu yang mmpunyai lirik yang jenaka. Ada Jogo Parkiran, Adik Kecil, Lek-lekan, Jalangkung dan tentu saja Penek Jambe.

Untuk Penek Jambe walaupun jalan cerita dalam lagu tersebut bukan bercerita tentang lomba 17-an, namun liriknya cukup menggelitik. Simak saja lagunya.

Winginane nggone pak Lurah

duwe gawe nyunatke anake

sing cilik dhewe nganakke pesto

diragati gedhe seko nanggap wayang golek

tekan penek jambe

Mbeleh sapine dinggo sukuran

dinggo nambah ragate ngedol panenan

Dasare wong sugih ngopo wae iso

angger ono duwit kabeh lawang mengo

Critane, pestane, kabare tekan ndeso tonggo

jarene sing paling rame do nonton penek jambe

Nganti saking senenge do lali yen wissore

(more G-Tribe lyrics and translation to Bahasa, see here)

Sayang sekali, koleksi pribadi CD Original album Merangkak telah berpindah tangan tak kembali. Tapi untung saja dunia dukun internet bertindak cepat, koleksi lagu G-Tribe pun kembali kudapatkan. Tertarik? Untuk lagu Penek Jambe.mp3 silakan unduh di sini.

17 comments:

  1. hyaaaaaaaaaahhh pertamax!! uhuy!!
    duh jadi kangen jogja, kangen co2 jogja *halah*
    ahahahah. MERDEKA!!!! :D

    ReplyDelete
  2. huhuiii.. ternyata oh ternyataaa...
    hummm.. baru nyadar aku, apa yg telah kita bicarakan di YM tadi (wakakakak.. bahasaku aneh gak nih?).

    ReplyDelete
  3. hayahhh... penek jambe awas lunyu lhoooo

    ReplyDelete
  4. keren nih....ada unsur budaya nya...

    gw kira tadi panek jambret hahahahhaha artinya penjambret yg leleh....

    emg udah jadi tradsi bro..panjat pinang..dari pada manjatinn org kali yah hahaha

    ReplyDelete
  5. Iya ya dimana-mana kalau 17 Agustusan selalu ada lomba penek jambe alias panjat pinang...tapi dulu waktu di Yogya sih aku ngk pernah nonton

    ReplyDelete
  6. @phie:
    tumben pertama..
    MERDEKA!!!

    @momon:
    telat 'ngeh'nya mon...

    @anang:
    sing lunyu2 ki malah enak to mas?
    hahaha...

    @rofi:
    jambret?
    wah curiga nih
    hahahaha..
    yang namanya pajnat pinang bukannya emang manjat orang mas?
    :P

    @ani:
    wajib tuh mba....
    ga seru soale..

    ReplyDelete
  7. wah,,di RW aphied kaga ada penek jambe,,
    yg ada makan krupuk,,
    wkwkwwkk

    ReplyDelete
  8. kalau lagunya rendy jerk tau gak...yang judulnya mulan kwok..? nich liriknya

    mbayangke mulan kwok
    rak nganggo katok, duduk mergo pas cewok
    neng lagi tak sogok2 bolongane sing koplok2 nganggo gaya kodok neng sayange mung mbayangke tok

    ReplyDelete
  9. aku ga ngerti lirik lagunya mas

    ReplyDelete
  10. ikutan panjat pinang yuk prie..
    tp aku nunggu aja ya di bawah hehehe..
    lomba panjat pinang paling seru pas 17an

    ReplyDelete
  11. panjat pinang kalo hadiahnya ember, pancy udah biasa tuch harusnya lembaran cek atau dolar yang dipajang :P

    ReplyDelete
  12. @aphied:
    melu ga phied?

    @iksan:
    ada lagu kaya gitu?
    bagi donk!!
    hahahaha...

    @tony:
    ada koq translate-nya mas..

    @dee:
    di bawah?jadi yang manggul orang2 itu?
    hahahaha...

    @acy:
    diekspor dulu panjat pinangnya baru hadiahnya dollar.

    ReplyDelete
  13. Wow..
    Ada ya lagu tentang penek jambe..
    Tuju belasan banged..
    Hehehehehee..^^

    ReplyDelete
  14. @Reny:
    mumpung masih anget nih..
    pas buat 17-an
    hehehehe..

    ReplyDelete
  15. Suwun Prie lagune. Lagu liyane tak enteni Bozzz... :D

    ReplyDelete
  16. penek jambe sekarang dah mule jarang soalnya susah nyari pinang hiks mesakke tenan yo..

    ReplyDelete
  17. namaku HaRi

    wah... lagu g tribe nya bagus2. itu lagu kenanganku semasa SMA en semasa aku kuliah di jogja. btw..., aku mau minta mp3 nya bisa nggak yach? klo bisa 1 albumnya g tribe yang jogo parkiran yach. klo ada dikasih link nya. klo ndak ada kirim ke email saya yach. mksh.
    www.prayogo_hari@yahoo.com

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..