26 August 2008

Tips SEO

Memanfaatkan Momen Untuk Meningkatkan Traffic

Membaca postingan iksan tentang jenis-jenis seorang blogger, hati saya pun ‘panas’ dibuatnya. Bagaimana tidak, namaku terang-terangan dicantumkan di artikel tersebut plus foto hasil curiannya. :P. Oleh karena itu saya punt ak kuasa untuk ngajakin counter strike melalui postingan ini (emang mo maen game ya? fayer in de hol….)

Bulan Ramadhan segera hadir, bulan yang ditunggu-tunggu bagi umat Islam. Nah, pernahkah terpikir untuk meningkatkan trafik blog menjelang Ramadhan? Saya mengalaminya, melihat trafik pengunjung blog akhir-akhir ini tidak sedikit dari mereka yang dating berasal dari search engine. Salah satu contohnya adalah berkenaan dengan bulan puasa yang sebentar lagi tiba. Pengunjung yang saya maksud datang dari om gugel yang mencari artikel tentang buka puasa. Mereka mencari dengan keyword “menu buka puasa”, “minuman buka puasa”, “es buka puasa” dan sejenisnya.

Pada tahun lalu saya memang pernah menulis artikel tentang puasa yang berjudul Buka Puasa Jangan Minum Air Es. Artikel ini saya dapatkan dari sebuah sumber – yang saya sudah lupa asalnya – yang kemudian saya tulis ulang dengan bahasa dan pemahaman saya sendiri.

Nah, sesuai dengan anjuran dokter, bila ingin meningkatkan trafik pengunjung (walau tak banyak setidaknya lebih dari biasanya) kita perlu menyajikan topik artikel yang sedang dan akan hangat dibicarakan. Lebih bagus lagi bila artikel tersebut adalah artikel original bukan sekedar co-pas mentah-mentah.

Contoh lain adalah saat peluncuran software anti virus AVG 8.0 beberapa bulan yang lalu. Saat itu saya menulis artikel tentang Memperpanjang Masa Trial AVG 8.0, dan sekali lagi artikel ini saya tulis ulang dengan bahasa dan gaya tulisan saya sendiri dengan format tutorial. Hingga saat ini beberapa pengunjung masuk melalui om Gugel dengan keyword “AVG serial number”, “serial number AVG 8.0”, “download free AVG” dan keyword sejenisnya.

Melihat tren seperti ini tentu banyak cara untuk mendatangkan pengunjung dengan memanfaatkan search engine. Nah, sudah siapkah Anda dengan postingan yang bermanfaat untuk ngebom di saat yang tepat?

15 comments:

  1. pertamaxxxx..koment dulu baru baca :D

    ReplyDelete
  2. jadi binun hubungan puasa sama seo :)

    ReplyDelete
  3. tuch kan emang aprie raja SEO ke ke ke btw....bulan puasa ini keyword apa ya yang sering dipake..? tips saat lapar menyerang ampuh gak ya :P

    ReplyDelete
  4. si om emang pinter... siip... klo mau... pake keyword manual juga bisa... misal abis posting trus tulis aja link2 yang berkaitan yg lgi marak...

    ReplyDelete
  5. hil yg mustahal bs jg ya dijadiin postingan :D

    ReplyDelete
  6. apa yg ga bisa ditulis mas apri hehe.. apa aja bisa jadi topik.

    ReplyDelete
  7. @tony:
    hubungan gelap mas.
    hahahahaa....

    @iksan:
    raja dari hongkong....

    @masenchipz:
    sip markusip..

    @angel:
    pi bukan paid review ko.hehehehe..

    @anang:
    tak ada gading..SEOpun jadi. :P

    ReplyDelete
  8. kok acy nyari blog acy keywordnya harus acyhome, biar kedeteks sama mr .google gimana caranya yaw ??matur nuwun :)

    ReplyDelete
  9. Pake judul "tips" lageeeee....
    wakakakaka...

    boleh juga ney ide'nya, cuma Q gi gak isa mikir ney mas.
    jadi blog juga gak tak apdet2.... :P

    ReplyDelete
  10. klo gitu nnt sy mo bikin tulisan "tips menghalau bau mulut saat puasa" :D sapa tau infonya berguna en bs menaikkan popularitas blog sy hohohohohoooo...

    ReplyDelete
  11. jadi bingung..apa hubungannya
    jenis-jenis seorang blogger dengan bulan ramadhan

    ReplyDelete
  12. sip bos tipnya perlu dicontoh neh, he he

    ReplyDelete
  13. hmm, gitu yah. coba² main seo dulu ah.

    tapi rada susah ngerangkai kalimat yang bagus nih. :P

    ReplyDelete
  14. hehehehehe betul, tulislah apa yang sedang musim sekarang, tapi mesti yang unik agar bisa nangkring di top 10 google

    ReplyDelete
  15. Istilahnya NEMBAK KEYWORD kan? hehehe

    Saya udah pernah nyoba pas ada event pemilihan bintang pantene 2009. Sengaja saya sisihkan waktu untuk nonton acara grand finalnya selama satu jam full. Lalu saya ulas deh acara tsb di blog, beberapa saat setelah acaranya selesai.

    Hasilnya, trafik blog saya langsung naik dalam beberapa hari..ck..ck..ck..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..