14 August 2008

Tugu, Landmark of Jogja

Sebuah monument yang telah menjadi landmark kota Jogja. Bangunan yang berada di persimpangan Jl. Diponegoro, Jl. AM. Sangaji, Jl. Jend. Sudirman dan Jl. P. Mangkubumi itu menjadi salah satu poros imajiner pihak Keraton Yogyakarta. Jika ditarik garis lurus dari Selatan ke Utara maka akan ditemukan garis lurus Laut Kidul, Keraton, Tugu dan Gunung Merapi.
Bentuk Tugu sekarang berbeda dengan bentuk bangunan yang dulu. Bangunan ini telah mengalami beberapa kali perubahan terutama saat gempa menguncang Yogyakarta pada tahun 1867.



(Foto diambil saat Jogja menjelang pagi sekitar pukul 04.50 WIB – meta tag 05.50 WITA - saat kondisi jalan belum ramai oleh kendaraan sehingga memungkinkan untuk meng-explore bangunan itu)

12 comments:

  1. premiumxxxxxxxx

    gak mau pertamaxxx mahal ke ke ke

    ReplyDelete
  2. minyak tanah aja deh... lagi dicari masyarakat

    ReplyDelete
  3. malam itu pk 00.00 aku berangkat dari solo menuju ke tempat anak muda nongkrnong..ngelewatin sebuah tugu yang disana banyak orang ngantri untuk berfoto..trus aku tanya apaan sih ini? kata temenku 'ini tugu jogja oon!'
    aku 'gubrak..cuma kaya gini doang to??'

    *gak da hub nya ya dengan isi postingan? wekekek'

    ReplyDelete
  4. @ngatini:
    aneh juga..pi ko ngangenin ya?
    hehehehe..

    ReplyDelete
  5. wooo itu wis gak orisinil lg to, mulakno koq beda penampakannya, kirain mataku lg sakit hehehe;p

    ReplyDelete
  6. Kalo di tanah kelahiran saya nan jauh di sana ada RINGIN CONTONG sebagai landmark kota. Di sebelahnya berdiri tegap tandon air raksasa yang menurut ayah dulu sama ukurannya dengan dinosaurus berkaki dua pemakan daging...

    *kok jadi ngomongin masa kecil sih... :D

    ReplyDelete
  7. @wendy:
    mang ada penampakan?

    @Fiz:
    ?????
    pohon beringin?

    ReplyDelete
  8. jadi inget masa lalu aq disitu. :P

    tepatnya deket situ ding. hehehe

    ReplyDelete
  9. wahhh.. foto ini ya yang di ikutin lomba???
    hihihihi... :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..