09 August 2008

PORCANAS, Yang Terpinggirkan

Do you know what PORCANAS is? Saya jamin ga banyak yang tahu tentang PORCANAS. PORCANAS adalah perhelatan olahraga nasional setingkat PON untuk para penyandang cacat. Dengan kata lain PORCANAS adalah PON-nya penyandang cacat.

Gemerlap gempita pelaksanaan PON XVII di Kaltim beberapa waktu yang lalu ternyata tak menular ke pelaksanaan PORCANAS XIII di Kaltim. Di pembukaan hari Sabtu (2/8) lalu saja sepi pengunjung. Beberapa pejabat menteri nasional yang sedianya akan meresmikan pembukaan PORCANAS XIII batal hadir karena suatu alasan. Semoga saja, ketidakhadiran pejabat menteri bukan karena memandang PORCANAS sebagai ajang olahraga nasional tingkat rendah.

Sekalipun memiliki beberapa kekurangan fisik, tak mengurungkan semangat para atlet. Bahkan di cabang paling bergengsi sepakbola beberapa waktu yang lalu sempat diwarnai dengan insiden kericuhan! Nah, gak kebayang kan?!

PORCANAS XIII 2008 resmi ditutup hari Jumat (8/8) kemarin tanpa meninggalkan sebuah kesan seperti yang didapatkan saat pelaksanaan PON XVII lalu. Selain hampir tanpa promosi, jadwal pelaksanaannya pun digadang-gadang sebagai biang keladi anti-klimaks ini.

Nah, di PORCANAS XIV berikutnya tahun 2012 di Riau ada wacana pelaksanaannya akan dimajukan sebelum pelaksanaan PON XIV 2012 Riau. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan informasi tentang PORCANAS dan itung-itung sebagai pemanasan keramaian PON.

I think that was brilliant idea. Wasn’t it? Saya pun setuju dengan langkah ini karena sedikit akan mengangkat gengsi PORCANAS itu sendiri. Walaupun mereka memiliki kekurangan, tetapi mereka mempunyai hak yang sama dengan atlet PON. Betul?

9 comments:

  1. mereka itu juga saudara kita... hanya saja merea diciptakan dengan kekurangannya masing-masing... setuju sama kamu pri.. mereka punya hak yang sama juga untuk menikmati hidup dan persaingan olahraga...

    ReplyDelete
  2. apalagi momentnya bertepatan dg olimpiade ya mas..duh kasian ya

    ReplyDelete
  3. ya iyalah para pejabat gak dtg
    lg hunting kostum buat pembukaan olimpiade tgl 8 kmrn

    ReplyDelete
  4. @anang:
    bener mas..

    @papam:
    kalah pamor mas..

    @phie:
    sedih?
    kan ada yayang elut...
    hahahahaha....

    @kechil:
    hah? kostum?

    ReplyDelete
  5. betul tuyh Prie.. kegiatan yang kayak gini malah sosialisasinya harus gencar.. nice post :)

    ReplyDelete
  6. begitulah nasib penyandang cacat selelu apes

    ReplyDelete
  7. typo tuh POCARNAS-nya

    yang bener PORCANAS, kale! :D

    ReplyDelete
  8. @unieq:
    maunya sih gitu kaya PON kemaren tapi terkendala pemberitaan dan sosialisasi yang kurang.

    @iksan:
    ga selalu apes ko mas...

    @AJ:
    makasi banget deh masukannya.
    Sepertinya terlalu semangat jadi beberapa kata salah ketik.
    Udah diganti.
    hehehehe..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..