02 August 2008

PON Bawa Berkah, Iseng-Iseng Berhadiah


              


Di postingan sebelumnya
saya memajang beberapa foto-foto yang saya ambil saat PON XVII Juli lalu. Satu
di antaranya memikat juri Lomba Foto UPP PON XVII.  Saya pun tertawa. Tertawa bukan karena hasil
imajinasi tanggung itu terpampang di koran pertama dan terbesar se-Kaltim,
melainkan
heran foto bugil yang kuanggap
biasa ternyata memikat dewan juri untuk memberikan tempat di tempat ketiga
untuk kategori umum. Ga salah tuh juri??




“Foto yang diikutkan merupakan
karya yang diambil ketika pembukaan dan penutupan PON. Objek yang difoto adalah
khusus pelaksanaan upacara pembukaan dan penutupan PON di antaranya peragaan
gerak tari, pertunjukan musik, ekspresi penonton, kembang api, ekspresi panitia
dan semua kejadian saat UPP. Dalam penilaiannya, ada empat aspek yang dinilai.
Yakni ide/orisinalitas, komposisi, teknik dan kualitas.” (Kaltim Post 25 dan 29
Juli 2008)




                Beberapa rekan
yang saya tantang untuk menebak foto bugil yang mana ternyata tak ada
yang berani memberikan jawaban yang pasti. Hanya komennya
Dhimas yang sedikit ‘nyenggol’.
Hal ini memperkuat
rasa heranku atas foto
tersebut yang berhasil memikat dewan juri itu. Secara, jepretnya iseng ga ada
niatan buat ikut lomba dan kirim e-mail ke panitia lomba pun hanya berselang
6 jam sebelum batas waktu pengiriman ditutup. Dasarnya emang rejeki gak ke
mana toh!!






















                Sekalipun hanya
iseng belaka hasil jepretan ini bukannya tanpa
konsep. Dengan
kondisi stadion yang gelap menyisakan lampu sorot yang menyinari keenam petugas
penurunan bendera PON tentu saja hanya satu yang memungkinkan.
Siluet. Dengan modal dengkul kaki yang saya
manfaatkan sebagai tripod, shutter kamera kupencet untuk membekukan
ekspresi beberapa penonton yang mencoba melihat jauh ke bawah sana. POI (Point of Interest) seketika tercipta saat seorang bapak berdiri
melihat jauh ke bawah. Tema PON pun terlihat jelas saat tulisan dan maskot PON
XVII di giant screen terekam dalam
lensa.


                Maaf, ini hanya
pandangan dari seorang berimajinasi tanggung. Ada yang punya review sendiri? Go ahead,
give me your review!


Masih heran juga kenapa foto seperti ini memikat juri? Eits, tunggu
dulu! Ada hukum
tak tertulis dalam setiap perlombaan. Keputusan juri tidak dapat diganggu
gugat!!!!


Hahahahaahahaha..*ketawa setan*









Title                                                       :
Tak Terlihat


Equipment Make                             :
SONY


Camera Model                                  :
DSC-S650


Flash Mode                                        :
None


Focal Length                                       :
6 mm


F-Number                                           :
F/2.8


Shutter                                                 : 1/8 sec


ISO Speed                                           :
ISO-320


Date Picture Taken                          :
7/17/2008 8:20 PM








 (Dari pengalaman ini setidaknya saya bisa
belajar satu hal. Untuk mendapatkan foto yang baik tak ada salahnya menggunakan
kamera yang baik pula. Tapi yang paling penting adalah
konsep imajinasi yang didukung oleh kemampuan
dasar
‘megang’ kamera, sekalipun hanya menggunakan kamera saku)


12 comments:

  1. Mungkin karya km dilihat dari sudut yang gimana geto oleh juri!!! so,, menjadi lebih menarik (ap benat tuch)

    ReplyDelete
  2. Dua kata aja deh..... manteb Prie!!!
    So, kapan nih traktirannya??? Mentahan juga boleh kok!!! :P

    ReplyDelete
  3. wah seorang fotographer juga ya mas :)

    ReplyDelete
  4. @aldi aja:
    bisa jadi mas

    @Fiz:
    mentahan? beras? :P

    @tony :
    bukan mas...cuma seneng aja ko jepret2...
    hehehehe...

    ReplyDelete
  5. wah prie...ada nama emon disini..hihi...
    rada nyenggol gimana tho??

    eniwei..potomu ini apik prie..
    nunjukkin gegap gempita penonton yang nyaksiin PON *yang udah makin hilang tergerus PS ama Xbox*..salute to aprie..

    ReplyDelete
  6. emang keren kok Prie..
    salut-deh salut...

    teruslah berkarya..I believe u'll be the Best!!

    ReplyDelete
  7. Mungkin krn Flash Mode : None,
    jadi efeknya siluetnya sempurna.
    Plus pemilihan judul yang jitu, congratz Prie

    ReplyDelete
  8. hey!
    weh, kmu jadi orang kondang dong di Kaltim...?

    bedewe,
    ptanyaanku kemaren dijawab via email aja..
    jogjadawg.07@gmail.com

    makasih yak..

    ReplyDelete
  9. @emon:
    loh..opo hibungane karo PS mon?

    @jovie:
    thanks dah mampir...
    kapan nih ini blog di review?
    hehehehe...

    @Firman:
    kalo Flashx On ya ga menarik mas,
    POI-nya malah ga dapet....

    @jogjaDawg:
    kondang?
    kondangan kalee....
    oke..ditunggu imelx...

    ReplyDelete
  10. mas itu potonya pas mati lampu yak....? kok item semua penontonnya...?

    ReplyDelete
  11. aduhhh... bagoss.

    selamat ya!!! jadi kapan ni makan2

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..