08 October 2007

Teknologi dalam Lebaran

Lebaran tinggal hitungan hari, ingin mengirimkan ucapan hari raya? Tunggu dulu, silakan baca coretan di bawah (asli bikinan sendiri) :

  1. Kirim SMS

Kebanyakan orang mengirim pesan setelah shalat Id, saat inilah traffic pengiriman SMS mencapai puncaknya. Kalo pas lagi beruntung SMS bisa langsung nyampe tapi kalo lagi apes jangan kaget bila SMS Anda baru sampai ke penerima sore hari. Untuk menghindarinya, kirimlah pesan saat malam takbir atau pagi hari (subuh).

  1. Kirim MMS

Tak ada salahnya menggunakan fasilitas yang satu ini untuk mengirim gambar atau pesan suara Anda. Tapi yang perlu diperhatikan pastikan ponsel penerima mendukung fasilitas ini. Pastikan pula setingan GPRS/MMS telah terseting dengan benar. Bila ponsel Anda belum terseting, lakukan penyetingan jauh hari sebelum hari H, karena beberapa operator seluler memerlukan waktu paling lama 2 x 24 jam hingga setingan GPRS/MMS dapat digunakan.

  1. Merangkai Kata

Banyak sekali sumber yang menyediakan rangkaian ucapan hari raya, Anda bisa menggunakannya sebagai template ucapan Anda. Ada baiknya Anda rangkai sendiri ucapan Anda agar terkesan beda dari yang lain.

Hindari mem-forward SMS ucapan dari seseorang untuk dikirimkan kembali ke rekan atau saudara Anda. Pernahkah Anda menerima SMS ucapan yang sama dari pengirim yang berbeda? Atau bahkan SMS yang pernah Anda forward Anda terima kembali dari nomor yang berbeda?. Aneh bukan!.

  1. Isi Pulsa

Siapkan pulsa Anda sebelum hari H. Hindari pembelian pulsa elektrik saat hari H, karena selain kemungkinan besar pulsa terlambat masuk karena peak hour, harganya pun bisa melambung. Bila perlu sediakan voucher fisik yang telah Anda beli jauh hari, sehingga saat pulsa telah habis Anda tinggal mengeluarkan 'amunisi' Anda. (yang ini hasilpengalaman tahun lalu :D)

  1. Kirim E-card

Manfaatkan fasilitas e-mail untuk membahasakan ucapan lebaran dan permintaan maaf Anda. Tak ada salahnya Anda kirimkan e-card (kartu elektronik) melalui situs penyedia secara cuma-cuma, beberapa di antaranya dapat Anda nikmati di www.kapanlagi.com .

  1. Kirim Kartu Lebaran via Pos

Haree genee masih pake pos? Kalo bisa jangan pake pos deh...hari gini gitu loh, selain sudah kalah pamor alias ketinggalan jaman, bukan tidak mungkin bakalan dicap oleh rekan Anda sebagai orang gaptek.

Tapi jangan salah, cara di atas sangat tepat dilakukan bila ingin mengirimkan kartu lebaran kepada teman atau sanak saudara yang tempat tinggalnya belum terjamah teknologi. Atau bagi seorang perantau yang ingin menunjukkan rasa hormat yang lebih kepada orang tua di kampung halaman. Tak sedikit pula perusahaan yang memakai cara ini yang ditujukan kepada perusahaan rekanannya.

Nah, sedikit corat-coret semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin
    gw mo mudik ni, doakan slamat mpe tujuan yaach ( malaaaang im coming home )

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..