15 April 2013

Delayed

Istilah delayed biasa ditemukan dalam jasa transportasi udara yang berarti terlambat atau tertunda. Menunggu terkadang menjadi aktivitas yang membosankan.

Sudah 2 jam menunggu untuk boarding dan tiba-tiba kru dari maskapai membagikan kotak yang berisi menu makan siang. Wah! Tumben, padahal kan ini maskapai penerbangan berbiaya rendah. Tanda-tanda delay dan ‘disogok’ dengan menu makan siang biar enggak marah-marah.

Delayed

Penyebab delay memang beragam, karena faktor cuaca, kekurangan armada dan kru hingga penutupan bandara tujuan yang disebabkan oleh kendala teknis, force majeur berupa banjir atau pengaruh letusan gunung berapi, atau karena kecelakaan di bandara tujuan seperti yang terjadi di bandara Ngurah Rai, Denpasar beberapa hari lalu karena kecelakaan pesawat Lion Air.

Delayed tak haya terjadi di dunia penerbangan, di dunia pendidikan pun mengalami delay. Kegiatan Ujian Nasional tingkat SMU/sederajat yang sedianya dimulai hari ini, di beberapa daerah di Indonesia-terutama di Kalimantan Timur-mengalami keterlambatan karena distribusi soal belum sepenuhnya selesai. Konon kabarnya masalah distribusi soal ini disebabkan karena keterlambatan penyelesaian pencetakan soal ujian di percetakan yang ditunjuk.

Nah, kalau sudah begini semoga tidak membuka peluang kebocoran soal ujian dan semoga tidak memengaruhi semangat belajarnya. Yang jadwal UN diundur, semangatnya jangan kendur ya…!!

5 comments:

  1. wah wah.. anu aku ratau numpak kapal mabur e kang.. Dadi informasi masalah delay ini sangat berguna menambah wawasanku..

    muatur suwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh..artise malah rung tau numpak pesawat to..pesawat tilpun wis tau?

      Delete
  2. delay UN bikin tmbah stresssss gan :/

    ReplyDelete
  3. kasian yang ikut ujian un..dah siap siap malah delay...
    un tahun ini kacau balau..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..