11 April 2013

Belajar dari “Scam City”

Sudah nonton video dari jurnalis Belanda Van der Spek tentang suap-menyuap dan praktik penipuan di penukaran uang? Hmmm..menarik ketika ada penikmat wisata Bali merekam kejadian tersebut dan dipublikasikan ke dunia maya dan membuka mata tentang praktik kecurangan seperti itu.

Apa yang dilakukan oleh Van der Spek mengingatkanku dengan tayangan Scam City yang pernah tayang di National Geographic yang dipandu oleh Connor Woodman.

Scam City

Sesuai dengan judul acaranya, tayangan ini mengungkap praktik-praktik penipuan di beberapa kota besar di dunia dengan target turis/wisatawan manca negara. Cara peliputan mereka dengan mendatangi sumber penipuan dan sengaja merelakan diri untuk menjadi korban. Selain mewancarai pelaku, mereka juga ‘bekerja sama’ dengan pelaku untuk melakukan hal yang sama mencari target turis untuk direkam. tentu saja setelah melakukan aksinya, barang atau uang korban dikembalikan kembali kepada korban.

Connor
"I’ve been scammed, so you don’t have to”

Di Bangkok, Thailand, Scam City mengungkap praktik kong-kalikong pemandu wisata di Wat Phra Kaew dengan pemilik toko batu permata. Jika berkunjung ke Buenos Aires, Argentina wisatawan/turis harus waspada dengan copet dan peredaran uang palsu melalui supir taksi.

Masih banyak kota-kota lainnya yang menarik untuk disimak, yakni Argentina, Republik Ceko. Brasil, Spanyol, Italia, India, Turki, Thailand, Amerika Serikat dan Maroko.

Satu kalimat khas dari Connor, "I’ve been scammed, so you don’t have to”

Kembali ke video Van der Spek di Bali, apakah nantinya National Geographic mencoba mengulas praktik kecurangan yang serupa di Bali? kita tunggu saja.

7 comments:

  1. semacam acara inwesstigasi ya mas..

    ReplyDelete
  2. Ah.. jadi teringat pengalamanku waktu ke Jember bulan lalu. Aku gak pake helm, boncengan sama teman. Selembar ngurah rai melayang :D

    ReplyDelete
  3. dimana..mana..ada ntu..kong kalingkong...

    ReplyDelete
  4. thx for share...bnyak dapat pelajaran dari film tersebut..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..