24 August 2013

Tukang Mengeluh

Manusia memang tukang mengeluh, dikasih panas mengeluh kepanasan, dikasih hujan mengeluh hujan melulu. Itulah manusia. Mengeluh memang manusiawi dan siapa saja pernah mengeluh.

complaining

Bagi saya mengeluh memiliki dua makna. Pertama, mengeluh merupakan ekspresi ketidaknyamanan atas keadaan yang tidak sesuai yang dinginkan. Ini masih dalam tahap wajar dan manusiawi dan saya yakin motivator kelas duniapun ada saatnya mengeluh.


Kedua, mengeluh karena kurang bersyukur. Ini yang bahaya, menempatkan sang Pencipta sebagai pengatur hidup yang telah menciptakan ketidaknyamanan. Menyalahkan orang lain dan tidak introspeksi merupakan sifat yang destruktif yang dapat menutup kesempatan-kesempatan yang lebih baik. dalam kadar ini mengeluh merupakan indikasi tidak bersyukur.

Mengeluh itu wajar dan manusiawi, tapi jangan suka mengeluh. Winner has thousand ways, looser has thousand excuses.

ke·luh n ungkapan yg keluar krn perasaan susah (krn menderita sesuatu yg berat, kesakitan, dsb);
(gambar : eramuslim.com)

17 comments:

  1. Manusia mengeluh.. Kalo yang melenguh itu sapi... :D

    ReplyDelete
  2. Disyukuri aja ya, Mas.
    Dikasih sehat, gak usah ngeluh2 gak dapat kartu Jamkesmas.
    Dikasih sakit, gak usah ngeluh2 perawatnya jutek #eh
    Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ga ngeluh kok ga dapet kartu Jamkesmas karena sekarang udah punya #nah #eh :)

      Delete
  3. aku suka mengeluh kalau sedang ngaca. mengeluh terlalu ganteng.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. bener tuh, sekadar pengekspresian..

      Delete
  5. omong-omong ngeluh di sosial media jadi tren ya *eh

    ReplyDelete
  6. Mengeluh memang sifat dasar manusia mas, tapi alangkah baiknya apabila terserang virus NGELUH seperti itu, ya ndang cepet2 segera menjauhi sejauh2nya....bisa bahaya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeluhnya di tempat yang pas..kalo ngeluhnya sama yg ngasih hidup sih wajib :)

      Delete
  7. Mengeluh mungkin ada sisi positifnya juga, misalnya bercerita kepada Tuhan krn suatu kesusahan yang sulit dipahami dan diceritakan kpd orang terdekat sekalipun

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu salah satu fungsi mengeluh, tapi perlu membatasi diri sehingga tidak menjadi tukang ngeluh

      Delete
  8. mengeluh itu berarti kita tidak mengsyukuri segala nikmat pemberian-NYA, baik suka maupun duka.....salam :-)

    ReplyDelete
  9. Manusia sering mengeluh, karena pengen selalu nyaman. Padahal ketidak nyamanan itu lah yg membuat manusia berkembang/maju.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..