14 August 2014

Bugis Street, Surga Belanja Oleh-Oleh Murah di Singapura


Singapura dan kota Belanja, dua hal yang tak bisa dipisahkan di negara bekas jajahan Inggris ini. Tak lengkap rasanya jika melancong ke sini tidak berbelanja oleh-oleh. Semacam magnet untuk menjadi konsumtif.

Ada beberapa tempat untuk berbelanja oleh-oleh, namun salah satu tempat yang bisa dijadikan referensi tempat berbelanja oleh-oleh murah Singapore yakni di Bugis Street. Terletak di 4 New Bugis St Singapore, Bugis Street mudah dicapai dengan MRT karena berseberangan dengan stasiun Bugis Junction. 

Bugis Street


Seperti pada umumnya, di tempat ini terdapat berbagai jenis produk oleh-oleh yang menarik dan beraneka ragam mulai dari gantungan kunci, kaus, tas, pajangan dan buanyak macemnya.

Dengan banyaknya penjual/kios di sini, kita harus jeli melihat harga yang ditawarkan. Secara umum harga antara satu penjual dan penjual yang lain memiliki harga seragam. Untuk barang tertentu tiap penjual punya harga sendiri, jadi jangan kalap. Meski para penjual menetapkan harga pas, namun tidak ada salahnya bertanya dan mencoba menawar. 

Three for ten
Beberapa barang dijual per paket dengan harga $10. Misalnya gantungan kunci $10 per 12 buah, dompet atau tas $10 per 3 buah, three for ten-lah. Untuk yang seperti ini kita bisa membeli per satuan dengan harga yang lebih mahal. Jika membeli 3 terlalu banyak, coba cari teman yang mau membeli dengan barang yang sama yang mau diajak share cost. Misalnya kamu beli 1 buah, temanmu 2 buah. Pintar-pintar kita aja.. 

Di sini saya mencoba menahan diri karena mengingat perjalanan masih jauh, barang yang dicari pun tak ada dan sepertinya hanya ada di Chinatown, Kuala Lumpur, Malaysia negara tujuan kami berikutnya. Tak mau tangan hampa, saya membelanjakan Sin$ dengan 1 buah tas totte bag (beli 1 aja, share cost, 3 for 10), dan jam tangan cowok Sin$13. Untuk item jam tangan cowok saya suka banget, modelnya gak biasa, hitam nan elegan. Worth it!
 
Jam tangan
Pesen saya sih jangan kalap, teman saya habis Rp.700.000-an dalam 1 jam pertama di Singapura, 15 menit pertama di Bugis Street gara-gara melihat harga yang sepertinya murah. Be wise!




Address: 4 New Bugis St Singapore 188868
Nearest MRT train station: Bugis (EW12)
Opening hours: 11.00am – 10.00pm (Mon to Sun)
 
Dos and Don'ts
  • Digit angka akan memberikan perilaku konsumtif, biasakan mengalkulasi dan mengonversikan harga Sin $ ke dalam mata uang Rupiah.
  • Buat first timer pertimbangkan juga barang bawaan apakah cukup masuk di tas/koper? over weight?
  • Waspada copet. Just in case terlebih bila padat pengunjung.
  • Jika butuh minum, cari saja stall minuman yang menjual berbagai jenis jus. Cuma one dollar.
  • Bahasa penjual menggunakan singlish melayu, beberapa di antaranya paham bahasa Indonesia. Jangan ngomong yang gak baik di depan penjual.
  • Tidak semua produk yang dijual di sini aseli made in Singapore. Bahkan ada yang buatan Bandung, Indonesia. Ga percaya? masih bangga dengan oleh-oleh luar negeri?

6 comments:

  1. Saya belum terpikir pelesiran ke negara terpadat kedua di dunia itu. Entah suatu saat nanti. Terima kasih telah berbagi cerita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha...kalo jadi ngetrip bagi cerita ya...

      Delete
  2. wuiiih.. oleh.oleh..om... bawa nang jogja dah...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..