Di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Solo, Balikpapan, Jogja dan beberapa kota lainnya telah dan mulai menerapkan sistem peningkatan keselamatan berkendara dengan menyalakan lampu motor di siang hari. Program ini biasa disebut dengan Light On. Pertumbuhan jumlah kendaraan roda dua di Indonesia meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir memperbesar angka kecelakaan kendaraan R2 di jalan raya.
Head lamp tidak hanya berfungsi sebagai penerangan kendaraan di malam hari, tetapi dapat juga menjadi alat komunikasi dan informasi tentang keberadaan kendaraan kepada pengendara yang lainnya. Menyalakan lampu di siang hari mempermudah kendaraan terlihat (eye catching) sehingga diharapkan dapat membantu saat kendaraan kita berada dalam blind spot area kendaraan lain, terlebih di saat cuaca gelap atau bahkan hujan.
Ada yang beranggapan bahwa menyalakan lampu di siang hari akan mengakibatkan aki cepat habis dan memperpendek umur bola lampu. Hal ini sah-sah saja, namun bila berkaitan dengan keamanan, nilai dari aki dan bola lampu tak akan sebanding dengan keselamatan. Light On bisa diibaratkan sebuah investasi akan keselamatan dan kenyamanan berkendara.
Bila pihak yang berwenang menerapkan peraturan di jalan raya hendaknya disertai dengan sosialisasi yang tepat sasaran. Selain itu diperlukan edukasi kepada masyarakat sehingga pengguna kendaraan R2 dapat membiasakan diri menyalakan lampu motor di siang hari bukan karena peraturan, melainkan karena kebutuhan. Ke depannya pengendara mempunyai Built In Police*) (polisi bagi dirinya sendiri).
Safety First
Think Forward
Riding with Care
*) istilah Built In Police, saya sadur dari BIQ (Built In Quality), sikap pekerja untuk menghasilkan sebuah produk dengan kualitas yang maksimal tanpa tergantung kepada pengawasan Quality Control/Quality Inspection
sama.....
ReplyDeletehahahahahaha!
nek aku nek nguripke lampu awan2 berarti mambengi bar ngluyur njuk sesuke lali mateni.
ReplyDeleteIya nih, di kota saya (Pontianak) juga udah mulai berlaku aturan itu. Tapi masih banyak juga yang belum mau nyalain lampu. Nunggu ditilang kali ye :D
ReplyDelete@ kakve santi :
ReplyDeletetuk mari...
@ bre :
weleh sok ngluyur mbengi to?
@ iskandaria ;
waduh jangan sampe nunggu ditilang deh.
asal tahu fungsinya sepertinay ga perlu deh nunggu ditilang segala
Surabaya udah lama kampanye ini
ReplyDelete@ rusa bawean :
ReplyDeletenambah lagi tuh di Surabaya, semoga kota-kota lain menyusul...
whoaa..
ReplyDeletesaya uda 2 taun tinggal di Balikpapan,
tp gapenah nyalain lampu motor di siang hari,
hihihi..
bandel yiaa saya?
:D
kenapa hanya berlaku buat motor ajah ya?
ReplyDeleteKira2 efektif gak ya?
ReplyDeletecieeeeeeeeeeeee aprieeeeeeeeeeee :p
ReplyDeletekirain nyalain lampu motor biar bisa lebih gaya ^0^
ReplyDeletenyalain lampu siang2...
ReplyDeleteingat, hemat energi hemat biaya
pertumbuhan motor meningkat...
mending naek angkot kalo mao save
kita tiru aja tuh orang jepang
ReplyDeletewalau negaranya bikin motor dan mobil, orangnya2 doyan jalan kaki.
soalnya mereka tau, gas hasil pembakaran bisa bikin polusi dan mengancam kesehatan
apapun buat keselamatan, jalanin ajalah... :)
ReplyDelete@sHaa :
ReplyDeletewaduh bandel nih..
asal ga mucil aja
hahaa..
@Pencerah :
kalo mobil badannya udah gede jadi belum perlu.
masih perlu motor yang bisa pecicilan selap-selip semaunya.
@Film anyar :
efektif bisa mengurangi kemungkinan kecelakaan lalin
@ phie :
ngopo to?
@belajar blog :
bisa juga buat gaya, salam artian untuk cari perhatian kendaraan lain.
@Action :
kalo menyangkut keselamatan sepertinya ga bisa diperbandingkan dengan biaya.
bisa juga sih naek angkot sekalian mengurangi volume kendaraan di jalan raya, tapi itu tergntung individunya
@jalahati :
setuju...safety first
weh, di Pangkalan Bun juga diwajibkan nyalain lampu motor di siang hari. Pernah hampir ditilang gara-gara lupa nyalain. (doh)
ReplyDeleteDi Kota ku juga sekarang ( baru-baru ini ) nerapin peraturan yang beginian.
ReplyDeleteSalam kenal.
Bisnis Pulsa GSP.
Menurut sy ni...itu bentuk peborosan yang disenagaja bayangkan klo 100rb motor masing2 menghidupkan lampunya setiap hari.., Di samarinda, PLN aja sangat kekurangan daya sampai2 mati tanpa ada jadwal yg pasti...pokoknya suka2 PLN dechh. Makanya sebelum menjabat wakil rakyak pikir matang2, tanya pd diri sendiri apakah klo dah mejabat besok gak ikut2an korup seperti yg lainnya..kasihan tuu orang miskin kapan kayanya...yg kaya tambah kaya..hemat pangkal kaya..trus klo dah kaya jgn lupa sedekah yg bayak supaya yg kaya gak itu2 aja... :D NYA..NYAMBUNG GAK NIII.. :)
ReplyDeletekayaknya sekarang udah ga ada lagi dech yang nyalain lampu, banyak alasan yang diberikan termasuk sumber dayanya kalau lampu nyala siang2
ReplyDelete@ zuki :
ReplyDeletebukan pemborosan, lebih tepat istilahnya adalah investasi keselamatan. Kalau pemborosan kenapa harus beli helm? kenapa harus beli motor?
:p
@ dita :
masih ada kok, bahkan di akhir 2010 nanti rencananya produsen motor akan mengeluarkan produk motornya yang mempunyai sistem lampu langsung nyala ketika kunci kontak dihidupkan.