20 April 2011

Genting Highland

Setelah puas berkeliling kota Kuala Lumpur, saatnya mencoba suasana yang berbeda di utara KL yaitu Genting Highland. Genting Highland merupakan tempat wisata keluarga yang lengkap yang berada di dataran tinggi. 
Di sini terdapat berbagai macam permainan yang terbagi menjadi 2 macam yaitu outdoor theme park dan indoor theme park. Outdoor theme park menyediakan wahana permainan seperti Roller Coaster dan teman-temannya. Ya seperti Dufan. Untuk indoor theme park saya asumsikan seperti Trans Studio, Makassar.

Selain theme park, di Genting juga terdapat beberapa kasino, bioskop dan beberapa pertunjukan lainnya serta beberapa hotel seperti First World Hotel.


Genting Highland
Untuk menuju ke Genting disediakan bus khusus ke Genting dari terminal Puduraya, KL Sentral, 1 Utama dan beberapa terminal  lainnya. Saya berangkat dari Stasiun KL Sentral dengan membeli tiket di loket sekitar pukul 09.00. Sayang, saya datang kurang pagi dan kehabisan tiket untuk bis pagi. Alhasil saya dapat bis untuk keberangkatan pukul 11.45 am. Tiket bis ke Genting seharga RM9.3/orang sudah termasuk tiket cable car. Tersedia pula tiket paket seharga RM47/pax sudah termasuk tiket bis, tiket cable car, tiket masuk ke outdoor theme park dan makan siang. Harga tiket masuk outdoor theme park bila beli di loket di Genting mencapai RM62!! Karena harga tiket paket yang mahal saya pun memutuskan untuk membeli tiket bis dan cable car saja, PP tanpa berkunjung ke outdoor theme park. Perjalanan ke Genting dari KL Sentral memakan waktu 1 jam. 

 

Cable Car
Untuk mencapai ke Genting Highland kita bisa menggunakan cable car/skyway (kereta gantung seperti di TMII). Adrenalin siap diuji saat bergelantungan di atas hutan hujan. Skyway ini merupakan kereta gantung terpanjang di Asia yang membentang sejauh 3,8 Km. Butuh waktu setidaknya 20 menit dari lower station hingga titik atas di puncak.

Ngapain aja di Genting Highland?
Berhubung saya kurang tertarik dengan outdoor theme park, saya memutuskan untuk berkeliling dan berakhir di indoor theme park. Masuk di indoor theme park ini tidak dikenakan biaya karena punya sistem pay per play, seperti Timezone-lah. Berbeda dengan outdoor theme park dengan sistem all-in (terusan). Di tempat ini juga terdapat Sky Venture, sebuah wahana untuk merasakan terbang di dalam ruangan. Sayang, waktu cepat berlalu dan saya harus kembali turun satu jam sebelum jadwal bis menuju KL Sentral.


Tips :

  • Hawa di Genting cukup dingin karena pengaruh letak geografisnya, ya seperti puncak lah. Siapkan kostum yang sesuai, memakai jaket saya rasa sudah cukup.
  • Bila tidak berencana menginap, berangkat pagi hari agar mendapat tiket bis untuk keberangkatan pagi serta jangan lupa beli tiket pulang (tiket PP). Bila tak mau repot beli tiket satu hari sebelumnya.
  • Harga makanan di Genting mahal, bawa bekal makan siang bisa menghemat pengeluaran.
  • Antrian untuk naik cable car menuju Genting Highland cukup panjang, setidaknya saya menunggu giliran naik sekitar 30 menit. Tetapi tidak terjadi saat turun dari Genting Highland.
    Perhatikan jam keberangkatan bis dari terminal Genting. Setidaknya paling lambat 45 menit sebelum bis berangkat harus sudah turun dari Genting Highland (bila jam keberangakat bis pukul 17.00, jam 16.00 sudah 'cabut' untuk turun). Tiket bis hanya berlaku pada jam yang tertera di tiket.
  • Alokasi waktu kunjungan minimal 3 jam (hanya jalan-jalan di sekitar theme park dan photo session) tanpa menikmati indoor - outdoor theme park, belum termasuk waktu untuk antrian cable car dan perjalanan cable car, PP.
  • Kunjungan ideal tanpa menginap yaitu datang pagi hari pulang sore hari.
  • Bila takut naik cable car, gunakan transportasi langsung menuju terminal Genting Highland.


Contoh rencana perjalanan ke Genting Highland :

10.00 – 11.00 perjalanan KL Sentral - Genting
11.10 – 11.40 antre naik cable car di lower station
11.40 – 12.00 perjalanan cable car naik ke upper station
17.00 – 17.10 antre naik cable car di upper station
17.10 – 17.30 perjalanan cable car turun ke lower sation
18.00 – 19.00 perjalanan Genting – KL Sentral

17 comments:

  1. wew.. asyik banget ya maen ke Genting..
    made in malaysia.. :D
    kapan giliran ku??? :D

    ReplyDelete
  2. kereta gantunge ngeri, jarake dowo...
    Sing apik ono koyo dalan dan suasanane dibikin seperti malam hari.

    ReplyDelete
  3. @ masyhury : suatu saat..
    @ yudi : thanks
    @ pak mars : justru itu yang seru pak
    @ komuter : tinggal naek ke genteng aja. hahaha..

    ReplyDelete
  4. @jenganna : alhamdulillah lagi ada rejeki....

    ReplyDelete
  5. si gaphe bulan lalu juga jalan2 ke genting

    http://gaphebercerita.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. apakah kita bole membawa koper kita menaiki skyway tersebut ke genting?tq

    ReplyDelete
  7. mass..koq jalan2 terus toh ehehee

    ReplyDelete
  8. ikut mampir mas, makasih salam kenal

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..