18 April 2011

Over Exposure

Dalam beberapa kondisi Over Exposure (OE) dianggap sebagai cacat foto akibat pencahayaan berlebihan. Kombinasi antara bukaan diafragma dan kecepatan shutter yang tepat dapat menghindarkan hasil foto yang OE.

Over Exposure
Over Exposure adalah akibat dari banyaknya cahaya yang masuk ke kamera. Ciri-ciri foto OE dapat dikenali dengan mudah yaitu foto yang terlalu terang sehingga detail objek menurun.

 


Pemberitaan tentang artis dadakan Briptu Norman 'Chaiyya-Chaiyya' Kamaru saya anggap berlebihan terutama dari tayangan infotainmen. Dari pagi sampai siang, sore hingga malam isinya Chaiyya-Chaiyya.

Bagi sebagian orang ini adalah hiburan belaka, bagi sebagian yang lainnya akan mengakibatkan efek cepat bosan, kurang menarik seperti sebuah foto Over Exposure.

8 comments:

  1. Memang betul sob, kenapa ini terjadi? apa ada kesengajaan dari media untuk mengalihkan perhatian masyarakat? berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk menggiring opini media ini ya? jadi penasaran, tapi mungkin ini akan segera berakhir, lalu ada yang baru lagi, begitu seterusnya.. (sok tahu dot com) saya berkunjung untuk baca2..

    ReplyDelete
  2. sepertinya mengalir begitu saja, soal pembiaran dari atasan Norman mungkin saja ada misi di balik munculnya Norman tak lain tak bukan soal pencitraan kepolisian...

    ReplyDelete
  3. itu kan biasa di TV (media) Indonesia.... ngga mau cari terobosan baru, ngga mau menjadi hit maker, bisanya ngikut doang

    EM

    ReplyDelete
  4. aseeek, disini bisa ketemu guru fotografi..!

    saya kurang sering atur2 shutter speed mas, paling kalo mau foto ss aja, yg sering atur bukaannya, berasa bgt sm keadaan cahaya..

    ReplyDelete
  5. aprie, buat animasi di pojok blog itu gimana caranya ? *gak nyambung* :p

    ReplyDelete
  6. Kadang gambar yang overexposed itu disengaja dan bagus juga .. meski kebanyakan sih tidak ..

    ReplyDelete
  7. @ yudi : harus mulai belajar pake mode Manual biar lebih peka..
    @ fenty : dari javascript-nya orang Malaysia, coba cari nama Adiwidget dari blogroll-lu
    @ makan : bener tuh, tapi harus punya konsep yang matang

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..