18 June 2013

Memperkuat Sinyal Modem

Akses internet bukan menjadi barang mewah pada era teknologi seperti sekarang ini. Akses internet bisa didapat melalui modem USB yang portable. Namun apa jadinya bila akses internet terkendala oleh sinyal yang empot-empotan?

Kuat tidaknya sinyal tergantung dari beberapa faktor seperti letak geografis, jaringan provider, kemampuan modem, penghalang sinyal sepeti bangunan tinggi dan lainnya.
Nah, pengalaman saya di rumah mendapatkan sinyal yang naik-turun dengan letak geografis yang di tengah kota, padahal sebelumnya sinyalnya stabil. Mungkin karena bangunan baru bertingkat di depan rumah yang menjadi penghalang sehingga sering hanya dapat jaringan EDGE, GSM dan bahkan cuma dapat GPRS.


Mencoba mencari referensi dari mbah Google banyak cara untuk memperkuat sinyal modem, di antaranya dengan menggunakan kabel tambahan, memasang modem di tengah piringan CD/DVD bekas, menggunakan sistem parabola dengan tutup panci bekas atau yang sederhana dengan bantuan kabel.

Saya mencoba cara yang sederhana dengan melilitkan kabel tembaga di sekujur tubuh modem. Awalnya saya menggunakan kabel NYM biasa (serabut) yang penting tembaga, lalu setelah beberapa hari baru saya ganti dengan kabel NYA (kawat) tembaga. Cukup dengan kabel 1 meter dan dililitkan menutupi modem, seperti gambar di bawah.
Penguat Sinyal Modem-1
Bahan kabel NYA bisa didapatkan di sekitar kita atau beli baru Rp.3.000 per meter. Dilihat dari gambar, ujung tembaga sengaja saya biarkan berdiri layaknya antena karena..biar keren aja :) daripada repot-repot potong kabel.

Penguat Sinyal Modem-2

Setelah menggunakan trik ini hasilnya pun terbilang memuaskan dengan mendapat sinyal UMTS – HSPA, walaupun terkadang mendapat sinyal GSM tetapi hanya sesekali.

UMTS

16 comments:

  1. mantap nih caranya, bisa di coba di modem ku..
    masih ada kabel sisanya mas? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo sisanya udah dibuang..hehhehe..

      Delete
  2. Ada ketentuan ngga gan melilitkan kabelnya itu berapa kali gitu? terus misal kabelnya dikupas ada pengaruhnya apa tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak ada ketentuan teknis, secukupnya aja. Kalu bisa sih kabel ga usah dikupas, jadi ada resistornya antar kabel ga saling nyentuh. :)

      Delete
  3. Cuma perlu dililitkan doang ya?
    Patut dicoba nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dicoba, tergantung sinyal di daerah masing2 juga ya...

      Delete
  4. HAHAHAHA... keren ih. Ndang didaftarno kang, mbok menowo iso entuk NOBEL!

    ReplyDelete
  5. Ada juga yg mengubah setting di group policy (untuk windows).. tapi gak tahu ini ngaruh apa nggak, soalnya belum coba :D >> blogbisma.blogspot.com/2012/02/meningkatkan-kecepatan-koneksi-modem.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah..tambah satu nih referensinya...

      Delete
  6. Pakai aja antena out door untuk hp.

    ReplyDelete
  7. Dari sekian banyak inovasi, yang ini patut dicoba. Selain murah juga mudah. Thanks.

    ReplyDelete
  8. makasih gan,, mau tak coba di modem esia max d :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..