29 June 2013

Try To Be Cool and Smart

Membaca sebuah nama di salah satu judul dalam buku Samarinda Bekesah yang tertulis Mariatul Kibtiah membuatku mengerutkan kedua alis, sebuah nama yang asing bagiku. Namun, ketika membaca bagian akhir dari tulisan tersebut baru ngeh kalau nama tersebut merupakan si empunya pemilik nama Kaka Akin. 
 
Bagi blogger Samarinda, nama Kaka Akin bukanlah nama yang asing karena pemilik blog try2bcoolnsmart.wordpress.com ini merupakan blogger aktif baik daring maupun luring.



Baru-baru ini mbak Akin mewakili blogger Samarinda di ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 di Surakarta, Jawa Tengah. Beliau ini juga merupakan penulis di Samarinda, entah apa parameter yang sebenarnya mengenai penulis, tetapi mbak Akin sudah memiliki karya yang dipublikasikan di media massa maupun bentuk buku. Saya anggap itu sudah cukup untuk menyebutnya sebagai penulis :)
 
Pemilik blog berplatform Wordpress ini terbilang aktif update artikel di blog, tidak seperti saya yang kadang rajin kadang malas untuk update blog. Tulisan-tulisannya beragam mulai dari pengalaman pribadi, curhat colongan, hingga tulisan fiksi. Menariknya, berhubung mbak Akin merupakan penulis setiap tulisannya tak lepas dari kalimat dan kata efektif ala Bahasa Indonesia yang baik dan benar. 
 
About 
Katanya sih Perempuan Pencinta Kenangan, Penulis, suka drama Korea. foto profil sudah terpampang jelas di blog sidebar kanan.
 
Nama
Pemilihan nama 'try2bcoolnsmart' untuk alamat blog menurut saya sih terbilang panjang dan rumit, namun justru nama tersebut malah menjadi ciri khas, tagline atau apalah namanya. Lihat saja di artikel tentang ASEAN Blogger Festival Indonesia part 2, dengan baik hati mbak Akin membagikan kaus bertuliskan 'Cool 'n Smart Blogger' melalui permainan dengan sesama peserta. Eciee..ceritanya personal branding nih? #eh #uhuk

 (sumber foto : artikel ASEAN Blogger Festival part 2)
Saya masih ingat ketika bertemu pertama kali dengan mbak Akin saat kopdar blogger, "Itu masih zamannya kata-kata alay gitu jadi bikinnya ya ikutan alay," begitu ujarnya menjelaskan tentang pemilihan nama blog. 

Baju 
Menuju ke blognya, kita akan menemui tampilan yang sederhana nan minimalis khas Wordpress. Secara pribadi saya memang lebih suka dengan tampilan blog yang minimalis, gak rame, warna yang adem dan tanpa musik!.
Blog ini menggunakan 2 kolom dengan sidebar berada di kolom sebelah kanan. Konon katanya Google lebih bersahabat dengan blog yang memilki kolom artikel di sebelah kiri #CMIIW.
Mencermati halaman 'Home' akan terlihat 10 artikel yang tersusun rapi berkat bantuan page break. Pengunjung bisa membaca kalimat pembuka dari tiap artikel dan bila ingin melanjutkan membaca tinggal klik Read the full post

Performance 
Tampilan yang sederhana dan minim widget javascript membuat blog ini bisa dibuka dengan sempurna dalam hitungan beberapa detik saja. Diukur dengan GTMetrix, blog ini memiliki page load time di bawah 3 detik dengan page size 304KB! Wow, kalau punya saya sih jauh, lebih lemot.. :)

Performance Report

Kualitas 
Bicara soal kualitas, pada setiap postingannya selalu dibanjiri dengan komentar dari sahabat-sahabat yang sedang blogwalking. Menurutku ini menjadi indikator keaktifan pemilik blog dalam menjalin hubungan dengan sesama blogger. Selain itu adanya award dari sesama blogger memperkuat status pertemanan di dunia blogging.
Dari kacamata Google, blog ini memiliki Page Rank 3 dan hingga tulisan ini dibuat memiliki Traffic Rank yang cukup ramping dari Alexa yang berada di angka 526.968. 

Rank

Artikel
Sepeti yang sudah saya sebut di atas, ragam tulisan dalam blog ini adalah pengalaman pribadi, seputar lingkungan pekerjaan, curhat colongan dan tak ketinggalan cerita fiksi, tulisan yang berbau Korea juga ada. Artikel-artikel tersebut terbagi dalam 14 kategori tulisan mulai dari buku, fiksi, film hingga Korean drama serta beberapa kategori lainnya.

Sayang dalam body blog post tidak terdapat fasilitas berbagi artikel ke media sosial seperti Facebook atau Twitter untuk mempermudah membagi artikel-artikel yang menarik. Dengan kemudahan plug-in yang dimiliki oleh Wordpress, bukan hal yang sulit bila ingin menambahkan fasilitas tersebut, namun sepertinya pemilik blog ini punya alasan tersendiri.

Buat kamu yang hobi blogwalking silakan masukkan blog Kaka Akin ke dalam daftar baca (reading list) blog kamu. 
Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan



7 comments:

  1. Wow.. repiu-nya keren...
    Apalagi ada fotoku di situ :v
    Makasih ya, Mas... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih kalah keren aha sama deep reviewnya Kaka Akin..mak jleb banget :)

      Delete
  2. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  3. Owalah ini kontes. Btw diriku juga gak suka blog ada musiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku biasanya langsung Ctrl+F4

      Delete
  4. Blog Ijo, ini warna yg blog saya banget :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..