13 July 2007

Gunakan shortcut, buka program dengan cepat




Bagi Anda yang malas bolak-balik dari papan ketik (keyboard) ke tetikus (mouse), tombol shortcut adalah jawaban yang paling tepat. Dari sekian banyak shortcut, berikut ini tips sederhana membuka program-program favorit tanpa berpaling dari papan ketik. Sebagai contoh, penulis akan membuat shortcut program Microsoft Excel.




1. Klik Start-All Programs-Microsoft Office, klik kanan di menu Microsoft Excel lalu klik Properties





2. Pada menu tab Shortcut, klik kolom Shortcut key lalu tekan kombinasi tombol di keyboard yang akan dijadikan tombol pintas. Dalam hal ini penulis menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Alt+X, lalu klik OK.





Nah, shortcut key siap digunakan untuk membuka program sehari-hari. Langkah ini efektif digunakan untuk memanggil program yang letak file-nya memerlukan banyak klik di Start Menu, seperti fasilitas Kalkulator atau Notepad di menu Accessories.
Saat ini penulis menggunakan tombol Ctrl+Alt+W untuk membuka Microsoft Word, Ctrl+Alt+C untuk membuka fasilitas Calculator, Ctrl+Alt+P untuk membuka Adobe Photoshop, Ctrl+Shift+A untuk membuka AutoCAD dan Ctrl+Alt+I untuk membuka browser Internet Explorer.
Selamat mencoba!

1 comment:

  1. sederhana sii,, tapi cukup memberi informasi lahh.. hehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..