10 November 2009

Siapa Pahlawanmu?

Lebih Hafal Nama Pemain MU Daripada Nama Pahlawan Nasional

Sebuah cerita ketika Jojon (bukan nama sebenarnya) diharuskan menjawab pertanyaan tentang starting eleven tim kesayangannya, MU dia dengan lancar menyebutkan nama Edwin Van Der Saar, Ryan Giggs hingga Rooney. Tak berbeda dengan Boni (botak ni ye..) ketika dihadapkan dengan pertanyaan yang sama seputar tim kesayangannya Real Madrid, tak satupun yang terlewatkan di jawabannya mulai dari Xabi Alonso, hingga CR9 yang sedang cedera.

Namun, keduanya tak sanggup menjawab dengan sempurna ketika ditanya 10 nama pahlawan nasional. Sebuah kondisi yang sudah dapat diduga – dan sangat disayangkan – bila anak muda generasi sekarang melupakannya. Lalu, apakah yang dilakukan saat 10 Nopember? Upacara..!! Ya, mungkin tanggal 10 Nopember tak lebih dari upacara bendera sebagai simbolis – yang katanya – untuk mengenang jasa pahlawan di masa perjuangan kemerdekaan.

tendangan maut
Tulisan ini hanyalah sebagai cerminan kondisi sekarang, bukan bermaksud menggurui dan menghakimi bagi mereka yang melupakan arti 10 Nopember karena saya sendiri tidaklah sempurna, tidaklah patriotis dan tidak hapal seluruh nama pahlawan nasional. Beruntung, Departemen Perhubungan menyematkan nama pahlawan nasional sebagai nama jalan utama. Mungkin generasi berikutnya akan asing dengan nama Jenderal Sudirman, Dr. Sutomo, Imam Bonjol dan nama-nama lainnya bila nama-nama tersebut tak tersemat sebagai nama jalan utama atau tidak tercetak di lembaran uang Rupiah.

15 comments:

  1. merdekaa... memang kondisi sekarang lumayan seperti itu....

    ReplyDelete
  2. iya, miris melihatnya...
    meski Nilai yang terkandung dalam 10 nepember itu gak cuman hafal nama-nama Pahlawan saja..

    ReplyDelete
  3. lama2 nama jalan akan diganti dengan istilah2 internet. jalan pesbuk, jalan tuiter :((

    ReplyDelete
  4. @ Piyen : merdeka

    @ Bandit : setuju banget deh..

    @ sibaho : wah jangan sampe deh kalo yang itu..

    ReplyDelete
  5. wah, unda gin kaytu wal, mun ditanya nama² pahlawan kda teingat lagi dah, maklumlah kda pernah belajar lagi soalnya :h:

    ReplyDelete
  6. weiss... menggunakan dengan baik writere.. hahahaha

    ReplyDelete
  7. @ yoyo : huah, ikam sama haja..
    :j:

    @ Bre : masih banyak kekurangannya..
    di writer ga bisa ngeset paragraf n spasi je..
    piye yo..

    ReplyDelete
  8. Sama ,,
    kalau nama pemain bola atau nama penyanyi luar aku hafal,,
    tapi nama pahlawan sendiri gak kenal,,
    dasar nggak tau diri ya,,

    ReplyDelete
  9. @ putra :
    wah..wah..wah..sama dunk kaya aku
    hehehe...
    :d:

    ReplyDelete
  10. pahlawan saya? hmmm.. Bapak ibu saya dunk :f:

    ReplyDelete
  11. kebetulan nama jalan dirumah saya H. Agus Salim...pahlawan juga kan??... :e:

    ReplyDelete
  12. itulah mungkin yang namanya disgradia, melupakan sejarah pendahulunya

    semoga generasi muda sekarang tidak lama2 lupa para pejuangnya :h:

    ReplyDelete
  13. jadi pingin tebak tebakan...
    siapa yang masih TAU tentang Tan Malaka???
    hehehehee....soalnya aku pikir, pahlawan sebesar dia saja sudah hampir terlupakan. Tan Malaka lah yang pertama kali membuat konsep tentang adanya Negara Republik Indonesia!!!
    habat gak tuh???

    aku aja baru tau!
    hiihiiiiiihiihihihihi.....

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..