21 November 2009

Penyakit Samarinda Pindah ke Jakarta

Sebulan yang lalu saya berkesempatan liburan ke Jakarta selama 2 hari 3 malam. Melihat secara langsung geliat Jakarta yang sudah lama tidak saya jumpai sejak meninggalkan Jakarta beberapa tahun yang lalu. Macet, antri, bau knalpot busway adalah sebagian kecil ornamen kota Jakarta. Jakarta, tempat yang salah untuk berlibur.


Ada satu hal baru di Jakarta, dari kamar 685 hotel Sahid Jaya, Jakarta sesaat gelap di malam hari. Gelap gulita tanpa lampu. Reflek, saya melihat ke arah luar dan gedung-gedung lainnya gelap gulita. Tak lama, lampu kamar kembali menyala. Entah PLN nyala kembali ataukah listrik dari genset.


Belakangan ini Jakarta dilanda krisis listrik gara-gara gardu induk di Cawang tak beroperasi karena terbakar akhir September lalu. Krisis listrik! kondisi yang pernah melanda Samarinda. Di Samarinda, ‘penyakit’ ini mengakibatkan pemadaman bergilir hingga hampir tiap hari. Beberapa bulan berselang krisis listrik mulai berkurang sejak penyelenggaraan PON XVII Kalitm 2008 lalu. Bahkan selama penyelenggaraan PON, listrik di Samarinda tak pernah padam untuk mendukung pelaksanaan PON XVII Kaltim. (Ya iyalah, kan lagi ada tamu, bikin malu aja kalo sering mati lampu)


Penjual lilin, lampu minyak, lampu emergency, hingga genset bernilai ratusan ribu hingga belasan juta Rupiah habis diserbu warga sebagai alternatif untuk menyediakan penerangan rumah tangga. Akankah kita kembali ke jaman gelap-gulita?

13 comments:

  1. Kalo itu penyakitnya PLN :D

    Eh gimana ya cara buat emoticon kayak gitu, Ajarin dong :j:

    ReplyDelete
  2. bubarkan saja PLN!!!
    Perusahaan Lilin Negara kan???
    kita gak butuh PLN. lilin mah bisa dibeli di warung-warung kecil sebelah rumah.

    masa kita disuruh balik lagi ke jaman purbakala ketika tidak ada listrik??
    pemerintah juga diam aja. sebel kan???

    ReplyDelete
  3. bentar dulu kok emoticonnya bisa tridi gitu seh? lucu deh wkwkkwkkwk

    ReplyDelete
  4. gaya rek yg baru dari jakarta ...

    ReplyDelete
  5. wakakaka..
    begitulah jakarta..

    :j: :i:

    ReplyDelete
  6. Wah, baru tau ya mas..skrg diseluruh penjuru tanah air Indonesia selalu ad peristiwa mati lampu. Emank sih PLN dah mencobamengganti sistem pemadaman bergilir menjadi penyalaan bergilir..

    ReplyDelete
  7. untunglah sekarang ini "penyakit" PLN gak kambuh lagi di Samarinda, klo gak... bisa nombok terus nih usaha unda :d:

    ReplyDelete
  8. dan sekarang ada di Surabaya juga :i:

    eh aku bari ngerti lek ono emo upin ipin nang kene, hahahahaha

    ReplyDelete
  9. sama aja dengan saya di bekasi pur ..listrik sering mati ..
    sebel rasanya, listrik sering mati, tapi tagihan teteeppp gak boleh telat .. kl telat, lgsg segel ..

    Cara Membuat Web

    ReplyDelete
  10. @ orang pinggir hutan :
    lain, masih orang jawa tapi kesasar di samarinda.
    lam kenal..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..