07 September 2011

Kritik Untuk Tayangan Bola SCTV

Lihat pertandingan sepak bola semalam? Seru bukan!! Berbagai cerita mewarnai di balik pertandingan antara Indonesia vs Bahrain semalam, dimulai dari saluran SCTV yang hilang 30 menit sebelum pertandingan (TV kabelnya lagi iseng!), pelemparan petasan, hingga berbagai status omelan di Facebook menandakan ketidakpuasannya. 

Terlepas dari hasil pertandingan semalam, ada hal yang menurut saya kurang sreg saat menikmati tayangan bola : kamera!! Saya perhatikan sejak pertandingan Indonesia melawan Palestina beberapa waktu lalu kok ya penyajian gambarnya kurang sip. Berbeda dengan penyajian tayangan bola ISL atau piala AFF. 

Beda gimana? Gambar sering ga fokus, over zoom hingga operator telat mengganti gambar ke kamera lain. Selain itu kamera juga sering kehilangan bola, telat ngikutin arah bola- mungkin karena efek over zoom tadi. Saya pikir perlu kerjasama yang bagus antara kameraman dengan operator relay

Di samping ketidaknyamanan tadi, jarak kamera pandangan atas-samping sudah cukup dan seperti yang ada di pertandingan-pertandingan bola lainnya, selalu ada wajah cantik nan bening penonton yang masuk TV! Ini hanya pandangan dari suporter biasa, bukan pengamat broadcaster. Saya ini kan termasuk kelompencapir (kelompok pencela dan pencibir).
Semoga tayangan berikutnya lebih nyaman ditonton, tak hanya penyajian pertandingannya namun hasil pertandingannya juga.

5 comments:

  1. Dalam hal teknik tayanganpun kita amat kalah jauh dengan negara lain

    ReplyDelete
  2. seringnya di liatin cewek2 cantik.
    kameramennya jeli bgt ya :)

    ReplyDelete
  3. wah gimana ya endonesia ini, nonton saja masih suka berantem, broadcat salah, gimana yang main ya... :)

    ReplyDelete
  4. @piyen : bapak2 juga cari yang bening2 kok
    @pak mars : beda jauh pak ai..
    @melly : yang bening2 biasanya gampang terdeteksi :p
    @ So Yeon : ya seperti yang kita liat.. kadang bagus kadang jeblok..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..