07 January 2012

Air Terjun Tanah Merah Yang Tak Terawat

Kaki yang gemar jalan-jalan ini telah menikmati beberapa objek wisata di dalam dan luar negeri, tapi tak adil rasanya bila tak ada satupun artikel jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di Samarinda.

Pilihan tempat wisata di Samarinda bisa dikatakan terbatas, setidaknya ada Kebun Raya, Air Terjun atau Desa Pampang. Ketiga tempat wisata tersebut menjadi rujukan objek wisata bagi wisata dari luar daerah Samarinda, namun kali ini kita mulai dari Air Terjun Tanah Merah Samarinda.

Air Terjun Tanah Merah

Objek wisata Air Terjun Tanah Merah Samarinda terletak di daerah jalan poros Samarinda – Bontang di Kelurahan Tanah Merah, sekitar 15 Km dari Samarinda. Untuk mencapai tempat wisata ini sebenarnya ada angkutan umum trayek Pasar Segiri – Sungai Siring, namun akan lebih nyaman bila menggunakan kendaraan pribadi mobil/motor karena dari jalan utama tempat ini masih masuk 1,5 Km lagi.

Biaya retribusi di tempat wisata ini sebesar Rp. 5.000 untuk dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak. Belum biaya parkir mobil/motor.

Bila mengharapkan sebuah air terjun yang mengalir dari tebing tinggi tentu Anda salah alamat karena air terjun di tempat wisata ini mengalir cuma dari ketinggian sekitar 5 meter. Kedalaman di sekitar air terjun ini sekitar 5-7meter, namun jangan coba-coba untuk mandi di air terjun ini karena hingga sekarang sudah terdapat 12 korban tewas tenggelam di air terjun ini.

Tak Terawat
Kesan tak terawat sudah biasa dijumpai ketika mendekati gerbang retribusi tiket. Di sebelah kanan jalan terdapat beberapa fasilitas wisata seperti taman rekreasi yang sudah tak menyerupai taman rekreasi. Jalan akses aspal pun tidak sampai di pintu gerbang retribusi.

Dari gerbang retribusi air terjun masih 500 meter, sebelum mencapai tempat parkir pengunjung akan melalui jalan berbatu yang di sekitarnya masih terdapat kebun dan rumah penduduk. Dari sini kita bisa menilai potensi wisata yang kurang mendapat perhatian yang maksimal dai pihak terkait.

Di bagian dalam daerah air terjun terdapat rumah panggung untuk bersantai, bangku taman serta gazebo. Namun sayang gazebo yang tersedia kondisinya bisa dibilang tak layak, selain kotor karena coretan tangan iseng kondisi fisiknya beberapa diantaranya terdapat kerusakan. Kesan tak terawat semakin jelas saat melihat tangga naik yang dipenuhi dengan dedaunan. Beberapa kali saya ke sini tidak pernah menjumpai petugas kebersihan.

Tempat Pacaran
Anda melihat beberapa pasangan masuk ke tempat wisata namun tak kunjung bertemu dengan mereka di tempat yang sempit ini? Mereka mojok! Bila ingin sedikit repot, naik ke puncak bukit dan akan menemukan jalan masuk menuju rerimbunan. Di dalam sana memang tak ada tempat yang menarik karena hanya terdapat pohon-pohon dan bekas warung/bangku yang sudah ditinggalkan. Di dalam sini saya tak menemukan orang yang berpacaran, tapi pernah berpapasan dengan pasangan yang meninggalkan tempat ini, serta beberapa sampah makanan/minuman yang saya perkirakan belum lama ditinggalkan.
Air Terjun Tanah Merah_2
Kesimpulan
Bila Anda mampir ke Samarinda bolehlah ke tempat ini di samping Kebun Raya Unmul dan Desa Pampang sekedar memenuhi penasaran. Campur tangan pihak terkait perlu dimaksimalkan untuk pembenahan sehingga potensi wisata di Air Terjun ini bisa maksimal.
Selamat berlibur….

16 comments:

  1. karo tawang mangu apik..endi..om....

    ReplyDelete
  2. @Fajar : ya masih bagusan tawangmangu

    ReplyDelete
  3. pas aku foto pake efek kemerahan itu, jadi bener2 keliatan merah. eh iya, beneran, cuma dibuat orang pacaran doang xD

    http://blog.fentyfahmi.net/2008/12/oleh-oleh-dari-kalimantan-timur-2.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo..jauh2 dari surabaya pacaran di sini ya...hehee

      Delete
  4. sungguh menyayangkan sekali bila salah satu potensi wisata liburan di Samarinda, sampai tidak terawat seperti itu.

    Kemana yah peran Dinas Pariwisata nya?? apakah pada tidur dengan menikmati fasilitas yang ada *UUppss

    salam kenal dari Blogger Samarinda

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas..yuk ah pada ngumpul blogger Samarinda

      Delete
  5. saya justru belum ada kesempatan mengunjungi air terjun itu..
    pernah ada rencana kesana untuk hunting, eh terhalang cuaca...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. musim hujan gini emang harus pinter2..di kota cerah, bisa saja di Tanah Merah hujan

      Delete
  6. selamat atas kemenang di kontes seger

    ReplyDelete
  7. Di Jombang juga ada, namanya air terjun Pengajaran. Dulu sering digunakan anak-anak pramuka untuk penjelajahan alam. Sekarang sepertinya kalah tenar dengan air terjun milik tetangga sebelah, air terjun Pacet, Mojokerto.

    ReplyDelete
  8. Wah itu sayang banget ada coretan2 yang mengganggu pemandangan... :(

    ReplyDelete
  9. Baru tau ada objek wisata ini di Samarinda. Thanks infonya...dan tipikal sekali ya, tempat wisata di Kalimantan itu, tanpa perawatan =(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ada sejak lama, dan jika terkesan tanpa perawatan memang sangat disayangkan. Dukungan dari pemerintah pun sekadarnya..

      Delete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..