03 January 2012

5 Tips Unggah Foto ke Facebook

facebook-logoSalah satu fasilitas yang diberikan jejaring sosial terpopuler saat ini, Facebook adalah pamer foto. Foto pribadi, foto tamasya, foto pemandangan atau foto apapun. Namun untuk kenyamanan bersama mengunggah foto juga perlu etika.

  1. Setor Foto
    Sebelum memutuskan untuk mengunggah foto, sadarlah bahwa foto yang sudah diunggah akan tersimpan di server. Sekalipun nantinya foto-foto tersebut dihapus dari album Facebook, foto-foto tersebut sejatinya masih ada.
  2. Kredibilitas
    Pikirkan kredibilitas kamu ketika mengunggah foto-foto sensitif seperti foto saat dugem, foto bersama gadis-gadis cantik nan seksi atau foto memegang rokok, botol minuman keras atau sejenisnya walaupun hanya sebagai aksi iseng. Terlebih bila yang di foto itu ada beberapa teman yang mungkin belum tentu setuju fotonya diunggah ke publik.
  3. Watermark
    Berkenaan dengan hak cipta, tak ada salahnya membubuhkan nama untuk menghindari pemakaian foto tanpa ijin. Letakkan watermark di tempat strategis tanpa mengganggu pemandangan misalnya di tengah foto atau ditambah dengan efek transparansi.
  4. Ukuran
    Perkecil ukuran foto baik dimensinya maupun resolusinya. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat menggunggah/melihat foto ketika memiliki koneksi yang pas-pasan. Toh yang diunggah adalah foto biasa yang tidak mementingkan detail foto, terkecuali untuk foto produk, foto contoh, portofolio atau foto yang berhubungan dengan klien.
  5. Menandai
    Jangan sembarangan menandai foto (tag) bersama teman karena belum tentu mereka merasa nyaman terlebih untuk foto-foto yang berhubungan dengan kredibilitas seperti dijelaskan di atas. Pilih teman yang memang benar-benar dikenal dan cantumkan pula tulisan “Feel free to remove photo tag” atau semacamnya.

3 comments:

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..