30 January 2012

Tips Berkendara Saat Hujan

Musim penghujan masih berlangsung, bagi pengendara roda dua hendaknya waspada bila berkendara di tengah guyuran hujan. Berikut tips-nya :

hujan

  1. Pakai pelindung hujan (jas hujan), berkendara dengan kondisi badan basah dapat mengurangi konsentrasi dan membuat terburu-buru, memacu kendaraan lebih cepat yang justru akan membahayakan pengendara.
  2. Pilih jas hujan yang aman, jas hujan model setelan baju-celana lebih direkomendasikan. Namun bila menggunakan jas hujan model Batman pastikan tidak menutupi lampu depan, lampu sein atau lampu rem. Pastikan juga bagian belakang jas tidak melambai dan menutupi pandangan belakang di kaca spion.
  3. Jaga jarak dan kecepatan, kondisi jalanan basah akan membuat kemampuan cengkraman ban berkurang yang mengakibatkan risiko selip menjadi lebih besar. Selain itu saat hujan proses pengereman juga akan membutuhkan jarak yang lebih jauh, untuk itu pastikan jarak aman saat berkendara di bawah guyuran hujan.
  4. Light On, nyalakan lampu utama agar posisi kendaraan mudah terlihat oleh pengandara lain.
  5. Hormati pengendara lain terutama saat melintas di genangan air. Kurangi kecepatan saat melintas di genangan air, cipratan air akan mengena ke pengendara lainnya baik yang berlawanan arah atau searah dengan kita.
  6. Jangan mengangkat kaki naik ke blok mesin atau sejenisnya, posisikan kaki tetap di pedal rem dan persneling agar tidak kehilangan reflek/respon ketika akan melakukan pengereman mendadak.
  7. Jangan memaksakan diri menembus lebatnya hujan jika tidak memungkinkan terlebih bila hujan disertai angin kencang. Hujan lebat akan membuat jarak pandang berkurang dan angin akan membahayakan pengendara saat angin datang secara tiba-tiba dari samping. Untuk itu luangkan waktu sejenak untuk berteduh menunggu intensitas hujan berkurang.

Tips asli dari yang punya blog, semoga bermanfaat.

7 comments:

  1. wuis..tipe..okeh..tenan.. tapi enak je om..yen numpak motor udan..udan boncengan wong loro..dikekep..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman pribadi jadinya banyak..nek udan2 boncengan karo jethen yo enake malah udan2an..podho2 teles :p

      Delete
  2. Wah, akhir2 ini emang lagi musim hujan yaa sob, tipsnya membantu bangget nih.. Joss! :D

    ReplyDelete
  3. kebanyakn dari kita malah ingin menerobos lebat hujan,tapi kagak tahu dampak'a negatif & positif dari itu semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga menjadi lebih sadar tentang keselamatan...

      Delete

Silakan berkomentar...yang pake akun obat-obat gitu jangan nyepam ya...

Komentar tidak dimoderasi tetapi memerlukan verifikasi kata.

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..