11 March 2013

Nyepi, Earth Hour ala Bali

Besok, 12 Maret 2013 umat Hindu merayakan hari raya keagamaan Nyepi. Disadur dari Wikipedia, Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi.

Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi, Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional pun tutup, namun tidak untuk rumah sakit.




Pada hari Nyepi umat Hindu melaksanakan "Catur Brata" Penyepian yang terdiri dari amati geni (tiada berapi-api/tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

Berkaitan dengan kampanye Earth Hour yang tidak lama lagi, aktivitas Nyepi tentu saja memberikan kontribusi yang tidak sedikit untuk lingkungan. Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelungan dan Amati Lelenguan berarti dapat  menghemat konsumsi listrik, pengurangan gas buang dari kendaraan bermotor dan mesin produksi serta pengurangan sampah terbuang yang kurang bersahabat dengan alam.

Masyarakat umum bisa melakukan hal yang serupa pada 23 Maret 2013 nanti yaitu kampanye mematikan lampu penerangan selama 60 menit mulai pukul 20.30 - 21.30 waktu setempat. Lebih dari itu, kampanye Earth Hour ini bisa dijadikan gaya hidup yang akan memberikan kontribusi yang lebih maksimal.


5 comments:

  1. sayangnya cuma di Bali, disini mah rame dahsyat, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas karena mayoritas penduduk Bali beragama Hindu...

      Delete
  2. Saya orang Bali dan bener2 ngerasain manfaat Nyepi ini :) tadi pagi, udara sangat bersih bahkan di pusat kota sekalipun yang biasanya penuh dengan polusi.. pernah kebayang, gimana kalau Nyepi ini menjadi tradisi tahunan yang dilaksanakan di seluruh dunia, mungkin semesta akan bisa bernafas lega ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..tradisi yang akan mendunia. Denger2 tradisi Nyepi malah menjadi daya tarik wisatawan luar di Bali..

      Delete
  3. halo kak, terima kasih atas tulisannya tentang Earth Hour. Sebagai wujud apresiasi, kami siapkan souvenir untuk 50 orang pertama yang repost artikel ini ke blog kami earthour.wwf.or.id/blog.php, jangan lupa cantumkan alamat email ya kak.

    terima kasih
    Salam KolaborAKSI

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..