23 December 2013

10 'Dosa' Penumpang Pesawat

Tahun segera berganti liburan telah menanti. Transportasi udara masih menjadi pilihan utama menuju tempat favorit, beragam perilaku penumpang pesawat banyak dijumpai. Seperti apa mereka? Berikut daftar 'dosa' penumpang pesawat versi saya. 

Penumpang Pesawat

1. Banyak Barang Bawaan
Melakukan perjalanan dengan transportasi umum hendaknya dibuat nyaman. Membawa barang banyak tentu akan merepotkan terlebih barang tersebut dibawa ke dalam kabin. Semakin banyak barang tentengan, akan semakin repot dan membuat pengawasan semakin lemah. Hal tersebut memperbesar kemungkinan barang akan hilang atau teringgal.
Perhatikan pula kebijakan berat bagasi gratis yang diizinkan pada maskapai yang digunakan. Sebagai contoh bagasi Lion Air yang dulu 20 kg kini hanya 15 kg yang diizinkan, selebihnya akan dikenakan biaya over weight

2. Tidak Memperhatikan Boarding Call
Menunggu kadang menjadi aktivitas yang membosankan, untuk membunuhnya bermain gadget bisa mengalihkan perhatian. Namun, keasikan main gadget atau keasikan ngobrol jangan sampai melewatkan boarding call. Tidak jarang petugas airline dibuat repot mencari penumpang terdaftar yang belum naik pesawat karena penumpang yang bersangkutan tidak mendengar bording call hingga panggilan terakhir. 

3. Naik Pesawat Melalui Pintu yang Salah
Bila mendapat nomor kursi 1-15 masuklah melalui pintu depan, untuk nomor selanjutnya masuklah melalui pintu belakang. Maksudnya adalah agar tidak terjadi penumpukkan dan kemacetan penumpang di lorong kabin. Bisa kebayang kan kalau penumpang nomor kursi depan masuk dari belakang dan sebaliknya, yang pasti bikin pramugarinya bete. Ini berlaku jika akses masuk pesawat dibuka 2 pintu masuk ya.

4. Salah Masuk Pesawat
Hal ini sepertinya tidak masuk akal, tapi bukan tidak mungkin akan ada penumpang salah jurusan di dalam pesawat. Teman saya pernah mengalaminya saat hendak menuju ke Balikpapan ternyata masuk ke pesawat tujuan Batam.
Ada lagi, penumpang rute Kuala Lumpur-Solo masuk ke pesawat rute Kuala Lumpur-Balikpapan. Gak mau kan disorakin penumpang seisi pesawat..
Besar kemungkinan hal ini terjadi karena salah memasuki gate atau tidak memperhatikan petunjuk saat keluar dari area tunggu menuju ke parkiran pesawat (akses tanpa garbarata).

5. Asal Duduk Tanpa Melihat Nomor Kursi
Mungkin ada yang beranggapan, "yang penting sama-sama dapat tempat duduk". Tahukah kamu ada beberapa penumpang yang sengaja memilih tempat duduk favoritnya? misalnya kursi di dekat jendela (kursi A dan E).
Duduklah sesuai dengan jatahmu, jika menghendaki tempat duduk tertentu atau menghindari tempat duduk dekat pintu darurat ada baiknya memesan kepada petugas check-in. Pada umumnya penumpang bisa memilih tempat duduk favorit selama masih tersedia tanpa biaya tambahan, kecuali beberapa maskapai tertentu yang mengenakan tarif untuk pemesanan kursi.

6. Tidak Memperhatikan Pramugari
Sebelum tinggal landas biasanya pramugari memeragakan prosedur keselamatan penerbangan (safety demo) bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Entah karena sudah hapal atau bosan dengan 'tarian' pramugari, beberapa penumpang memilih tak memperhatikannya. Padahal hal ini sangat penting untuk selalu mengedukasi dan mengingatkan kita hal-hal apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi kecelakaan misalnya.
Pada beberapa maskapai dan tipe pesawat tertentu, instruksi keselamatan penerbangan diperagakan oleh pramugari dalam bentuk animasi atau video.
Hal ini juga berlaku untuk kartu petunjuk keselamatan penerbangan yang biasanya diletakkan di depan kursi. Luangkan aktu sebentar untuk mempelajarinya.

First Class
Pada beberapa tipe pesawat, safety demo disajikan melalui video

7. Melepas Sabuk Pengaman
Meski lampu mengenakan sabuk pengaman telah dipadamkan, sangat dianjurkan tetap mengenakannya kecuali ada kepentingan tertentu. Ada kalanya pesawat mengalami guncangan secara tiba-tiba. Jadi, walau lampu tanda seat belt sudah dimatikan tidak ada salahnya tetap mengenakannya.

8. Tidak Mematikan Ponsel
Yang ini sudah jelas dilarang tetapi masih banyak yang tak memedulikannya. Pada ponsel terkini sudah ada Flight Mode, namun apakah ini efektif? Bagaimana bila penumpang tersebut beralasan sudah menggunakan Flight Mode tetapi pada kenyataannya masih sibuk  ber-SMS? Lagi pula dalam peraturannya sudah jelas, dilarang menghidupkan ponsel. Ya, ponsel! 

Peraturan Keselamatan Penerbangan
peringatan ini bisa ditemui di setiap tempat duduk

9. Bergegas Berdiri
Setelah mendarat, pramugari akan mengintruksikan untuk tetap duduk sebelum pesawat benar-benar berhenti parkir. Dalam kenyataannya, beberapa penumpang tidak sabar dengan buru-buru membuka seat belt dan berdiri untuk mengambil bagasi kabin. Padahal dalam keadaan pesawat masih melaju dan apabila berhenti mendadak tentu akan berpotensi mencelakakan penumpang.

10. Menelepon di Dalam Pesawat
Pernah lihat kan penumpang di sekitar tempat duduk kita mengaktifkan ponsel dan menelepon seseorang sesaat setelah mendarat? Selain berpotensi mengganggu  komunikasi pilot dengan petugas ATC, hal ini juga kadang mengganggu penumpang yang lainnya terlebih bila menelepon dengan suara yang lantang. Jadi sabar, tunggu sampai keluar pesawat.

Nah, pernah menemukan penumpang pesawat yang seperti ini? Atau kamu termasuk di dalamnnya? Tenang, saya juga (pernah) termasuk di dalamnya kok :)

25 comments:

  1. Kumplit bener nih ulasannya. Pasti sering lirak-lirik ya pas di bandara... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalo ada yang bening pasti lirik2 tuh..
      wahahaha....

      Delete
  2. Apa di Indonesia perlu ada kursus jadi penumpang pesawat, ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi penumpang pesaat itu kayak jadi blogger...ntar juga bisa sendiri :)

      Delete
  3. wah bener nih. untungnya aku gak pernah melakukan dosa itu semua. haha
    selalu menyimak yang dikatakan pramugari. melihat mukanya aja sih sebenarnya. haha

    kalau ada waktu, main ke blogku juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu sih ngemodusin pramugarinya...

      Delete
  4. Siap mas. Wis tak woco kabeh. Mugo2 mugo ndang iso numpak pesawat tenanan ki. bingung golek barengan..

    ReplyDelete
  5. Tambah siji, salah melbu gerbong mergo kulino numpak sepur :D

    ReplyDelete
  6. Pasti kepo nih sama penumpang yang lain jadinya hafal sekali :p

    ReplyDelete
  7. untung jarang naik pesawat. tp makasih yaa infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, yang jarang ini bisa jadi.. :)

      Delete
  8. hehe... kayaknya banyak yang kesindir nih, tiap kali naik pesawat kayaknya ada aja penumpang yang ngelanggar seperti yang dibahas.
    Thanks udah diingatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, namanya juga penumpang..ada yang lupa ada pula yang menyepelekan. Di situlah peran pramugari untuk mengingatkan..

      Delete
  9. kenapa ya kok bagasi dikurangin gitu. 20 jadi 15.
    sampai saat ini kalo internasional tetep 30 kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah mbak untuk efisiensi kayanya, maklum harga minyak dan nilai tukar Rupiah kan lagi terpuruk.
      Free bagasi dari 20 ke 15 Kg khusus domestik aja, untuk rute internasional mahal kurang paham. Bisa dilihat di tiketnya biasanya ada syarat dan ketentuannya. :)

      Delete
  10. Dija belom pernah naik pesawat Om...

    ReplyDelete
  11. wah, begitu ya? terimakasih banyak semoga bisa saya praktekkan aamiin.

    Salam dari Temanggung

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat ya..
      Terima kasih sudah mampir.. :)

      Delete
  12. Berhubung saya jarang naik pesawat, jadi dosa saya kecil dong. hehehe

    ReplyDelete
  13. sumpah mas saya memperhatikan pramugarinya koq, dan gk cuma saat safety demo aja :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..