11 January 2013

Pilih Tempat Duduk Favoritmu di Pesawat

Ketika melakukan perjalanan udara dengan pesawat terbang, saat check-in penumpang diberikan boarding pass yang berisikan nomor kursi di dalam kabin pesawat. Tidak jarang kursi yang kita dapatkan tidak sesuai dengan keinginan karena beberapa hal seperti jauh dari lavatory, jauh dari pintu keluar, berada di tengah atau karena alasan lainnya.

Untuk menyiasatinya kita bisa memilih posisi tempat duduk yang sesuai dengan keinginan saat mendaftar di check-in counter. Bila ingin menikmati pemandangan awan dan biru langit pesan saja kursi dekat jendela (kolom A atau F), bila tak ingin repot saat menuju ke toilet pesan kursi di lorong (kolom C atau D).

Bila ingin mendapatkan ruang gerak kaki yang lebih leluasa, pilih saja kursi baris paling depan.atau di kursi baris pintu darurat.

jendela

Sampai saat ini, penumpang tidak dilarang untuk memilih tempat duduk di pesawat dan tidak dikenakan biaya tambahan kecuali maskapai Air Asia dan Citilink (?)

Tingkat Keselamatan

Tahukah kamu bahwa pemilihan kursi duduk di pesawat dapat menentukan hidup dan mati? Walaupun tidak semua para ahli setuju, namun memilih duduk di kursi bagian belakang dapat meningkatkan tingkat keselamatan penumpang saat terjadi kecelakaan pesawat.

Seperti dikemukakan dalam tayangan Air Crash Investigation : Typhoon Takeoff bahwa tingkat keselamatan penumpang saat terjadi kecelakaan pesawat yang duduk di bagian belakang sebesar 69%, yang duduk di bagian tengah 54% dan yang duduk di bagian depan 49%.

Tentu saja, ini bukan soal takdir yang sudah diatur oleh Dia. Ini hanya angka harapan hidup saat terjadi kecelakaan.

Karena alasan kenyamanan, saya biasanya memilih tempat duduk dekat jendela agar sesekali bisa melihat indahnya cakrawala. Kecuali untuk penerbangan malam, apa yang bisa dinikmati di luar jendela? Nah, di mana letak kursi favorit kamu?

7 comments:

  1. sya palong favorit duduk di cendela juga sob pokoknya suka bnget dech,,, heheee

    ReplyDelete
  2. saya suka duduk di deket jendela biar bisa liat bawah lawit :D

    ReplyDelete
  3. kasih tahu enggak ya.. ehm.. kasih tahu..deh.. dekat lorong..om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..pasti gara2 pramugarinya nih...

      Delete
  4. suka duduk di tengah2 pas ujung dekat jendela biar bisa liat pemandangan.. :D

    Salam Satu Hati. Ikuti Blog Writing Contest. Ceritakan pengalamanmu menggunakan Honda, Hadiah Menarik menunggu anda. Info lengkap klik:

    http://www.satuhatikaltim.com/berita-2506-kontes-blog-berhadiah-writing-contest.html

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..