28 May 2012

Air Crash Investigation

Setiap ada sebuah kecelakaan pesawat baik dalam negeri maupun di luar negeri, pikiran saya langsung tertuju kepada Air Crash Investigation. Seperti kejadian kecelakaan pesawat komersil Sukhoi Superjet 100 beberapa waktu lalu, mengingatkanku akan kecelakaan pesawat Japan Airlnes 123 yang menabrak bukit. 

Air Crash Investigation
Air Crash Investigation

Apa itu Air Crash Investigation? Air Crash Investigation adalah tayangan dari National Geographic Channel yg mengupas tuntas penyebab sebuah kecelakaan penerbangan berdasarkan wawancara saksi mata, korban yang selamat, data percakapan, data penerbangan, data National Transportation Safety Board (NTSB- KNKT level internasional) dan sumber lain yang terpercaya. 

Air Crash Investigation memaparkan hasil investigasi sebuah kecelakaan pesawat baik penerbangan rute domestik maupun penerbangan rute internasional. Penyebab kecelakaan pesawat yang sudah terjadi disebabkan antara lain karena human error, engine failure, cuaca, pembajakan hingga penembakan pesawat oleh pihak militer. Tidak semua insiden berakhir dengan kecelakaan tragis beberapa di antaranya dapat mendarat darurat dengan selamat.

Air Crash Investigation telah merilis hasil investigasi kecelakaan-kecelakaan penerbangan seperti Concorde Air France, Japan Airline, Silk Air, United Airlines, Swiss Air, British Airways hingga kecelakaan maskapai Indonesia Adam Air. 
Bisa membayangkan pesawat berpenumpang dikemudikan oleh anak kecil?, mesin pesawat kena abu vulkanik, mesin mati karena kehabisan bahan bakar kesalahan prosedur perawatan, tabrakan pesawat di udara, hingga menabrak bukit seperti Shukoi SupeJet 100 kemaren itu. 

Dengan bantuan animasi komputer simulator dan rekonstruksi yang diperankan oleh model, detik-detik menjelang kecelakaan bisa disimulasikan sehingga seolah-olah kita bisa menyaksikan kejadiannya langsung di tempat kejadian. 

Manfaat nonton tayangan ini jadi lebih tahu tentang dunia penerbangan, prosedur keselamatan penerbangan, what do's and don'ts. Modal kecil untuk terbang aman dengan pesawat. Efek samping nonton Air Crash Investigation, dalam tingkat ekstrim bisa takut terbang. Jangan nonton tayangan ini bila punya jadwal terbang dalam kurun waktu 24 jam! 

Secara tidak langsung kecelakaan-kecelakaan penerbangan di masa lampau turut andil dalam memberikan keselamatan penerbangan di masa kini melalui prosedur keselamatan dan perlengkapan yang telah diperbaharui. 

Tayangan reguler Air Crash Investigation bisa dilihat di saluran National Geographic Channel, kalo ga ada bisa dilihat videonya dari YouTube dg keyword "Air Crash Investigation" 

Kalau kecelakaan Sukhoi Superjet 100 kemarin diangkat di Air Crash Invetigation saya punya judul sendiri "Air Crash Investigation : Disastrous Joy Flight" :p

1 comment:

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..