21 February 2014

Lebih Asyik Pakai Matic

Motor matic pada awalnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan para wanita yang tak ingin repot saat berkendara. Seperti halnya sepeda motor jenis bebek, motor matic kemudian digemari oleh lelaki.

Kepraktisan mengendarai motor matic menjadi salah satu kelebihan yang dimilikinya, pengguna tinggal gas pol rem pol, kendali akslerasi dan rem ada di tangan.

Spacy
gambar yang punya astra-honda :)
Bagi yang belum terbiasa dengan motor matic biasanya kaki kanan akan tetap mencari rem saat akan melakukan pengereman :). Tetapi awalnya aja kok, setelah itu akan terbiasa dan nyaman.

IMHO, berkendara dengan motor matic memang menyenangkan, pengendara tinggal memainkan putaran gas dan handle rem. Kendali ada di tangan dan kaki boleh beristirahat. Akslerasi yang halus tanpa gangguan perpindahan gigi akan menggoda pengendara terus memacu tunggangannya. Intinya, motor matic enak dibawa ngebut!

Motor matic model sekarang pun sudah memiliki ruang bagasi yang lumayan lega dan kapasitas tanki bahan bakar yang lebih banyak. Mau masukin helm ke bagasi pun ada.

Di balik beberapa kelebihannya tentu ada beberapa kelemahan kecil, saat deakslerasi motor matic tidak memiliki engine breake yang cukup. Saat kecepatan rendah, transmisi menjadi netral dan motor menggelinding. Pada kondisi jalan yang menurun (turunan tajam), pengendara harus lebih berhati-hati karena pengereman mengandalkan rem depan dan belakang tanpa engine breake.

Untuk kota-kota yang akrab dengan banjir, pengendara harus berpikir ulang saat ingin menerobos genangan banjir, jika tidak siap-siap dorong motor. :)

Kesimpulannya, pakai motor matic memang lebih asyik!

10 comments:

  1. Pas hidup di bali, diriku nyetirnya metik.. Haha soale emang aku ra begitu menguasai motor dg gigi, hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di Bali emang enak pake matic, jalannya mulus, lenggang :)

      Delete
  2. Alhamdulillah motorku bisa diajak nerobos banjir.
    maksudnya bisa-bisa ndorong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. daripada kabelnya digigitin tikus :)

      Delete
  3. matic memang asik kok..tapi ga enak kalau dipake buat boncengan mas..peredam kejut belakang cuma satu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang bonceng cew masih ga enak juga? :)

      Delete
  4. Nah... bener banget tuh soal engine brake..
    Dulu aku pernah dibonceng teman naik motor maticnya, waktu turunan kok rasanya motor itu meluncur gak terkendali.. Jadi takut naik matic deh..

    ReplyDelete
  5. kalo pake metic josss, tapi kalo di kampungku gak lah ya,,,jalanya masih tak mendukung,,eman motornya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jalannya kurang mendukung malah capek ng-gas ngeremnya :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..