07 February 2012

Tips Berkendara Menembus Banjir

Samarinda, tak jarang dilanda banjir kala hujan lebat mengguyur kota, terlebih di bulan Januari dan Februari yang merupakan puncak musim hujan. Kala sungai dan parit meluap, sebagian jalanan tergenang banjir dan berubah layaknya sungai dadakan.

Bagi pengendara sepeda motor (R2) jalanan banjir tentu saja mengganggu kenyamanan berkendara. Menembus banjir pun terkadang tak bisa dihindari. Nah berikut tips berkendara menembus banjir.

  1. Pertimbangkan apakah sepeda motor kamu mampu menembus banjir, pastikan tinggi genangan/banjir tak lebih dari setengah tinggi diameter ban motor. Lihat dari beberapa motor/mobil yang melintas.
  2. Pilih jalur tengah atau dekat dengan median jalan, karena di area ini merupakan titik tertinggi.
  3. Hindari mengekor mobil yang ada di depanmu serta jaga jarak karena kita tak tahu kondisi jalanan yang tertutup air.
  4. Jaga kecepatan jangan terlalu kencang karena cipratan air akan mengganggu pengendara lain. Bila berpapasan dengan mobil bersiap-siap menerima ombak dari depan
  5. Usahakan tetap membuka gas dan gunakan persneling 2 atau 3. Bila perlu pergunakan rem. Hal ini bertujuan agar dari knalpot ada tekanan keluar dan air tidak masuk melalui knalpot.
  6. Bila tiba-tiba mesin mati, jangan panik segera bawa motor ke tempat yg lebih aman. Kalau ternyata air sudah masuk melalui lubang knalpot jangan coba dihidupkan lagi, dorong aja sampai ke bengkel terdekat olinya perlu diganti tuh.
  7. Terakhir, kalau ada jalan alternatif kenapa sih repot-repot nembus banjir kurang kerjaan aja..!! Sekedar info bila motor terendam banjir dapat mempengaruhi kinerja kampas rem mulai dari bunyi berdecit hingga kemampuan mengerem berkurang.

Semoga bermanfaat..

Baca juga :
Tips Berkendara Saat Hujan

10 comments:

  1. matur nuwun tipsnya om...jogja..saiki dalan pada banjir..kabeh jue..... :D

    ReplyDelete
  2. thank udha sharing,kebetulan daerah aku emang lagi musim banjir nich

    ReplyDelete
  3. Untung di sempaja rumah saya dan akan selalu ada akses jalan tembus,, :p

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah sampe saat ini si Supra X selalu selamat nerobos banjir.

    ReplyDelete
  5. Saran yang terakhir bangke banget dah hahaha. Tapi nice info sih, kalo banjir di gas terus aja motornya, pokoknya pelan-pelan.

    Kalau ada waktu dan berkenan main ke blog yuk :)) ditunggu feedbacknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...semoga bermanfaat ya....

      Delete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..