26 September 2014

Seru-Seruan Pitulasan di Gusung Segajah, Bontang

Mengagumi keindahan pesona bawah air laut Bontang rasanya memang belum habis. Sekali nyebur pun tak puas, salahkan saja kepada mereka yang sukses meracuni saya untuk nyebur dan snorkeling. :)

17 Agustus 2014, teman-teman dari Samarinda Backpackers membuka open trip ke Beras Basah, Bontang. Ajakan yang sangat sulit untuk ditolak dan ini adalah trip kedua saya ke tempat yang sama. Dengan mengendarai sepeda motor dari Samarinda sekitar pukul 04.05 WITA saya pacu motor matic menembus jalan berlubang selama 2 jam. Perjalanan kali ini lebih nyaman karena faktor jalan yang lebih mulus daripada sebelumnya.

Gusung Segajah

Sebenarnya teman-teman rombongan sudah berangkat sejak Sabtu (16/8) dan camping di pulau Beras Basah, namun saya memilih berangkat pagi menyusul mereka karena ada beberapa hal yang harus dieksekusi di Samarinda. Dan hingga sekarang saya masih  tak habis pikir nekat berangkat sendirian, naik motor, pagi-pagi..demi apa..!?

Tujuan utama kami adalah spot Geladi dan gusung Segajah, butuh waktu sekitar setengah jam dari Beras Basah untuk mencapai gusung Segajah. Motoris dan penduduk lokal tentu tahu harus ke mana mengarahkan kapal. Saya lupa untuk marking koordinat lokasi tepatnya, lain kali!

Hingga kini saya belum menemukan arti 'gusung' bahkan dari KBBI sekalipun. Namun, hasil dari menjelajah bisa saya simpulkan gusung adalah daratan yang terbentuk oleh kumpulan pasir yang nampak saat air laut surut. #CMIIW
Pantai
begini kalau pas air surut, belum surut sepenuhnya sih...
Segajah
Kalau belum surut ya gusungnya belum nampak, nungguin di gubuk..

Keunikan dari Segajah adalah pulau ini muncul dan tenggelam pada waktu-waktu tertentu bergantung pada pasang surut air laut. Waktu terbaik untuk datang ke pulau ini saat pagi hingga siang hari, saat sore air pasang perlahan akan melahap tempat ini.
Kecantikan pulau Segajah terletak pada pesona bawah airnya yang menjadi spot yang tepat untuk aktivitas snorkeling. Jangan lupa untuk tetap waspada dengan bulu babi, jangan sampai kaki menginjaknya atau bakalan demam semalaman.

Buat yang ga bisa berenang bisa kecibang-kecibung bermain dengan pasir putihnya, bermain dengan bintang laut atau sekadar seru-seruan tarik tambang seperti yang mereka lakukan.  Karena acaranya adalah pitulasan di laut, jadinya ya seperti ini.

Tarik Tambang
Tarik tambang dan tambangnya yang putus...

SB
sebagian bubuhan Samarinda Backpackers

Ketika terkadang 17 Agustus hanya bermakna sekadar tanggal merah di kalender, kami masih memeluk merah putih bersama alam nan memesona ini.

Indonesia Keren Banget!

(Sebenarnya ada aktivitas lain dalam rangka pitulasan di laut, yakni mengibarkan bendera di dalam laut. Keren deh, tapi berhubung gak ada foto saya jadi ya gak diunggah foto-foto bendera di dalam lautnya :) *ga bisa nyilem | Photo by Frisca)


12 comments:

  1. woww keren, ada darat di tengah laut hehe

    ReplyDelete
  2. sedih deh rasanya ngga bisa liat foto bendera di bawah laut. oya keindahan bawah laut di situ pula ada batu karang? katakan ya *penasaran

    salam silaturahim

    ReplyDelete
  3. Wah, asik dan seru itu. itu gusungnya segajah ( gedenya segajah)? #gagalfokus

    ReplyDelete
  4. jadi pengen main ke pulau2 gitu..asik kayakna :D

    ReplyDelete
  5. wah ternyata di bontang ada pantai cakep juga ya, emang indonesia surga pantai deh

    salam kenal
    blogwalking ya :D

    ReplyDelete
  6. Wow, mas mas pakek baju renang itu badannya seksi #salahfokus

    Aku udah lama gak liburan lagi nih. Kemarin bercocok tanam itu liburan gak ya? Hihihihi...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..