18 September 2014

Bandara itu Kini Bernama Bandara Samsul Sebal

Masyarakat Balikpapan boleh berbangga hati tatkala dioperasikannya terminal baru bandara Sepinggan, Balikpapan sejak awal tahun 2014 lalu dengan kondisi yang jauh lebih baik. Terminal baru tersebut berada tak jauh dari terminal lama yang kondisinya sudah semakin sesak menampung jumlah penumpang yang kian bertambah.
Terminal
Terminal baru bandara Sepinggan, Balikpapan memiliki desain konstruksi yang wah, eco-friendly, serta luas. Pertama kali menginjakkan kaki di terminal baru ini yakni saat Media Trip Garuda Indonesia beberapa waktu lalu (eh, itu yang kedua kali sih. Yang pertama kali pas jadi Exhibitor di INACRAFT 2014) , sekilas saya merasakan berada di bandara luar negeri. Konsepnya hampir sama dengan bandara Svarnabhumi, Bangkok atau bandara baru Ngurah Rai, Denpasar.

Check-in Counter

Bandara baru dengan kapasitas penumpang lebih banyak dan fasilitas yang lebih baik memunculkan kompensasi biaya pajak bandara yang lumayan, Rp.75.000 per penumpang dari harga sebelumnya Rp.40.000 per penumpang untu rute domestik.
Yah, wajar sih..

Ketika berada di beranda  ruang terminal, suasana wah sudah terasa. Dari luar bisa mengintip ke dalam karena terpasang kaca sebagai dindingnya. Mulai masuk ke dalam kesan luas akan langsung terasa melihat rangka atap yang begitu tinggi. Pada area tertentu terdapat area hijau yang semakin mengesankan bandara yang eco-friendly, mirip yang ada di bandara Changi, Singapura. Oh ya, untuk memasuki area bandara, yang bukan penumpang pesawat pun bisa karena pemeriksaan tiket oleh petugas ada di bagian check-in counter. Jadi kalau mau jala-jalan ke sini bisa aja sekadar ngemil di Dunkin Donut :)

View
tuh ada tamannya, macam di Changi

Playground
kids playground
Nama Baru
Setelah melalui polemik tentang pemberian nama bandara baru bandara Sepinggan, Balikpapan, akhirnya hari Senin (15/9) kemarin presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam lawatan terakhir ke Kalimantan sebelum turun jabatan, meresmikan penggunaan nama baru bandara Sepinggan.

Dengan menggunakan pesawat kepresidenan Boeing Business Jet 2 (BBJ 2) Boeing 737-800NG, RI 1 berada di Balikpapan hanya dalam hitungan jam untuk meresmikan nama bandara Sepinggan menjadi bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Kalau disingkat menjadi bandara Samsul Sebal :). Well, tenang ini bukan akronim resmi kok hanya mereka yang mencoba memberikan akronim dari nama yang panjang itu.

Dan sepertinya nama Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan hanya akan menjadi nama resmi di atas kertas, pada praktiknya masyarakat masih nyaman menyebutnya dengan 'bandara Sepinggan'.

Garbarata
udah pakai Garbarata...

Inside Airbridge
inside the airbridge
"Selamat datang di bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan. Waktu menunjukkan pukul 10.20 WITA, satu jam lebih cepat dari Jakarta"



2 comments:

  1. waduhhh sy pikir beneran samsul sebal,hueheee... btw,keren bgt dah bandara sepinggan,kpn2 smg bisa menginjakkan kaki disana...:)

    ReplyDelete
  2. pemabharuan bandara itu memang apik.
    namanya cukup unik ya, sepinggan..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..