22 November 2014

Footprints, Rekomendasi Hostel Murah di Singapura

Biaya hidup di Singapura memang terkenal mahal, sebagai perbandingan harga air mineral botol 300ml sekitar Sin$1-1.2 Jika berencana melancong ke sana ada baiknya diperhitungkan dengan baik estimasi budget agar tidak kebobolan. 

Logo

Salah satu budget yang bisa dihemat adalah pemilihan penginapan. Untuk yang ini saya punya rekomendasi, meski saya yakin masih ada yang lebih murah namun setidaknya ada pilihan dan alasan mengapa saya merekomendasikan tempat ini.
"Good afternoon, I want to make reservation"
"Which one do you want, Sir?"
"What kind of room do you have?"
"Oh, sorry. We don't have room, it's dormitory"


Footprints terletak di Perak Road tak jauh dari Bugis Street, surga belanja oleh-oleh di Singapura. Dengan konsep asrama (dormitory), berbagi ranjang susun dan berbagi kamar mandi, hostel ini cukup nyaman dan memiliki fasilitas lengkap untuk ukuran hostel.

Di sini terdapat beberapa jenis kamar yang bisa disewa, shared room artinya dalam satu kamar terdapat 2-3 ranjang susun yang bisa diisi oleh tamu siapa aja. Tidak ada privasi.
Jika menginap grup 5-6 orang tentu lebih nyaman karena satu ruangan diisi oleh satu grup yang saling mengenal.
Rooms
Kamar ala dormitory, tersedia lampu baca dan terminal listrik. Jangan lupa bawa adapter colokan ya!

Di dalam ruangan terdapat AC yang hanya boleh dihidupkan pada jam-jam tertentu (malam sampai pagi hari). Well, not bad-lah toh kita butuhnya pas tidur kalau siang udah pasti ngebolang.
Kamar mandi yang disediakan terdapat di luar kamar di setiap lantai, artinya berbagi kamar mandi. Untuk soal kebersihan, kamar mandi dengan 5 bilik ini memiliki kebersihan yang cukup.

Layaknya dormitori, Footprints memiliki fasilitas dapur yang ada di lantai dasar. Mau bikin mie seduh, ngopi-ngopi bisa aja. Sarapan disediakan di sini tiap paginya dengan menu ringan seperti roti bakar, sandwich atau susu dan sereal.
Pantry
Pantry yang nyaman. Swalayan, termasuk cuci piring sendiri :)
Soal fasilitas internet cakep deh, ada jaringan wi-fi yang terjangkau di setiap lantai dan di pantry terdapat 2 unit desktop PC yang terhubung internet.
Internet
Akses internet 24 jam gratis.


Harga penginapan di Singapura rata-rata lebih mahal dibandingkan dengan di Kuala Lumpur dengan konsep yang sama. Di Footprints kami mendapat room rate yang cukup murah, $120 per malam untuk family room. Dengan 5 orang dalam 1 grup artinya per orang bayar $24.
20140316_102317
Disclaimer : Harga per Feb 2014

Untuk aksesnya Footprints berada di dalam blok-blok yang berjarak sekitar 10 menit berjalan kaki dari Bugis Junction atau Bugis Street.
Well, overall sih ga ada yang dikeluhkan namanya juga backpackers, kalau ada tempat yang murah dan nyaman mengapa tidak?
Front Desk
Front Desk
Lobby
Fasilitas lobby, home entertainment, buku bacaaan dan kursi pijat
Do's and Don'ts
  • Ini hanya review pribadi, rekomendasi penginapan yang lebih murah tentu banyak. Googling aja ya..!
  • Jangan lupa kalau ke Singapura bawa adapter colokan listrik. Kalau ga ada, di sini disediakan peminjaman tanpa dikenakan uang sewa, hanya uang deposit $5 yang akan dikembalikan kalau sudah selesai pakai.
  • Jam check-out jam 1 siang. Kalau mau check out hari itu juga tapi masih ngebolang, lakukan check out dan titipkan aja tas dan barang bawaan di sini.
  • Walau sudah check out boleh kok pulang ngebolang numpang mandi di sini sekalian ambil barang bawaan.

4 comments:

  1. Mas, kalau posting tentang harga, sebisa mungkin dirupiahkan. Soalnya situ pembacanya orang Indonesia.

    Hehehehehhehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembacanya udah pinter kok perkalian, biasanya cuman males aja *kabuurrr...

      Delete
  2. Gimana suasanadi footprints? Nyaman kah? Dan bagaiama mengenai air putih, apakah tersedia? Jadi bisa mengisi air putih sepuasnya untuk menghemat pembelian air putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. suasananya tenang dan nyaman buat istirahat, tidak terganggu dengan suara lalu lintas jalan raya utama.

      Untuk air putih bisa mengonsumsi langsung dari keran. Aman kok.
      Saran aja sih kalau jalan2 bawa tumblr, isi ait putih dari penginapan.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..