21 December 2012

Makin Seksi dengan Winglet

Pernah memperhatikan sayap pesawat terbang komersil? Pada beberapa model/seri di ujung sayap pesawat terdapat lengkungan vertikal nan cantik yang menambah tampilan badan pesawat makin seksi.
Lengkungan ini disebut winglet atau sayap vertikal atau apalah namanya. Fungsi utama bagian ini bukan sebagai pemanis sayap pesawat tetapi bagian ini berfungsi untuk memperkecil hambatan udara.
Terdapat beberapa model winglet di antaranya yang sering dijumpai adalah model vertikal dan lengkungan. Model lengkungan bisa dijumpai pada tipe Boeing 737-900ER (Lion Air) atau Boeing 737-800NG (Garuda Indonesia).


winglet_lion
Blenden Winglet B737-900ER Lion Air
winglet A320
Wingtip Fence Airbus A320 Air Asia
 
Winglet adalah salah satu aksesoris pada sayap pesawat yang memungkinkan penambahan performansi sayap tanpa harus memperlebar wingspan (bentangan sayap pesawat). Winglet dapat berupa sirip tambahan yang dipasang tegak lurus pada ujung sayap, atau dapat berupa perpanjangan sayap yang ditekuk ke arah vertikal.
Winglet berfungsi untuk meredam putaran udara (vortex) pada bagian ujung sayap yang disebabkan pertemuan udara bagian bawah sayap yang bertekanan tinggi dengan udara bagian atas sayap yang bertekanan rendah yang menyebabkan terjadinya turbulensi.
Putaran udara ini juga menyebabkan pesawat membutuhkan energi yang lebih besar agar dapat stabil di udara, sehingga akan boros bahan bakar. Dengan adanya winglet, bahan bakar pesawat bisa diirit hingga 7%, jumlah yang cukup besar untuk pesawat yang melakukan perjalanan long distance.


6 comments:

  1. pernah naik pesawat yang memakai winglet (Lion air). rasa diatasnya seperti winglet itu mau patah saja. takut amat saya melihat winglet tersebut.

    ReplyDelete
  2. Oh.. ternyata ada maksudnya toh lenkukan itu. Kirain cuma model doang :D

    ReplyDelete
  3. wah eror.

    selain ntu fundinya buat nambah gaya angkat om.
    Mach number juga nambah

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..