19 September 2013

Pembibitan Untuk Regenerasi

Melihat pasukan timnas Garuda senior memang sudah saatnya melakukan regenerasi wajah-wajah baru dengan kemampuan yang memadai. Pasukan Garuda Muda yang sedang berlaga di ajang AFF U19 merupakan calon-calon bibit baru timnas senior.Garuda

Di sini bibit baru diuji mental dan skill menghadapi lawan secara fisik maupun psikologis. Melawan timnas Malaysia misalnya, dengan catatan sejarah sebagai musuh bebuyutan setiap keduanya bertemu merupakan laga emosional.

Bibit-bibit baru harus dipersiapkan berkelanjutan. Lihatlah timnas Brunei yang menjadi bulan-bulanan timnas Thailand dengan 8 gol tanpa balas serta kalah 1-6 melawan timnas Vietnam, saya rasa timnas Brunei sedang dalam masa pencarian bibit baru pasca vakum dari persepakbolaan karena mendapat larangan bertanding di ajang internasional dari AFF.

Regenerasi memang harus berkelanjutan dan diawali dari liga domestik sebagai rumah calon bibit baru.

Go..go..go..Garuda Muda..

8 comments:

  1. Indoonesia melakukan pembibitan dengan program SAD di Uruguay.. Tapi kok rasanya kurang efisien, karena yang bisa berkembang mungkin cuma 20-30 pemain.. Coba seandainya PSSI mengalihkan dana SAD untuk bikin kompetisi junior, yang bisa ikutan anak se-Indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jangka pendek mungkin program SAD tersebut lebih tepat, untuk akslerasi prestasi, untuk jangka panjang memang lebih bagus bikin kompetisi junior..

      Delete
  2. regenerasi itu penting banget, dalam hal apapun. :)
    Tapi teteup, kalo masalah bola, saya gak ikutan :D

    ReplyDelete
  3. 6 diantara pemain indonesia u-19 adalah jebolan milan junior camp lho kalo ga salah itung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berarti ilmunya bagus donk ya, tapi sayang untuk finishing masih kurang manteb...

      Delete
  4. ini yg jebret kemarin ya. Syukurlah menang...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..