23 March 2014

Singapura Itu...

Singapura negeri jiran yang memiliki magnet bagi wisatawan untuk datang menikmati setiap sudut kota. Ini bukan kali pertama saya menginjakkan kaki di sini, kali pertama sekadar transit dan kali kedua saat mengalami pengalaman bodoh di negeri persemakmuran ini.

Your Singapore
Setelah lama tak berkunjung banyak perubahan di negara kecil ini bagi saya Singapura itu...

1. Punya bandara yang nyaman banget, betah berada di dalam terminalnya. Changi International Airport (SIN) yang menjadi bandara LCCT maupun tempat transit dari dan ke beberapa negara di sekitarnya.

2. Mahal, untuk ukuran Asia biaya hidup di sini tergolong mahal. Nilai tukar kurs SGD untuk pertangahan Maret sekitar IDR9200 per 1 SGD.. Kabar terakhir per awal Maret 2014, Singapura merupakan kota dengan biaya hidup termahal di dunia disusul Paris dan Oslo. 

3. Bersih, ya ini menjadi hal yang patut ditiru. Kebersihan dan kedisiplinan warga serta wisatawan didukung oleh peraturan pemerintah yang memberlakukan denda bagi mereka yang melanggar peraturan seperri larangan merokok, larangan membuang sampah, larangan makan dan minum di tempat tertentu dan sebagainya. Jangan heran kalau di beberapa titik banyak CCTV mengintip :) 

4. Singlish, bahasa yang digunakan pada umumnya adalah bahasa Inggris namun mereka memilihi bahasa Ingggris modifikasi yang biasa disebut dengan Singlish. Singlish atau Singapore English merupakan campuran unik dari bahasa Inggris, Mandarin, Melayu, Tamil, dan dialek lokal mencampurkan bahasa Inggris dengan bahasa Melayu. 

Mau ke Singapura? Tenang, sekarang banyak cara terbang ke negeri Singa. Tinggu artikel-artikel selanjutnya untuk review, rekomendasi dan tips wisata Singapura  :)


2 comments:

  1. Mauuuu bangeeet..

    Tinggal budal aja sih, cuma cari temen aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo cuma cari temen ayuk aja :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..