16 February 2008

Akronim atau Plesetan?

Akronim dalam kamus wikipedia berarti sebuah singkatan yang menjadi sebuah kata tersendiri.

Keisenganku kali ini muncul – lagi - saat melihat sebuah iklan dari sebuah produk salah satu provider seluler di negeri ini yang baru kusadari ada yang aneh.

Bila si merah menggandeng Indra Bekti, si kuning menggandeng Padi dan si biru-orange menggandeng Samsons sebagai produk ikonnya masing-masing, maka si ungu ini menggandeng band Nidji.

Produk yang dimaksud adalah produk Starone keluaran Indosat dengan jargon ‘Ngorbit’-nya. Ngorbit di sini dimaksudkan adalah Ngobrol Irit, tapi benarkah ini sebuah akronim?.

Bisa saja bukan, karena kalo dijadikan sebuah akronim sepertinya meleset dan ‘ngobrol irit’ seharusnya menjadi NGOBRIT. Antara NGORBIT dan NGOBRIT memang mempunyai persamaan bunyi yang hampir sama, mungkin inilah yang diambil Starone untuk mengakronimkan Ngobrol Iritnya.



Trus kalo bukan akronim trus apaan donk? Mmmmm…mungkin lebih tepatnya plesetan kali ya!! Kalau akronim ya kaya Juprie ato IND!e, he…pede aja lagi!!.

1 comment:

  1. Yaaa begitulah, sekarang suka-sukanya yang bikin singkatan atau istilah aja, kali mereka cari istilah yang customer gampang inget, "Ngorbit", coba pakai kata "Ngobrit", susah kan ngucapinnya?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..