08 March 2011

'Mendaki' di Batu Caves

Terletak sekitar 13 Km ke arah Utara dari pusat kota Kuala Lumpur terdapat tempat wisata yang pantas untuk dimasukkan ke dalam rencana perjalanan wisata ke Kuala Lumpur. Dikenal dengan nama Batu Caves, tempat ini merupakan tempat wisata sekaligus tempat ibadah umat Hindu. Tempat ini identik dengan patung dewa Murugan yang tingginya mencapai 42,7 meter. Dari pusat kota kawasan ini dapat ditempuh selama 30-45 menit dengan kendaraan pribadi.
batu cavesApa yang menarik di Batu Caves?
Jangan berharap banyak karena tempat ini hanyalah gua batu yang terletak di bagian atas bukit. Untuk mencapai tempat yang dimaksud pengunjung dihadapkan tantangan 272 buah anak tangga untuk mencapai puncak. Sebuah filosofi ringan bahwa untuk mencapai tempat tertinggi diperlukan langkah-langkah kecil.
Di dalam gua terdapat beberapa tempat peribadatan dan di sekitar kanan-kiri gua terdapat beberapa patung dewa dalam ajaran Hindu. Di pelataran parkir terdapat sekelompok burung dara, kita bisa berbaur dengan mereka, memberi makan atau sekedar berfoto. Bagi yang haus, terdapat kedai air kelapa muda. Di tempat ini pengunjung tidak dikenai biaya masuk alias gratis.
 inside the cave
Untuk menuju ke Batu Caves kita dapat menggunakan kereta api dari stasiun Titiwangsa, ada yang bilang juga dari KL Sentral bisa. Namun berhubung kurang mendalami rute Batu Caves dengan kereta api, saya pun memakai jasa tur yang ada di hotel. Mereka menyediakan tur Batu Caves dengan harga RM15/pax. Cukup murah. Namun berhubung tempat sudah habis, mereka menawarkan menggunakan taksi dengan biaya RM 85/2 orang. Beruntung, dalam waktu yang bersamaan ada 2 orang bule dari Amerika yang tertarik mengunjungi Batu Caves. Alhasil si bule pun mau diajak berbagi taksi dengan biaya RM 30/pax, PP dengan rute Batu Caves dan tur ke Butik Cokelat khas Malaysia plus mampir ke Istana Negara (bonus dari sopir taksi).


monyet
hati-hati dengan segerombolan kera

Tips :
  • Rencanakan kunjungan di pagi hari atau sore hari untuk menghindari panas matahari di siang bolong.
  • Siapkan stamina untuk menaiki 272 anak tangga, istirhatlah sejenak bila kelelahan.
  • Hati-hati dengan barang bawaan karena di sekitar tangga terdapat kera yang berkeliaran.
  • Durasi kunjungan tak lebih dari 1 jam sudah cukup.
  • Hindari bulan Februari saat perayaan festival Thaipusam karena tempat ini akan menjadi lautan manusia, kecuali bila tujuan kunjungan untuk berbaur dengan mereka.
  • Tak perlu berbelanja suvenir (seperti gantungan kunci Twin Towers) di sini karena harganya yang cukup mahal. Beli saja di pusat kota (i'll show you later)

12 comments:

  1. Waduh, naik tangga sebanyak itu gak kuaaat :D

    Tapi seru nampaknya yaa....

    ReplyDelete
  2. kasi tau kasi tau dimana belanja murahnyaaa
    karena sepertinya saya akan ke sana :D

    ReplyDelete
  3. duh, kakang Prabu...............sepertinya ini gak cocok utk bunda yg dah sepuh gini, kalau pake naik tangga ratusan gituh jumlahnya.
    keburu copot dengkulnya .... hhahahhaha.....

    bagaimanapun, terimakasih utk info wisatanya ya Kakang ..........
    salam

    ReplyDelete
  4. kalaupakai sepedah, bisa ga' yah ......

    ReplyDelete
  5. keren bener tempatnya yak, tapi naek tangganya,, uh,, ampunnnnnnnn,, hehehe..
    *keluhan bu bunting yang segede gajah..* hihihi

    ReplyDelete
  6. @ pak mars : ayo ikutan pak
    @ julie : tunggu aja, sudah saya tulis tinggal posting aja. Stay tune..
    @ bunda : waa...ya paling tidak sudah tau jadi kalo ditanyain kan bisa jawab. hehehe..
    @ komuter : bisa kok..dari pusat kota ke Batu Caves..hahaha..
    @ advertiyha : emang segede gajah? hahaa..

    ReplyDelete
  7. kalo pergi kesana sendiri, wanita pula, ama ga mas bro??

    ReplyDelete
  8. kalo pergi kesana sendiri, wanita pula, aman ga mas bro??

    ReplyDelete
  9. insya allah aman dan terkendali, tak ada yg perlu dikhawatirkan..

    ReplyDelete
  10. saya prnh k daerah ini tp ga tau klo batu caves ni tmpt wisata jg..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..