21 May 2008

Belanja Murah di Malioboro

Bulan Juni waktunya liburan sekolah. Bagi yang berancana berlibur ke Jogja bersama keluarga tercinta tentu tak berkesan bila tidak mampir ke Malioboro.
Di pedagang kali lima sepanjang jalan Malioboro adalah tempat untuk mendapatkan oleh-oleh khas Jogja dengan harga terjangkau. Tapi jangan salah, bila tidak teliti Anda bisa mendapatkan barang dengan harga 3 kali lipat lebih mahal. Tertarik belanja di pedagang kali lima sepanjang 1 kilometer itu? Yang punya blog ini punya tips.
  1. Nasionalisme
    Boleh percaya boleh tidak, berkomunikasi dengan bahasa Jawa dengan penjual akan lebih mempermudah kita mendapatkan harga yang miring. Pengalaman saya dengan seorang penjual muda (udah muda, cantik, murah senyum lagi, pokoke bening dah!), harga yang dia pertahankan akhirnya 'luntur' setelah saya mengucapkan kalimat sakti
"gak bisa kurang mba?"
"itu sudah pas mas, monggo kalau mau dikurangin dikit harganya"
"tetep mba saya tawar segitu"
"wah gak bisa mas, tambahin 2 ribu aja"
"wah mba e iki, jape methe koq!"
"oh jape methe to? Yo wis monggo"
(jape methe dalam bahasa walikan Jogja berarti cahe dhewe atau temen sendiri sesam orang Jogja. Jangan gunakan cara ini bila pedagang terlihat sudah berumur agar tidak mengurangi rasa sopan kepada orang tua)


  1. Rule of Third
Dalam dunia fotografi aturan ini digunakan untuk komposisi pengambilan gambar. Tapi untuk belanja di Malioboro aturan yang saya bikin sendiri ini ternyata cukup ampuh untuk menekan harga beli.
Silakan menawar harga barang yang akan dibeli dengan kisaran 50% hingga 30% dari harga yang diajukan, tergantung dari jenis barang. Bila sang penjual kasih harga Rp. 40,000 misalnya, silakan tawar hingga Rp. 15,000.
  1. Jual Mahal
Bila angka tawaran tadi tidak berhasil, silakan tinggalkan tempat Anda bertransaksi. Ini hanya trik, pasang pendengaran Anda baik-baik saat mulai beranjak pergi.
Bila si penjual terpancing, penjual akan berteriak memanggil Anda untuk memberikan penawaran terakhir. Bila Anda keukeuh, Anda akan mendapatkan harga yang Anda ajukan.
Bila penjual tidak memanggil Anda berarti tawaran Anda 'keterlaluan', silakan cari tempat lain.
Dengan jurus-jurus di atas saya berhasil membawa pulang miniatur helikopter kayu seharga Rp. 35,000 dengan membayar Rp. 10,000, baju tidur seharga Rp. 35,000 dengan membayar Rp. 15,000 dan miniatur sepeda besi seharga Rp. 200,000 saya tawar Rp. 60,000 dan berhasil saya dapatkan dengan harga Rp. 70,000.
Sebenarnya proses menawar hingga 30% wajar saja mengingat harga asli yang memang murah. Pedagang sengaja menaikkan harga dengan mendompleng nama Malioboro yang telanjur terkenal. Terlebih bila calon pembeli berbicara dengan bahasa Indonesia atau bahkan turis asing.
Beberapa barang tadi bisa saja saya tawar lebih rendah, tapi koq ya gak tega. Ya, itung-itung bagi rejeki.
Malioboro di malam hari


Silakan coba resep di atas, dijamin 99% berhasil. Bila setelah mencoba beberapa kali ternyata gak berhasil juga, maaf Anda kurang beruntung. Berarti Anda termasuk yang 1%. he…he...he...*kabuuuurrrr**

26 comments:

  1. Itu tips2nya bener semua, aku sudah terapin waktu dulu tinggal di Yogya dan suka ngluyur ke Malioboro.

    ReplyDelete
  2. tips nya oke2 dan semua tlah saya praktekkan dengan sukses kecuali yang no 1 mas!
    saya gga bisa bhs jawa :(

    ReplyDelete
  3. @Fiz:
    buat kamu oleh2x foto aja ya.!!

    @ani:
    ketauan tuh dugemx di Malioboro..apa ikut jualan?he..

    @ayu:
    ngomong2 soal sukses...hargax sukses gak? kalo pake yang no.1 tambah sukses tuh yu!!

    ReplyDelete
  4. sayangnya saya blon pernah ke jogja sekalipun :D

    ReplyDelete
  5. waahh.., kayanya saya ga cocok kalo harus ke jogja dan blanja sendirian.
    pertama, saya ga jago nawar dan cenderung ga enakan ama yang dagang. biasanya kalo nawar, ya deket2 harganya ama yg ditawarin.
    kedua, saya ini ga bisa ngomong jawa. padahal pengen banget bisa. entah kapan mau mulai belajar ya..
    nah, mas aprie.., nanti kalo aku ke jogja, temenin yaaa.. apalagi mas aprie jago nawar tuh.. passss bener.. hehehehe...

    ReplyDelete
  6. malioboro emang asyik and gag ada 2nya, tapi aku lebih suka kalo beli2batik dll di mirota, walo agak mahal dikit tapi kualitasnya lebih bagus ^_^

    ReplyDelete
  7. @angel :
    makanya itu, ni postingan buat mereka yang mo maen ke Jogja..gitooo!!

    @TJ:
    jadi guide pribadi gitu maksudx?
    boleh-boleh..pi tarifnya gak boleh ditawar.he...

    @nina:
    beda dunk mba..kalo di mirota batik tuh emang kelasnya menengah ke atas. ada harga ada barang juga....

    ReplyDelete
  8. Request satu tips lagi donk...Gimana caranya bayarnya nyicil atau ngutang dulu. Pasti oke tuh....

    ReplyDelete
  9. miss my lovely town badly hiks hiks

    ReplyDelete
  10. kalau aprie yang jadi pedagangnya, aku pembelinya, pasti dibikin gratis yaak!?

    *ngibrit*

    ReplyDelete
  11. sayangnya gw gak bisa bahasa jawa.... ada gak ya guide yang khusus buat nawar...??!!

    ReplyDelete
  12. @poo:
    ketauan tuh Poo sering ngutang..he..:D

    @phie:
    pulang..pulang..tengokin tuh kambing di kandang. :P

    @nengdj:
    wah bisa bangkrut dunk!!

    @cie:
    Ada!! yang punya blog bisa basa jawa, dijamin dapet harga murah. pi tarif guidex khusus.he...

    ReplyDelete
  13. Jogya I miss this city. the last time I was here about two years ago. I had a great time there. I'll visit again one day Aminnnnnn

    ReplyDelete
  14. nawar murah?
    aku jago juga loooh heheehe...
    warisan dari nyokab..
    hihiih

    yuk akh..
    keepbloggin'-bloggin4fun!!

    ^^

    ReplyDelete
  15. jadi inget pas tahon 2000 aku pertama kalinya ke jogja, mereka nawarin harga kaos dagadu jogja dengan harga tinggi waktu itu 16ribu langsung aku bayar aja gak nawar, temen2 lain dapet 5000rupiah, sejak itu aku nawarnya jadi ikut trik yang kedua, dan ke tiga , sampai sekarang...ternyata emang trik tersebut bener2 mujarab...harga 40ribu aja bisa didapetin 10-15ribu di malioboro....qseep bngt deh...

    eh eh..tapi aku baru denger bahasa jape methe tuh

    ReplyDelete
  16. Memang jogja kota yang oke..asik buat jalan-jalan. Banyak tempat wisatanya.Pokoke toplah!!

    Salam kenal - Noem3d


    http://noem3d.wordpress.com/

    ReplyDelete
  17. @ jovie : jape methe bahasa slang-nya orang Jogja, sama seperti bahasa Malang dengan Kera Ngalam (Arek Malang)

    @ noem :lam kenal, welcome to Jogja

    ReplyDelete
  18. @ Jovie : itu DAGADU abal-abal..kalo yang aseli bisa 60ribuan. ada cuma di outlet khusus salah satunya di lantai dasar Malioboro Mall

    ReplyDelete
  19. gimana coba kalo orang batak yang kace ngomong jawa? ketara boong nya kan? apalagi pake "jape methe koq" gak ada jawa2nya sama seklai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha...bener tuh...ntar malah dimahalin

      Delete
  20. mbak2nya n mas2nya aq ugha mw donk d'tmenin blanja di malioboro.. soalnya q belum pernah kesana... aku bisa bahasa jawa.. tapi cuman bahasa jawa surabaya ajah heheheheheh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jogja itu gampang dijelajahi....selamat berlibur..

      Delete
  21. benner bnget thu.
    dulu baru2 di sini, yg aq beli smua serba kemahalan. kalo skrang, udah pda murah smua....apa lagie kalo ngomong nya pke bhsa jawa, hieiehie
    point yg ke-3 luchu,,,mesti pasang tlinga thu, jgn sampai gudeg (budeg) kaya' mknan khas jogja,,,,xixixixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicoba lain kali kalo belanja di Jogja...

      Delete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..