18 May 2008

Jadi Pinter Ga' Harus Mahal

Ini bukan iklan sebuah majalah komputer.

Jogja sebagai kota pelajar tentu tak bisa dipisahkan begitu saja dengan buku. Minat baca masyarakat, pelajar dan mahasiswa yang kurang bisa saja disebabkan karena harga buku yang 'menggila'. Kini di Jogja ada beberapa alternatif tempat hunting buku.

Toga Mas

Toko buku yang terletak di sebelah selatan perempatan Condong Catur Ring Road Utara ini mempunyai kelebihan di segi harga yang miring. Diskon yang diberikan pun tidak pada saat momen tertentu, melainkan setiap hari.

Anda bisa mendapatkan majalah, tabloid atau buku dengan potongan harga mulai dari 10% hingga mencapai 25%. Tak sampai di situ, Toga Mas memberikan layanan sampul plastik gratis untuk tiap buku yang dibeli (tidak berlaku untuk buku pelajaran, majalah dan sejenisnya). Setelah membayar buku yang dibeli silakan mendatangi ke counter penyampulan.

Sebagai contoh majalah CHIP edisi ekonomis plus CD seharga Rp.20,800 bisa saya bawa pulang dengan membayar sejumlah Rp.16,000-an atau diskon 20%. Contoh lain buku Harry Potter tahun ke-7 edisi soft cover seharga Rp.150,000 saya tukar dengan uang Rp.135,000.

Dibandingkan harga di Toko Buku Gramedia misalnya, selisih harga tersebut sangat menguntungkan pembeli terutama bagi pembeli yang umumnya mahasiswa. Maklum saja segmen pasar Gramedia dan Toga Mas tentu saja berbeda.

Di sepanjang Jl. Gejayan memang terdapat beberapa toko buku yang mempunyai konsep dagang yang sama dengan memberikan diskon di setiap bukunya, namun Toga Mas punya kelebihan lahan parkirnya yang saya kira cukup menampung 100-an motor.

Shopping Center

Tempat yang satu ini gudangnya buku bekas. Bila bermaksud mencari majalah atau buku bekas tentang berbagai disiplin ilmu ada di sini. Bila beruntung Anda bahkan bisa mendapatkan buku kuno atau buku impor.

Lokasinya terletak di belakang Taman Pintar. Di sini juga tempat tujuan para pelajar yang mencari bahan untuk tugas kliping. Mahasiswa tingkat akhir tak jarang dijumpai di sini untuk mencari referensi tugas skripsi.

Di tempat ini saya mendapatkan majalah Chip Foto-Video edisi Agustus 2006 yang masih terbungkus plastic rapi lengkap dengan bonus CD seharga Rp.15,000. Harga baru majalah tersebut adalah Rp.29,800, sedangkan penjual memberikan harga awal majalah lama tersebut Rp.25,000.

Nah, kalau sudah begini mau jadi pinter masih ada alternatif pilihan untuk belanja buku, tabloid atau majalah.

(end)

16 comments:

  1. waktu ke jogja sayh sempat mampir mas.
    waktu ke gramed liat buku nya Raditya Dika yang babi ngesot mahal banged. langsung saya ciao ke toko itu.
    eh tapi blom massuk masss.

    emang murah banged!
    kebetulan aja tu buku belom masuk kali yah?
    padahal kalo ad udah saya borong kalii. hhe. (berlebihan mas!)

    ReplyDelete
  2. aku setuju banget sama judul postingannya..asal ada kemauan pasti ada jalan untuk pinter :)

    ReplyDelete
  3. di surabaya juga ada pusat buku bekas.. PAsar Blauran atau jalan semarang. TApi sayang, sekarang diuber sama satpol PP. padahal, pedagang buku bekas sangat membantu sekali para mahasiswa kayak aku yang kesulitan mencari buku

    ReplyDelete
  4. @ayu:
    bener yu..ke Gramed jalan2 aja liat harga..kalo dah ketemu judulnya cao ke yang murah meriah.

    @tony:
    sekarang pilihan tinggal di kitanya aja koq, wong yang lebih murah udah ada.

    @anas:
    wah bersrti gak resmi itu ya mas?

    ReplyDelete
  5. Mumpung BBm belum naik mas, Ayo borong!!!Di Suirabaya juga ada di jalan semarang, cuma baru2 ini kena gusur. Masa ke Jogja?

    ReplyDelete
  6. disini juga ada tu tempat kayak gituan.. namanya di pajus (alias pajak usu = pasar usu)
    kenapa dibilang usu? karena emang letaknya di kampus USU...
    lumayan banget emang kalo dapet buku murah tapi masih baru.. :)
    oya aku malah kemaren pernah ngeliat buku Ketika cinta bertasbih cuma 25rb..!!
    koq bisa disana murah ya?? apa jangan2 bajakan??

    ReplyDelete
  7. @poo:
    idem donk dengan Anas...

    @tc:
    berbarti kan bisa dimanfaatin buat cari2 buku murah.

    Pi koq KCB cuma 25 ribu?kalo bekas sih maklum aja mba cuma kalo masih cling trus dibungkus rapi ya perlu dicurigai dunk!!
    jangan2 pengen untung malah buntung..

    ReplyDelete
  8. Weleh. . .Weleh.
    Yg jual kmik baru tapi murah ada ga oom.
    Yah yg 1 kmiknya cuma 3000 lah.
    Tp asli dan kualitas nomer wahid?

    ReplyDelete
  9. Toga Mas??? Dapat royalti Prie?? *kabooor :P

    ReplyDelete
  10. ada dunk, dibayar ma Toga Mas diskon ekstra 5% seumur hidup. Jadi kalo beli buku sekalian buanyak, borong, ditumpuk trus buat nimpukin orang yang namanya Fiz..
    he.....

    ReplyDelete
  11. Kalo yg ini ada gak ?
    "Jadi pinter gak harus rajin"

    Kalo ada mantep tuh ...

    ReplyDelete
  12. waaahhh... bener2, yaaa..
    kayanya tinggal dijogja enak bener deh.. jadi mau pindah..
    eniwe, kalo aku ke jogja, kamu temeni aku yaaa.. kita muter2.. hehehe..
    ntar di traktir makan deehh..

    ReplyDelete
  13. @firman:
    ada mas, asal telaten..he..
    sama aja ya??!!!

    @tj:
    boleh..boleh..pi tarif guide khusus.he..
    lumayan dapet sampingan..

    ReplyDelete
  14. waahh... cowo komersil nih... wakakakakakakak...

    ReplyDelete
  15. di medan buku murah adanya di titi gantung,,, sekarang dah di lapangan merdeka,,,

    awawawa... tapii sekarang harganya dah gag jauh beda ma Gramedia...
    gag ada buku murah di medan!!

    palak awak,.,

    haha


    yuk akh
    keep bloggin'-bloggin4Fun!!
    ^^

    ReplyDelete
  16. diriku pernah kesana tuh prie, daku kan tinggal di gejayan....waktu itu aku kesana gak beli buku soalnya gak ada duit..melainkan nyari Aprie, kok dicar2 gak ada yah?? ealah ternyata lagi promo disini toh..:D:D:D:D,

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..