09 October 2011

6 Tips Aman Berinternet di Warnet

internet Ancaman keamanan akun internet bukan barang baru namun harus disadari celah keamanan bisa disusupi dimulai dari hal yang sepele terutama bila menggunakan komputer/akses publik dalam hal ini warung internet.

Untuk menimimalisir kerugian terhadap pencurian data dan akun, tips berikut semoga saja bermanfaat.

1. Jangan membuka akun keuangan seperti klikBCA atau PayPal untuk transaksi online. Khusus untuk PayPal sering membuka akun melalui warnet akan membuat akun rawan kena blokir/limited karena terdeteksi menggunakan IP address yang berbeda-beda.

2. Bila menggunakan perambah Firefox, gunakan fasilitas Private Browsing (Tools>Private Browsing) atau dengan menekan tombol Ctrl+Shift+P

3. Saat log in, jangan mencentang (atau hilangkan tanda centang) pilihan 'Ingatkan Password'

4. Setelah selesai jangan lupa untuk Log out, kebanyakan pengguna wanet menganggap dengan menutup perambah maka secara otomatis akun ikut log out. Hati-hati!

5. Hapus riwayat (history) perambah sebelum menutup perambah internet (Firefox : Tools>Clear Recent History, atau menggunakan Ctrl+Shift+Del) Biasanya terdapat pilihan untuk menghapus hasil pencarian, alamat URL, password dan sejenisnya. Ada pula yang menyertakan menghapus riwayat berdasar waktu pemakaian, 1 jam terakhir, 1 hari yang lalu atau semuanya.

6. Setelah log out dari billing warnet jangan lupa untuk restart PC atau shutdown. Hal ini untuk me-refresh kembali cookies selama PC terpakai (biasanya untuk PC dengan DeepFreeze)

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..