04 October 2011

Alamat Palsu

ke mana..ke mana..ke mana
ku harus mencari ke mana

internetIni bukan soal lagu dangdut yang lagi terkenal itu, melainkan sebuah celah keamanan internet yang berasal dari alamat-alamat tautan asli tapi palsu. Risikonya bukan hanya nyasar namun bisa saja uang melayang atau nama baik yang tercemar. Bagaimana bisa?

1. Phising
Modus penipuan ini tergolong lama, namun masih saja dipakai. Penipuan melalui metode phising (mengelabui) memalsukan website ternama dengan alamat website yang mirip dengang aslinya. Misalnya untuk tautan dari BCA Banking adalah klikbca.com maka pelaku phising akan menggunakan alamat clickbca.com atau yang sejenisnya. Cara lain adalah melalui e-mail yang seolah-olah pihak PayPal misalnya, mengirimkan pemberitahuan agar pengguna memperbaharui data pribadi melalui tautan yang disediakan, padahal tautan yang dituju adalah situs palsu. Bisa ditebak, akun akan berpindah tangan. Contoh situs PayPal palsu bisa dilihat di artikel sebelumnya (baca : Hati-Hati Situs Palsu PayPal)

2. Spam
Metode ini biasa ditemukan di Facebook, ketika seseorang yang ada dalam daftar teman mengirimkan chat berisi tautan yang dibikin menarik misalnya “Saya gak tanggung jawab kalo kamu ketawa ngakak habis lihat video ini (diikuti dengan alamat tautan)”.
Bila kita terjebak dengan tautan tersebut, maka chat box akun Facebook akan aktif mengirimkan chat yang sama secara otomatis ke daftar teman kita seolah-olah kita yang mengirimkannya. Begitu juga dengan tautan yang ada di kolom status teman, bila kita terjebak seolah kita telah menulis status yang diluar kehendak kita.

Bagaimana solusinya?

  • Jangan sembarangan ngeklik tautan-tautan yang mencurigakan baik dari chat box maupun dari status Facebook teman.
  • Jangan mudah percaya e-mail yang mengatasnamakan situs keuangan seperti PayPal, e-banking atau bank penerbit kartu kredit. Biasanya e-mail yang beginian masuk ke kotak Spam.
  • Bila sering mempunyai akun-akun di atas, sebaiknya bookmark alamat resminya untuk menghindari salah ketik.
  • Minimalkan penggunaan tanda baca ‘@’ untuk penulisan alamat email dan ganti dengan ‘[at]’ untuk menghindari pembacaan mesin spammer, misalnya : email[at]gmail.com

Smoga bermanfaat, sekarang goyang dulu….

Ke sana kemari membawa alamat
namun yang kutemui bukan dirinya
sayang yang kuterima alamat palsu

ke mana..ke mana..ke mana
ku harus mencari ke mana

(Ayu Ting Ting – Alamat Palsu)

6 comments:

  1. jangan sembarangan klik alamat yang gak jelas

    ReplyDelete
  2. halah, memanfaatkan "alamat palsu" buat jadi judul =))

    ReplyDelete
  3. @piyen : itu intinya
    @fenty : ahaiks..cocok aja toh?

    ReplyDelete
  4. ternyata spammer punya mesin pencari email yah, sudah kaya google mampu mencari "keyword" :D

    kalau soal acara the amzaing race, di youtube lengkap

    http://www.youtube.com/user/amazingraceglobal

    kalau link download cari aja di kaskus, ada thread khusus penggemar TAR, heboh threadnya waktu ada syuting TAR di jakarta-jogya bulan juni lalu

    ReplyDelete
  5. @r10 : thanks infonya....siap2 download

    ReplyDelete
  6. thank's for infox nya yo kak....semoga bermanfaat untuk kita semua...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..