05 January 2011

Dilarang Bawa Oleh-Oleh (Berlebihan)

Peringatan keras bagi pelancong ke luar negeri yang hobi belanja di luar negeri. Seperti diberitakan sebelumnya mulai 1 Januari 2011 pemerintah menghapuskan biaya fiskal ke luar negeri di samping itu pemerintah memberlakukan biaya bea cukai untuk barang-barang dari luar negeri yang masuk ke Indonesia (baca : oleh-oleh) dengan ketentuan tertentu.

Mulai 1 Januari 2011, pemerintah memperbarui aturan soal penerapan bea masuk atas barang-barang bawaan atau oleh-oleh dari luar negeri. Dalam aturan tersebut, bea masuk dikenakan bagi barang impor dengan nilai di atas US$250 per orang atau US$1.000 per keluarga. Ketentuan ini termuat dalam Peraturan Menteri Keuangan tentang Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas dan Barang Kiriman yang diterbitkan pada 29 Oktober 2010

*sumber : vivanews.com

Oleh-Oleh
*kesimpulannya, pulang dari luar negeri ga perlu belanja yang macam-macam. Cukup belanjaan standar sebagai souvenir untuk keluarga dan kerabat*

23 comments:

  1. kalau jamaah haji bawa oleh2 kena pajak juga ga? :D

    ReplyDelete
  2. Salam kenal yang pertamaxxx!!!
    http://prinsipberbagi.co.cc adalah blog saya!!!

    ReplyDelete
  3. Huaaaa...
    Padahal liburan semester depan mau ke singapura ama keluarga >_<

    ReplyDelete
  4. Pemerintah nek gawe aturan kok sak penake...

    ReplyDelete
  5. duh tadinya pengen ke bangkok belanja cabai rawit kali aja lebih murah, tapi ..kalo aturannya gitu ga jadi deh belanjanya..hihihi

    ReplyDelete
  6. weleh.. belum juga kesampaian pergi ke luar negeri, sudah ada aturan yang baru ck..ck..ck..

    ReplyDelete
  7. soalnya fiskal dihapus, jadi tidak ada pemasukan kan? Jadi buat aja peraturan "pemasukan" baru hihihi

    EM

    ReplyDelete
  8. @ dany : lam kenal
    @ sikucingbi : USD 1.000 kurang? hahahaa..
    @ pak mars : kalo ga mau ngikut ntar disuruh keluar dari negeri ini pak. hahaha
    @ Bee : waduh mo beli cabe Bnagkok?
    @ hakimaza : ntar ada peraturan baru lagi, ke luar begeri gratis
    @ ikkyu : bener tuh..

    ReplyDelete
  9. Mungkin saja oleh-oleh yang berlebihan itu dianggap sama dengan aktivitas para tengkulak cinderamata :)

    ReplyDelete
  10. gmn taunya itu oleh2 atau bukan?
    tasnya mo dibuka satu2?

    ReplyDelete
  11. Ini berlaku hanya untuk org2 WNI yg tinggal di Indonesia kalo ingin berliburan ke luar negri trus masuk indonesia lg dgn oleh2 yg berlebihan atau berlaku juga untuk WNA yg mau masuk ke Indonesia kalo mau liburan? Wah indonesia benar2 ya...sanking sudah kekurangan dana sampe bikin peraturan konyol sprti ini,,,makanya tuh buat petinggi2 pemerintah,,ada uang lebih dikit jangan buat "study banding" ke luar negri trus ;-) yyyuuuukmareee laaaah

    Peace ♥ n gauL ! LOL!

    ReplyDelete
  12. @ Fiz : spekulan oleh2?

    @ Anonym 1 : sepertinya iya..tapi kalo misalnya beli jam kan bisa langsung dipake, beli kamera langsung ditenteng kardusnya ga usah dibawa, etc

    @ Anonym 2 : menurut saya untuk WNA/WNI yang masuk ke Indonesia. Intinya kan pajak bea cukai barang masuk ke Indonesia yang dianggap seperti barang impor

    ReplyDelete
  13. kalau untuk tki gi mana ni padahal ada jutaan tki di luar negri pulangnya pasti bawa oleh2 yg harganya di atas US$250 yg belanja ke luar negri sama tki nya lbih banyak tki nya US$250 di luar negri beda ma di dalam negri bagi tki tolong dong pemerintah lebih memihak rakyat kecil

    ReplyDelete
  14. mungkin ini juga untuk melindungi produsen dalam negeri,dukung aja gan

    ReplyDelete
  15. memang kalau lebih dari ketentuan dikenakan berapa persen sich? ini yg harus ditelusuri dan semua org hrs tau. Jd jgn pemerintah bea cukai seenaknya sendiri memberi persentase.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah besarnya pajak yang dikenakan kurang tau juga..harusnya memang transparan

      Delete
  16. Gak apa2 kita setor pajak ke Gayus Tambunan aja, kan kasihan dia gak bisa pelesiran lagi, hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. plesiran ke akhiran aja yg ga bisa..

      Delete
  17. kalau bawa oleh" berlebihan riebt nantinya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..