Cuma Punya Nama Tunggal

Cuma Punya Nama Tunggal

Permasalahan Seputar Last name

William Shakespeare bilang apalah arti sebuah nama. Mempunyai nama tunggal bukanlah hal yang lazim dijaman sekarang. Kebanyakan dari mereka memiliki nama akhir bahkan nama tengah. Nama tunggal lebih diidentikkan dengan suku Jawa (meski tidak mutlak) seperti Budianto, Suharto, Sutono, Prasetyo atau yang lainnya.

Bagi saya yang memiliki cuma nama depan tentu agak kebingungan bila diminta mengisi formulir yang mewajibkan pengisian nama belakang (last name). Hal ini pernah menjadi sebuah permasalahan ketika akan membuka akun di PayPal yang memang mewajibkan untuk mengisi data dengan lengkap. Selain itu data yang di masukkan harus sama dengan data-data dokumen resmi seperti KTP dan data di bank lokal.

Saya pernah berkonsultasi dengan anggie dan mas toni mengenai hal ini. Beliau-beliau ini memberikan jalan keluar agar last name memakai nama depan. Selain itu bisa juga dengan memisah nama asli menjadi nama depan dan nama belakang. Namun karena pertimbangan soal legalitas saya tak mau ambil resiko bila nanti terjadi masalah pencairan dana. Saya tak mau mindon gaweni.

Setelah berkonsultasi lagi dengan pihak PayPal, saya pun memutuskan menggunakan tanda “-“ sebagai last name saya. Sedangkan akun di Blogsvertise, saya menggunakan tanda baca koma “,” sebagai last name saya. Bagi yang bermasalah dengan last name dalam pendaftaran PayPal atau yang sejenisnya, mungkin hal ini bisa menjadi jalan keluarnya.

Sebelumnya, di dalam dokumen resmi keimigrasian saya, justru nama ayah yang dimasukkan oleh petugas. Mungkin saat itu petugas tersebut juga bingung menghadapi single name. Yah, beginilah risiko punya single name.

22 comments:

  1. single name? sapa tatut??
    *iklan shampo.

    tapi alhamdulillah mas, nama sayah ga single, hehe..
    mas! sama2 di samarinda, kapan kopdaran neeehhh :-/

    ReplyDelete
  2. @ayoy:
    kemaren ama mas Hakim n mas Yoyo rencananya mo bikin kopdaran. pi ga tau kapan.mo ikut kah ikam?

    ReplyDelete
  3. namamu bukannya ada nama awal sama akhir?
    Aprie kan nama akhirnya, nama awalnya: MBAK!
    *ngakak*

    ReplyDelete
  4. @phie:
    *penthung wae ki bocah..nglidhike pancen ra umum ko...*

    ReplyDelete
  5. Untung namaku triple,bro hehehe podo puyeng ya

    ReplyDelete
  6. ternyata boleh ya pake huruf gitu sebagai last name

    ReplyDelete
  7. mas aprie... aku cuma bisa masuk blogmu ynag ini,napa yah? hemmh sediiih *ra nyambung mbok wes ben*

    ReplyDelete
  8. Knapa ngga SLANK aja..
    kayak aku.. Ifoel Slank..hehehehe..

    ReplyDelete
  9. @kiosinfo:
    yah bersyukur deh yang punya last name, bahkan middle name..
    ga serepot yang punya single name..

    @toni:
    iya mas..
    dah terbukti, makanya berani ngomong..
    hehehe..

    @putri:
    internetmu pancen sing eror ko..

    @iffoell:
    maunya sih aprie on 7..
    hahahahaha....

    ReplyDelete
  10. susah juga yah nyang punya single name. klo saiya malah binun, soalnya saiya punya triple name plus family name, jadinya binun klo mo masukin nama tengah... hehehe :)

    ReplyDelete
  11. pagi mas..mampir juga..ini blog lain ya mas..

    ReplyDelete
  12. wahm baru aja kejadian tuuhhhh..,
    nama bank acc. saya nggak sama dng paypal acc.
    mesti kirim copy billing statement and ID,
    saran: buat temen2 khususnya yg baru pake paypal, mending ngisi nya (nama = tukul arwana reynaldi):
    first name : tukul
    middle name : (kosongin aje)
    last name : arwana reynaldi

    biar nggak ribet di belakang hari.

    ReplyDelete
  13. @yoyo:
    lah kalo punya triple kan punya lebih banyak pilihan..

    @yusa:
    iya nih..blog perdana

    @mistery shopper:
    wah..thanks deh atas infonya...

    ReplyDelete
  14. halo prie....piye kabare?

    ReplyDelete
  15. @iksan:
    kabar baek..
    hayo semangat...

    ReplyDelete
  16. jadi siapa namanya hayyoo?? hahaha

    ReplyDelete
  17. @nengDJ:
    mo tau?
    mo yau ajah..
    hahaha..

    ReplyDelete
  18. wah repott juga ya punya satu nama. untung nama saya tiga suku kata. hahaha.. btw, yg dibawah ini iklan apa? kok ada paypalnya juga? hayo.. mau buat iklan paypal palsu ya?

    ReplyDelete
  19. selamat malam mas,, nama saya birgomi
    mas saya uda terlanjur memisah nama single saya menjadi 2 yaitu bir gomi di akun paypal, sedangkan di akun BCA birgomi. itu bermasalah gak mas saat withdraw??

    ReplyDelete
  20. @ brilie : iklannya udah dihapus..
    @ birgomi :hmmm..IMHO terlalu riskan sepertinya, namun lebih baiknya konsultasikan dengan pihak PayPal dengan mengirim e-mail..

    ReplyDelete
  21. kebetulan sy masuk nama tunggal, sy sdh coba mendaftar di paypal menggunakan tanda - tapi tdk diterima, lalu sy coba menggunakan tanda , ternyata bisa. yang ingin sy tanyakan apakah tanda koma sah menurut paypal..????

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru ahu kalo tanda '-' tidak diterima...selama tidak ada pemberitahuan dari PayPal, saya pikir sah-sah saja...

      Delete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home